Cara Merapikan Tulisan Di Word Yang Berantakan Dengan Cepat

Siapa disini yang bisa mengetik dengan cepat? Menguasai pengetikan dengan cepat memang keren. Namun bagaimana jika hasil tulisan kamu tidak rapi?

Masalah ini yang biasanya dialami oleh para mahasiswa penganut sistem kebut semalam untuk berbagai tugas kan? Tugasnya sih selesai namun hasilnya berantakan.

Cara merapikan tulisan di Word itu mudah kok, cepat pula. Jadi tidak ada salahnya merapikan hasil tulisan kamu supaya rapi ya.

Cara Merapikan Tulisan Di Word

Ada beberapa elemen yang harus kamu atur untuk membuat teks berantakan menjadi rapi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Merapikan Tulisan Hasil Copy Paste

Bagi kamu yang sering melakukan copy paste dari internet ke Word pasti tau kalau hasilnya akan berantakan bukan? Ikuti langkah merapikan tulisan hasil copy paste berikut:

  • Salin teks dari internet dengan klik kanan dan pilih copy.
  • Kemudian buka lembar kerja Ms Word klik kanan kemudian pada Paste Option klik Keep Text Only.
  • Berikut perbandingan hasil copy paste dengan paste biasa dan paste keep text only.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup di Word

2. Merapikan Tulisan Di Paragraf

Untuk menghasilkan tulisan yang rapi maka ada beberapa unsur yang harus diatur, sebagai berikut ini:

  • Masuk ke tab Home kemudian pada kolom Font tentukan Font Size serta Font Style.
  • Kemudian kamu bisa mengatur formahut huruf, Bold untuk huruf tebal, Italic untuk huruf cetak miring serta U untuk menggaris bawahi huruf.
  • Kemudian pada tab Paragraf gunakan Align Left untuk mengatur teks rata kiri, Centre untuk mengatur teks rata tengah, Align Right untuk mengatur teks rata kanan dan Justify untuk teks rata kanan kiri.
  • Selain itu kamu juga bisa membuat teks mudah dibaca apabila terdapat teks yang menunjukkan poin-poin. Gunakan Bullets, Numbering atau Multilevel List.
  • Merapikan tulisan pada paragraf maupun margin dengan cara manual akan menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu kamu bisa menggunakan penggaris atau ruler di Word. Berikut langkah-langkahnya:
  • Letakkan kursor di depan awal kata dalam paragraf, gesek ke kanan atau ke kiri.
  • Berikut hasil pengaturan merapikan teks yang berantakan.

Demikian cara merapikan tulisan di Word. Selain itu kamu juga bisa mengatur spasi antar karakter, baris serta paragraf agar lebih rapi. Tambahkan juga pengaturan margin kertas agar rapi ya.

Tutorial di atas tentu saja bisa digunakan pada berbagai Windows dan Ms Word. Pada dasarnya fitur serta pengaturan di Ms Word itu sama. Maka jangan khawatir jika seri Ms Word kamu berbeda dengan yang Tim Panuwun gunakan ya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait