Waspada, Bahaya Apk Mod Untuk Smartphone

bahaya menggunakan aplikasi mod

Mungkin bagi kamu pengguna smartphone pasti suka menggunakan aplikasi mod kan? Namun tahukah kamu bahaya apk mod yang kamu gunakan?

Menggunakan apk mod memang memberikan banyak kelebihan seperti tampilan yang lebih menarik serta fitur yang lebih lengkap.

Tak disangka banyak sekali kerugian yang akan kamu dapatkan di samping kelengkapan fasilitasnya. Simak artikel di bawah ini untuk mencari tahu kerugiannya.

Aplikasi MOD

Pernahkah kamu mendengar istilah aplikasi Mod ? Jika belum mari kita bahas bersama.

Kata Mod sendiri merupakan singkatan dari Modifikasi jadi aplikasi mod adalah aplikasi modifikasi.

Aplikasi mod atau aplikasi modifikasi merupakan pengembangan dari aplikasi asli ke versi unlimited atau tak terbatas.

Biasanya aplikasi Mod ini dikembangkan oleh pihak ketiga yang merasa kurang puas dengan fitur yang ada pada aplikasi resminya.

Adanya aplikasi Mod ini bertujuan untuk membuka semua fitur berbayar atau fitur premium agar bisa dinikmati secara gratis.

Serta ada juga aplikasi mod yang bertujuan mengakses keuntungan lebih seperti halnya aplikasi mod pada game.

Bisa kamu ambil contoh seperti pada game Clash Of Clan, dimana pada versi aslinya kamu sedikit lama untuk mendapatkan gold.

Namun dengan aplikasi mod dari game tersebut, gold yang kamu miliki bisa tidak terbatas.

Atau seperti YoWhatsApp yaitu WhatsApp yang memiliki fitur lengkap seperti ganti tema dan anti delete messages.

Aplikasi mod memang terkenal pada penggunaan android, yang mana banyak aplikasi berbayar untuk menggunakan fitur premiumnya.

Selain android, aplikasi mod ini juga ada dalam Game PC yang biasa digunakan untuk menambah fitur game atau merubah sesuatu pada game tersebut seperti pada game Clash Of Clan diatas.

Perubahan yang dilakukan pada aplikasi versi resminya menjadi aplikasi mod sebenarnya tidak terlalu merugikan versi aslinya.

Hal ini karena banyak juga developer asli dengan pengembang mod yang  bekerja sama dengan sistem bagi hasil.

Namun yang sangat disayangkan adalah model seperti ini belum berlaku pada aplikasi android.

Yang mana fitur yang diberikan yang seharusnya berbayar menjadi gratis yang mengakibatkan pengembang tidak mendapatkan apa – apa.

Satu hal yang harus kamu tahu, modifikasi pada aplikasi tidak hanya bisa digunakan pada aplikasi android saja, namun semua aplikasi pada berbagai sistem operasi bisa di modifikasi dan menjadi sebuah mod aplikasi.

Keuntungan Download Apk Mod

Keuntungan saat kamu lebih memilih menggunakan aplikasi mod, baik pada smartphone android atau game, kamu bisa mendapatkannya secara gratis walaupun pada versi resminya berbayar.

Selain itu kamu juga tidak perlu melakukan update pada waktu – waktu tertentu yang akan membuang – buang kuota.

Selanjutnya kamu juga menikmati semua fitur premium yang ada tanpa batas.

Bahaya Apk Mod

Aplikasi mod memang memberikan apa yang dibutuhkan oleh penggunanya, seperti fitur premium yang harusnya berbayar menjadi free dan tak terbatas.

Namun dibalik itu semua, resiko dalam menggunakan aplikasi mod selalu mengintai. 

Mari simak apa saja bahaya menggunakan aplikasi mod yang dapat terjadi.

1. Banned

Banned bisa saja terjadi dilakukan oleh pihak Google Play Store. Kenapa ?

Hal ini karena akun aplikasi yang kamu masukkan pada aplikasi mod akan terdeteksi oleh Google Play Store sebagai aplikasi ilegal.

Nah jika kamu sudah terkena banned, kamu akan kesulitan mengakses ke seluruh aplikasi google seperti Gmail, Google Maps, Google Chrome, dan Google Drive.

2. Banyak Virus

Karena aplikasi mod merupakan hasil sebauh modifikasi aplikasi versi resmi dan dikembangkan oleh pihak ketiga, maka keamanan dari aplikasi mod tersebut tidak bisa terjamin oleh siapa pun.

Dengan proses pencodingan ulang yang tidak sempurna dapat membuat sebuah data lebih rentan terserang virus.

Selain itu bisa juga dengan sengaja disisipkan virus oleh pengembang yang bertujuan untuk merusak smartphone kamu.

Jika sudah begini tidak akan ada pihak yang bertanggung jawab. Karena asal – usul pembuat atau siapa yang membuat Mod tersebut tidak ada yang tahu.

3. Banyak Iklan

Aplikasi Mod juga tidak menjamin terbebas dari iklan.

Yang pasti banyak sekali iklan yang kan muncul secara tiba – tiba dan sangat mengganggu saat kamu sedang asik menjalankan aplikasi tersebut.

Bahkan tak jarang iklan akan muncul dengan ukuran besar dan menutupi semua layar dan sangat sulit dihilangkan.

4. Terganggunya Privasi

Jelas saja jika menggunakan aplikasi mod privasi seseorang akan terganggu dan bahkan bocor.

Hal  ini terjadi karena pihak pengembang atau yang memodifikasi aplikasi merupakan pihak ketiga yang tidak jelas hak ciptanya.

Dimana pihak ketiga tersebut bisa dengan mudah mengetahui informasi diri kita dengan akun yang digunakan untuk login sebuah aplikasi.

5. Merugikan Developer Ori

Meskipun tidak semua, namun banyak yang pada akhirnya pengembangan aplikasi mod secara ilegal memberikan kerugian yang nyata pada developer originalnya.

Sebut saja dalam segi materi, jelas akan merasa sangat dirugikan.

Bagaimana tidak, saat developer original mengeluarkan aplikasi premium secara berbayar untuk mendapatkan fitur – fitur premium, sedangkan versi mod nya memodifikasi dengan menggratiskan semua fitur yang ada.

Selain dari segi materi, citra atau kepercayaan masyarakat akan hilang dengan munculnya aplikasi ilegal atau versi mod dari aplikasi tersebut.

6. Tidak Mempunyai Garansi

Saat kamu mengalami masalah pada aplikasi versi mod yang sudah kamu install di smartphone mu, kamu tidak bisa mengadu kepada developernya.

Selain itu pihak pengembang resmi juga tidak mau mendukung secara teknis karena bukan aplikasi resmi miliknya.

Hal ini akan semakin buruk jika terdapat celah keamanan yang mudah ditembus oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab dan kamu tidak bisa mengirim feedback.

7. Merusak Perangkat Lunak dan Keras

Tidak selamanya aplikasi Mod memiliki ukuran ringan. Pada aplikasi mod dapat terjadi 2 kemungkinan. 

Pertama aplikasi mod tersebut bisa menjadi lebih ringan, dan yang kedua aplikasi mod bisa semakin berat dari versi aslinya.

Hal ini akan merubah kestabilan kinerja processor yang dapat menyebabkan boros batre dan kerusakan perangkat lainya.

8. Melanggar Hak Cipta

Pelanggaran hak cipta sudah pasti akan didapat oleh pihak ketiga yang memodifikasinya karena jelas ilegal dan tanpa ijin dari developer aslinya.

Di Indonesia sendiri tentang pelanggaran hak cipta sudah diatur pada UU no 19 tahun 2002 tentang hak cipta.

Maka dengan adanya UU tentang hak cipta yang sudah terikat pengembang ilegal dapat terkena hukum pidana.

Dengan mengetahui beberapa kerugian yang akan terjadi jika kamu menggunakan aplikasi modifikasi seperti diatas, apakah  kamu masih ingin menggunakannya?

Untuk menghindari hal – hal yang tidak kamu inginkan, alangkah lebih baik menggunakan aplikasi versi resmi dan legal. 

Selain akan menguntungkan kedua belah pihak, juga dapat kamu gunakan sebagai apresiasi dan lebih menghargai developer resmi.

Tips Download Apk Mod Aman

Sekarang ini banyak sekali aplikasi modifikasi yang tersedia di Play Store namun proses pemasangannya tidak semudah aplikasi ori.

Mengingat banyak sekali resiko yang dapat terjadi pada setiap melakukan download dan install aplikasi mod pada smartphone seperti yang telah disebutkan diatas.

Maka kami berikan tips download apk mod secara aman. Namun sebelumnya, gunakanlah secara bijaksana.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu dan memasang aplikasi yang bernama Tutuhelper.
  • Aplikasi ini akan membantu dan mempermudah melakukan instalasi aplikasi dengan berbagai macam format file termasuk file berformat .apk.
  • Selain itu aplikasi ini dapat membantumu mendapatkan dan  menginstall semua aplikasi berbayar secara gratis.
  • Selanjutnya setelah aplikasi Tutuhelper berhasil terinstal, buka aplikasi dan aktifkan aplikasi Tutuhelper. 
  • Aktivasi aplikasi ini dapat kamu jumpai setelah aplikasi berhasil di instal dan akan muncul layar aplikasi.
  • Setelah aktivasi aktif maka secara otomatis smartphone android mu akan terhubung ke aplikasi MOD.
  • Kemudian bukalah Google Play Store dan cari aplikasi yang akan kamu download atau kamu install, kamu bisa memilih berbagai macam aplikasi atau game yang berbayar sekaligus.

Karena dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan bebas menikmati fitur aplikasi berbayar pada Google Play Store secara gratis.

  • Dan yang terakhir gunakan mesin pencarian dengan mengetikkan MOD pada kolom pencarian yang disediakan dan akan muncul berbagai macam pilihan aplikasi dan game.
  • Selanjutnya pilih saja file yang memiliki ekstensi .apk atau pilih file dengan ekstensi yang mendukung smartphone kamu dan langsung saja menginstalnya.

Dengan begitu kamu sudah bisa memainkan atau menggunakan aplikasi berbayar dengan fitur premiumnya secara gratis di smartphone kamu. 

Modifikasi Game Aman

Cara aman selanjutnya jika kamu ingin menggunakan aplikasi mod pada smartphone adalah dengan mengubahnya sendiri kedalam versi mod.

Caranya dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama HappyMod.

Aplikasi HappyMod merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan memodifikasi game.

Hasil dari modifikasi game modifikasi yang dapat kamu nikmati seperti kamu bisa memiliki gold, koin , atau uang yang tak terhingga.

Dan kabar baiknya, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk memodifikasi berbagai macam game dari Google Play Store tanpa adanya akses root smartphone kamu.

Fitur

Untuk fitur yang diberikan aplikasi ini sendiri bisa kamu lihat secara detail di bawah ini.

  • Keamanan dari virus sangat baik, sehingga tidak akan ada virus yang masuk ke smartphone kamu dan melindungi data game dari kerusakan yang disebabkan oleh virus nakal.
  • Dapat digunakan untuk memodifikasi berbagai macam game yang tersedia di Google Play Store.
  • Tidak membutuhkan akses root smartphone.
  • Memiliki pilihan modifikasi yang sangat beragam dan menarik.

Modifikasi Aplikasi Aman

Ternytaa kamu juga bisa lho memodifikasi aplikasi sendiri. Tidak sesulit yang dibayangkan kok.

Kamu bisa menggunakan aplikasi yang tidak kalah canggih yaitu aplikasi Lucky Patcher.

Lucky Patcher merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat aplikasi menjadi versi Mod. 

Sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya untuk dapat menjalankan fungsi aplikasi ini, perhatikan hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum aplikasi ini bisa digunakan.

  • Smartphone android harus memiliki akses root. 
  • Memiliki aplikasi Lucky Patcher.
  • Sudah memiliki pilihan game yang akan kamu ubah kedalam versi Mod.

Sangat banyak menguntungkan memang jika menggunakan aplikasi Mod.

Dari segi kegunaan, dan segala fitur berbayar dapat didapatkan secara gratis. 

Namun dengan modifikasi aplikasi seperti aplikasi Mod juga tidak lepas dari bahaya yang selalu mengintai setiap penggunanya.

Tidak tanggung dapat membuat pengembang aplikasi Mod tersebut berurusan dengan hukum karena pelanggaran hak cipta.

Maka akan lebih baik jika menggunakan aplikasi Mod ini dihindari. Atau jika terpaksa ingin menggunakan, gunakan lah sebijak mungkin.

Kerugian yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi mod sendiri tidak hanya akan merugikan diri sendiri.

Pihak pengembang resmi dari aplikasi yang dimodifikasi tersebut pun akan mengalamai kerugian finansial yang tidak kalah banyak.

Mari belajar menghargai hasil karya orang lain dengan menggunakan apliksi resminya.

Daftar Aplikasi Mod Paling sering di Download

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar