Aplikasi Edit Video Android Terbaik Untuk Pemula

aplikasi edit video android

Mengedit video tidak hanya bisa kamu lakukan dengan software pada PC namun juga dengan aplikasi edit video android.

Fitur yang ditawarkan pun tidak kalah lengkap dengan software edit video pada PC mulai dari memotong, mengedit, memberikan efek, menyisipkan suara dan lain-lain.

Apalagi kebanyakan aplikasi tersebut bisa dengan mudah kamu unduh pada Google Play.

Aplikasi Edit Video Smartphone Offline

1. Alight Motion Pro

Alight Motion pro merupakan sebuah aplikasi yang edit video yang cukup mudah digunakan. 

Penggunaan aplikasi ini bisa kamu gunakan di smartphone tanpa harus menggunakan PC karena memang ditujukan untuk pengguna smartphone. Fitur yang ditawarkan pun banyak sekali, seperti pengaturan warna, menambah gambar, menambah audio, hingga ekspor MP4 atau GIF.

Kelebihan aplikasi adalah dukungan fitur – fitur keren dan sangat mudah digunakan, selain itu pengoperasiaan aplikasi ini bisa dilakukan dari smartphone atau tablet.

Namun untuk bisa menggunakan semua fitur secara bebas, kamu harus menggunakan versi pro yang berbayar, karena yang versi gratis fitur yang disediakan terbatas.

PengembangAlight Creative, Inc.
Ukuran28 MB
Sistem OperasiAndroid 6.0 Up

2. Kinemaster

Kinemaster saat ini menjadi aplikasi edit video android yang populer dan banyak digunakan. Bisa dibilang aplikasi ini menjadi aplikasi edit video profesional yang sangat diminati pengguna smartphone.

Bukan tanpa alasan, tentunya fitur – fitur yang dimiliki sangat mendukung hasil edit video dan dengan hasil yang profesional. Fitur yang bisa kamu nikmati seperti potong dan tempel, chroma key dan masih banyak lainnya.

Kinemaster sendiri memiliki dua versi, yaitu berbayar dan gratis, dimana memiliki fitur yang berbeda untuk ditawarkan. Seperti halnya aplikasi edit video lainya, versi berbayar akan mendapatkan fitur – fitur unggulan, dan versi gratis fitur yang diberikan terbatas.

Kelebihan aplikasi ini adalah memiliki tampilan software edit video profesional dan memiliki fitur chroma key untuk mengaktifkan green screen untuk membuat latar belakang video yang bisa disesuaikan.

Untuk kekurangannya sendiri ada pada versi aplikasi gratisnya, pada versi gratis akan terdapat watermark yang tidak bisa dihilangkan. Bisa dihilangkan pun hanya pada aplikasi versi berbayar.

PengembangKineMaster Corporation
Ukuran Android 5.0 Up
Sistem Operasi87 MB

3. VN Editor Maker

Selanjutnya ada VN Editor Maker, yang merupakan aplikasi edit video terbaru dengan berbagai macam fitur over dan memiliki user interface yang profesional.

VN atau VlogNow merupakan aplikasi smartphone yang bisa digunakan oleh pemula dan profesional. Karena tools yang dimiliki sangat mudah digunakan 

Fitur yang disediakan juga sangat mendukung untuk melakukan edit video kelas berat, seperti filter – filter yang bisa kamu atur sesuka hatimu, atau FX yang juga bisa kamu sesuaikan.

Selain itu fitur seperti color gradient layaknya pada Adobe Premiere Pro juga bisa kamu gunakan di aplikasi ini. Nah yang paling menarik adalah tidak adanya watermark apapun pada aplikasi ini.

Kelebihan aplikasi dirasa sangat oke, pasalnya kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan fitur – fitur unggulan gratis dan tidak adanya watermark. Selain itu juga memiliki dukungan penuh dari developer yang bisa kamu hubungi kapanpun kamu mau.

Untuk kekurangannya, karena aplikasi ini tergolong baru, maka fitur – fitur yang ada masih kurang jika dibandingkan oleh kompetitornya, meskipun fitur yang ditawarkan sudah sangat bagus.

Pengembang Ubiquiti Labs, LLC
Ukuran 93 MB
Sistem OperasiAndroid 5.0 Up

4. Inshot

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk edit video adalah Inshot. Aplikasi ini sangat cocok sekali digunakan oleh para pemula dengan fitur editing yang simple dan mudah dipahami.

Inshot memiliki fitur – fitur yang sangat mendukung proses editing video seperti memotong, menyusun, dan menambahkan musik kedalam video. Tidak hanya itu, fitur teks dan emoji juga siap kamu gunakan untuk lebih menambah cantik video mu.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki berbagai macam stiker dan filter – filter menarik di dalam aplikasi dan membuat video dengan latar belakang blur.

kekurangannya sendiri adanya beberapa bagian yang sangat sulit untuk dilakukan pengaturan, meskipun tools yang tersedia sangat mudah digunakan.

PengembangInShot Inc.
Ukuran 36 MB
Sistem OperasiAndroid 4.3 up

5. Power Director

Buat kamu yang memiliki akun YouTube tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini sebagai alat untuk edit video YouTube mu.

Aplikasi ini sudah sangat mendukung edit video yang akan diunggah ke YouTube dengan fitur yang dimilikinya. Fitur – fitur itu seperti efek, stiker dan dua timeline sekaligus biarpun memiliki konsep timeline.

Aplikasi edit video ini memang sudah dikenal banyak YouTuber dan tidak sedikit pula Youtuber merekomendasikan aplikasi ini.

Kelebihan aplikasi ini adalah hasil video yang diedit bisa menyerupai hasil dari aplikasi editing video PC serta memiliki fitur – fitur profesional, dan memiliki kemampuan untuk melakukan editing hingga kualitas 4k.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya watermark di versi gratisnya, jika kamu tidak ingin adanya watermark, kamu harus menggunakan aplikasi dari versi yang berbayar.

Pengembang CyberLink Corp
Ukuran59 MB
Sistem OperasiAndroid 4.4 up

Aplikasi Edit Video Smartphone Online

Dalam urusan edit mengedit video, selain bisa kamu lakukan melalui smartphone ataupun PC secara offline, bisa juga lho jika kamu menginginkan editing video secara online. 

Mau tahu seperti apa ? Simak terus ya artikel di bawah ini.

1. Movie Maker Online

Movie Maker Online bisa kamu gunakan jika kamu tidak mau menggunakan  aplikasi edit video offline. Fitur yang ditawarkan ini juga sangat profesional seperti banyaknya pilihan filter, opsi fade untuk video dan audio, overlay teks, transisi, dan banyak lainya.

Bahkan terdapat pilihan gambar ataupun musik yang bebas hak cipta yang membuatmu semakin leluasa mengamankan hal tersebut di video yang kamu buat.

Biarpun fitur yang diberikan sudah sangat profesional, namun penggunaan edit video online ini sedikit rumit. Karena kadang tools yang diperlukan tertutup iklan, ataupun harus melakukan scroll jauh ke bawah untuk menemukan tools editing.

2. Clipchamp

Selanjutnya ada ada Clipchamp yang bisa kamu gunakan untuk editing video secara online. Jika kamu menggunakan alat ini, kamu tidak perlu mengunggah video mu terlebih dahulu ke situs ini.

Alat ini menawarkan dua versi yang bisa kamu pilih untuk melakukan editing video, versi gratis dan versi berbayar. Nah jika kamu menggunakan versi gratis pada situs web ini, kamu tidak bisa melakukan  ekspor video dengan kualitas terbaik, dan hanya bisa dengan kualitas standar.

Untuk proses editing sendiri sangat mudah dan cepat dengan ketersediaan tools yang sangat mudah digunakan dan dipahami.

Aplikasi Edit Video iPhone

Buat kamu pengguna iPhone, pilihan aplikasi editing video juga tersedia di versi iPhone yang kamu gunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti dibawah ini.

1. FilmoraGo

Aplikasi edit video FilmoraGo dapat kamu gunakan juga di iPhone selain di android. Aplikasi edit video ini sudah mendukung editing video dalam rasio 16:9 yang cocok untuk youtube atau rasio 1:1 yang pas sekali untuk instagram.

Aplikasi ini juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi berbayar dan versi gratis. meskipun menggunakan versi gratis, kamu masih bisa dengan nyaman menggunakanya.

kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedianya lintas platform, dari desktop hingga mobile, dan juga memiliki user interface yang sama dengan yang digunakan oleh editing video profesional.

Dan kekurangannya adalah jika kamu ingin menggunakan fitur – fitur premium, kamu harus memilih versi berbayar agar bisa menggunakanya.

2. iMovie

Selanjutnya ada iMovie aplikasi editing video besutan dari Apple sendiri yang memiliki fitur terbilang canggih dalam mengedit video.

Aplikasi ini sangat mendukung editing video dengan resolusi 4k dan berbagai macam template dan tema yang disediakan dan bisa kamu gunakan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah menyediakan aplikasi ini secara eksklusif bagi para pengguna ios hingga MacBook. Selain itu juga sangat stabil saat dijalankan untuk melakukan editing video berat sekalipun.

Namun yang sangat disayangkan adalah fitur yang diberikan masih terbilang standar untuk hasil atau kualitas editing hingga 4k.

Apakah apk edit video tersebut bisa digunakan di PC atau laptop ?

Bisa, namun jika merupakan aplikasi dengan format .apk harus menambahkan emulator android terlebih dahulu.

Apakah hasilnya akan sama dengan aplikasi komputer ?

Tentunya akan berbeda, namun perbedaannya tidak terlalu jauh tergantung aplikasi dengan fitur mana yang kamu gunakan.

Apakah aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Google Play Store ?

Ada versi gratisnya dan ada juga versi berbayarnya.

Untuk menghasilkan video yang memuaskan memang tidak terlalu sulit untuk saat ini, dimana banyak tersedia aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan seperti diatas.

Tentunya pada setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, termasuk aplikasi free dan gratis. Nah untuk mendapatkan hasil editing yang maksimal, pilihlah aplikasi dengan fitur terlengkap, dan gunakan keterampilan dalam memoles video yang kamu edit.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar