20 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Mudah, Murah & Efektif

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Adakah cara mendapatkan uang dari internet yang mudah, murah dan bahkan tanpa modal?

Kamu ngga ngimpi kan?! wkwkwk.

Tapi, kabar baiknya, ada lho sob. Era digital ala milennials di abad 21 ini sudah bukan impian lagi mencari uang dari internet.

Bukan khayalan lagi bisa dapat uang dengan nominal tak main-main hanya dari HP, laptop, bahkan dari foto-foto mu saja! Nice kan!

Sama seperti bisnis, konsep main internet dapat uang ini bisa juga berkembang dan tumbuh pesat. Hal ini dapat terwujud dengan proses dan waktu tentunya, bukan instan.

Kenapa Internet?

Data yang dilansir dari Hootsuite menyatakan sekitar 175 juta masyarakat Indonesia memiliki akses internet. Angka ini juga terbukti meningkat tajam dari tahun tahun sebelumnya yang hanya sekitar 100 juta saja.

Setiap orang, setiap hari memainkan gadget, ntah dari HP, laptop, tablet, bahkan dari jam tangannya. Ada yang mengakses aplikasi, email, sosial media, atau hanya sekedar Googling sesuatu.

Bisa bayangkan bukan bagaimana internet mampu menjadi wadah yang menggiurkan untuk menghasilkan uang?

Peluang yang tersedia juga sangat beragam, bisa dari berjualan, menulis, fotografi, atau hanya iseng ikut-ikut program online saja.

Lantas, kenapa kita tidak manfaatkan peluang ini untuk bekerja dan menambah penghasilan? Ya kan. So, intinya kita menggunakan gadget, dan perlu memanfaatkannya untuk hal yang lebih menguntungkan.

Dapat Uang dari Internet, Why Not?

Internet itu murah. Setuju tidak? Nyatanya, kita rela beli paket internet bulanan ntah untuk apapun keperluannya.

Nah, kenapa kita tak memanfaatkan hal ini juga untuk menghasilkan uang.

Kamu hanya perlu menyiapkan gadget dan paket internet untuk menjalankan bisnis via internet.

Eits, tapi berbisnis melalui internet tak hanya cukup modal itu saja sob. Kamu butuh wadah untuk berbisnis, perlu juga skill tertentu dalam menjalankan bisnis atau kerja di sana.

Misalnya ilmu tentang online marketing, SEO, gaming, advertising, social media atau platform serta situs tertentu.

Jika kamu tergiur dan ingin mencoba peruntungan, yuk simak sejumlah cara mendapatkan uang tanpa modal via internet berikut.

1. Ikut Survey Online

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal? Cara yang satu ini adalah yang paling mungkin dan mudah. Yaitu mengikuti survey berbayar.

Survei online ini biasanya diadakan oleh perusahaan dalam rangka mengetahui opini publik tentang produk atau jasanya. Bonus surveinya apa? Ada yang berupa uang tunai, voucher belanja, pulsa, dan banyak lagi.

Survey berbayar di Indonesia yang bisa kamu ikuti seperti surveiberbayar.com. Jika kamu ingin reward berupa dollar bisa lihat di beberapa website berikut:

  • Hiving
  • Panel Base
  • MySurvey
  • Toluna, dll.

Mengikuti survey online juga salah satu cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar. Karena selain mudah, murah, aksesnya juga tidak sulit ditemukan.

2. Menjadi Freelancer Online

Bekerja sebagai freelancer online adalah alternatif cara mendapatkan uang digital yang membutuhkan skill khusus.

Ya, kamu bisa bekerja part time dengan mengandalkan keahlianmu, misal menulis, proofreading, desain, menerjemah, mengajar, dll.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai situs freelancer seperti:

  • Getcraft
  • Sribu
  • Upwork
  • Guru
  • Ruang Guru, dll.

Di situs tersebut, kamu bisa menemukan calon klien yang menawarkan pekerjaan dan mulai bekerja sesuai kemampuanmu.

Berapa kisaran harga komisi di situs freelance? Sangat beragam sob. Contohnya saja di Upwork bayaran untuk jasa penulisan artikel dihargai sekitar $5 – $100 / artikel.

3. Membuat Situs Web / Blogging

Mungkin sudah tak asing bagi kamu mendengar kata blogging ya. Cara ini terbilang cukup legend di dunia internet.

Tak heran banyak yang melirik situs web sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang. Terlebih para pemula tak perlu takut dengan resiko apapun untuk memulai blogging.

Namun perlu dicatat, butuh kerja keras serta pemahaman ilmu SEO jika kamu ingin bergelut dengan blog. Membangun sebuah website yang menghasilkan juga tidak instan.

Dibutuhkan tahapan dan pengetahuan untuk memberikan konten gratis yang bermanfaat dan menarik. Selain membuat konten, kamu juga punya kesempatan untuk menambah uang melalui:

  • Iklan
  • Endorsement
  • Affiliate Marketing
  • Menjual konten/barang/website
  • Membuat tema WordPress dan menjualnya, dll.

4. Mengelola Media Sosial

Pengen tahu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal dan hanya lewat HP? Coba deh cara berikut ini.

Kamu bisa mengandalkan Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Line, atau akun sosmed lainnya plus skill mengenai social media manager.

Banyak publik figur yang membutuhkan seseorang untuk mengelola akun sosial media mereka. Baik untuk memperbaiki tampilannya atau mengisi content di dalamnya.

Jika kamu ahli di bidang ini, cus manfaatkan kesempatan meraup banyak keuntungan dari bisnis tersebut.

5. Menjadi Influencer

Mau mencoba peruntungan yang satu ini? Catat 3 hal yang harus kamu miliki: blog / akun sosial media / email dan skill yang mumpuni.

Menjadi influencer baik via website, Youtube, maupun akun sosial media butuh image yang baik agar dikenal banyak orang. Pastikan kamu terkenal karena prestasi, bukan sensasi.

Kamu juga bisa mendapat keuntungan ganda saat setelah menjadi influencer lho sob. Salah satunya dengan endorsement produk atau jasa di berbagai akun yang kamu geluti.

6. Menjadi Copywriter

Metode ini cocok bagi kamu yang memiliki talenta menulis sob. Di sini kamu dituntut untuk menarik pembaca lewat tulisan untuk berbagai keperluan.

Misalnya saja tulisan untuk kepentingan penjualan hingga konten blog berkualitas. Kemampuan copywriting biasanya sangat dibutuhkan di bidang usaha lain seperti Youtube, Afiliasi, Blogging, dll.

7. Menguasai SEO

Pernah dengar tentang SEO? SEO atau Search Engine Optimisation adalah kunci utama yang dibutuhkan untuk menjadi sukses di Google Search Engine.

SEO ada di seluruh ranah internet, baik Instagram, Youtube, blogging, vlogging, dll. Dengan menguasai SEO, kamu bakal dicari para blogger dan penggiat bisnis online terutama yang main di Google.

Sejumlah orang yang sudah sukses menguasai SEO adalah Backlink dan Neil Patel. Kamu ingin menjadi yang pertama dari Indonesia? Yuk mulai pelajari dan kuasai algoritma Google yang sarat akan misteri sob!

8. Menulis Media Online

Kamu suka menulis dan ahli merangkai kata? Nah, saatnya kamu manfaatkan skillmu untuk menjadi kontributor media online.

Ada banyak sekali platform media online terkenal seperti IDNtimes, Mojok, Kumparan, dll. Kamu bisa membuat tulisan menarik tentang topik yang kamu kuasai dan submit ke platform tersebut.

Jika di-approved, keuntungan yang kamu dapat akan sangat banyak. Bisa mendapatkan fee yang tinggi.

Ditambah bisa juga dijadikan sebagai tambahan portofolio kamu.

9. Mengelola Youtube

Youtube adalah cara dapat uang gratis dari internet yang saat ini sangat populer dan digandrungi masyarakat dunia. Kenapa Youtube?

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah yang satu ini terbilang sangat mudah, dan gratis.

Caranya hanya dengan membuat Channel dan membuat konten Youtube. Pastikan konten nya bermanfaat dan menarik agar ditonton oleh banyak orang. Sejumlah ide konten Youtube yang sedang trending saat ini seperti:

  • DIY / Do It Yourself
  • Travelling
  • Blogging
  • Makanan
  • Main game
  • Dadget terbaru

Selain dengan memanfaatkan konten, menghasilkan uang dari Youtube bisa dilakukan dengan Google Adsense dan sponsorship.

Google Adsense adalah iklan Google yang bisa kamu peroleh setelah kamu mendapat 1000 subscriber dengan durasi tontonan 4000 jam per video.

Sementara sponsorship akan tersistem otomatis ke dalam aku Youtube setelah kamu memperoleh minimal 20,000-100,000 subscribers.

10. Ber-Instagram

Kamu punya IG kan? Yuk kenali cara Instagram memberikan penghasilan tambahan buatmu.

Hampir sama seperti Youtube, cara mendapatkan uang dari Instagram dilakukan lewat 2 hal: endorsement dan sponsorhip. Bedanya, di Instagram kamu tidak dibayar oleh Google Adsense.

Sistem sponsorship akan berjalan sendirinya ketika kamu terkenal. Asyik bukan, sudah terkenal, dapat banyak uang lagi!

11. Dropshipping

Bagaimana cara mendapatkan uang dari HP?

Cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat selanjutnya adalah dropshipping. Dropshipping adalah bisnis dengan menjual barang di internet.

Uniknya, kamu menjual barang tanpa memiliki stok barang tersebut. Singkatnya, kamu jualan tanpa modal. Nah lho, gimana sih?

Jadi, dropshipper hanya sebagai pihak kedua atau perantara antara penyedia produk dengan pembeli. Kamu membantu penjualan produk orang lain, bisa melalui akun sosial media atau website.

Kelebihan dropshipping adalah kamu bisa melakukan transaksi kapan dan dimana saja melalui platform yang kamu pilih. Mudah kan?

12. Menjual Foto

Nah, cara yang satu ini sangat cocok bagi kamu para fotografer yang suka mengoleksi hasil jepretan keren.

Kamu bisa memanfaatkan koleksi stock foto mu untuk dijual di berbagai situs. Misalnya:

  • Pixabay
  • Shutterstock
  • Istockphoto

Caranya gampang kok, tinggal hunting foto menarik, misal tentang alam, sosial, dll. Kemudian upload di platform penyedia stock foto. Tapi, kamu harus register dulu sebelumnya.

13. Cryptocurrency

Istilah yang satu ini lebih terkenal dengan nama Bitcoin. Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari cryptpocurrency?

Ada 4 tahap yang dilakukan yaitu membeli, airdrops, mining dan faucet.

Ada banyak platform online yang menyediakan jasa pembelian Bitcoin dan bahkan mendapatkannnya secara gratis melalui 3 cara di atas.

14. Mengikuti Giveaway

Siapa yang suka iseng-iseng berhadiah? Kuy coba peruntunganmu dengan mengikuti giveaway online.

Metode ini merupakan cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang sangat mudah. Tapi, kamu harus rajin dan telaten mencari informasi mengenai giveaway semacam ini.

15. Menjual Karya Secara Online

Kreativitas tentu mendatangkan rezeki ya. Salah satu caranya adalah menunjukkannya di platform online dan menjualnya di sana.

Ada banyak sekali karya yang bernilai jual di internet, misalnya:

  • Ebook
  • Aplikasi
  • Komik
  • Foto
  • Domain
  • Baju
  • Dll

16. Membuat Apps

Kamu mungkin sudah terbiasa mendengar Google Play Store? Yups, di sanalah aplikasi yang dimaksudkan dapat menghasilkan uang ini.

Inilah cara mendapatkan uang dari apk. Kamu bisa membuat aplikasi dan mendapatkan uang dari salah satu advertisemnet Google bernama Google AdMob.

Pastikan aplikasi yang kamu buat menarik, dibutuhkan dan didownload oleh banyak orang. Karena hal inilah yang akan membuat kamu meraup dollar setiap harinya.

17. Facebook Ads

Kalau dulu zamannya iklan TV, radio dan majalah. Sekarang iklan di platform online seperti Facebook sangat menggiurkan.

Jika kamu ahli dalam optimasi Facebook ads, kini saatnya kamu beraksi. Kamu bisa membuat ads untuk perusahaan tertentu bahkan klien dari luar negri.

Kamu pun bebas melakukan pekerjaan ini dimana saja, kapan saja dan dengan bayaran beragam.

18. Membuat Podcast

Podcast, semacam Youtube tapi hanya berupa audio saja, tanpa gambar. Ya semacam radio tapi dengan niche bermacam-macam, ada yang hiburan, tutorial, bisnis, dll.

Di Indonesia, Podcast mungkin masih dianggap langka. Namun, tahukah kamu di Eropa dan USA bisnis ini sedang naik daun. Dan mungkin, 2 atua 3 tahun lagi akan booming juga di Indonesia.

Lantas, bagaimana Podcast dapat menghasilkan pundi-pundi uang?

  • Melalui Paid Advertisement / iklan sponsor berbayar.
  • Menjual barang.
  • Coaching.
  • Dll.

19. UX Design

Cara mendapatkan uang dari internet gratis berikutnya yaitu UX Design. Apa sih UX Design?

UX Design atau User Experience Deisgn adalah semacam designer yang bertugas mengembangkan aplikasi baik untuk smartphone maupun laptop.

Selain bisa apply pekerjaan di perusahaan, kamu juga memiliki kesempatan bekerja part time di platform freelancer seperti Fiverr.

20. Menjadi Narator di Audio Book

Ketika Podcast menjadi trend, artinya banyak orang lebih suka mendengarkan audio book daripada membaca buku.

Nah, jika kamu bersuara bagus tetapi tidak dapat bisa seterkenal Agnezmo, eh apaan sih!

Maksudnya, jika suaramu bagus dan hobi membaca dan mampu berimprovisasi. Kamu wajib mencoba peruntungan menjadi narator audio book.

Kamu hanya butuh microphone dan software rekaman yang bagus untuk menunjang pekerjaanmu. Jika tertarik, silakan coba di ACX. Banyak peluang di sana.

Kesimpulan

Ada banyak sekali alternatif bagi sobat Panuwun yang ingin menambah pemasukan dari internet ini. Namun perlu diingat, cara di atas akan tercapai dan menghasilkan dengan usaha nyata dan tanpa kenal lelah.

Ada pula usaha tambahan yang harus dilakukan. Misalnya:

  • Menyiapkan perangkat pendukung yang dibutuhkan seperti komputer, HP, laptop, dll.
  • Memastikan adanya jaringan internet yang stabil dan cepat.
  • Membuat email sebagai personal profile di internet.
  • Mengumpulkan informasi yag tepat dan uptodate sebanyak mungkin.

Selain beberapa tips di atas, kamu juga harus cermat memahami dirimu sendiri.

Sehingga memilih cara mendapatkan uang dari internet 2020 yang tepat dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Selamat bereksplorasi!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar