10+ Kerja Part Time Menjanjikan untuk Cari Tambahan

Daftar Kerja Part Time Menjanjikan

Belum akhir bulan, isi dompet sudah tak ada harapan? Ini saatnya kamu cari kerja part time! Pelajar atau mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawan, kamu bisa dapatkan infonya di sini!

Buat pelajar atau mahasiswa, uang dari ortu pas-pasan? Kamu ibu rumah tangga yang pengin jajan skincare dari uang sendiri? Atau kamu karyawan yang butuh banget tambahan buat tabungan? Ini jalan keluar yang bisa kamu pakai di saat seperti ini.

Kerja Part Time | Sumber: fastwork.id

Tentang Kerja Part Time

Kerja part time biasanya diburu oleh pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan yang ingin menambah pundi-pundi uang. Kerjaan ini lebih fleksibel, tanpa harus menghabiskan waktu seharian.

Untuk kerja full time, biasanya pemberi kerja menetapkan 48 jam per minggu sebagai waktu kerja karyawannya. Beda dengan part time, kamu hanya bekerja maksimal 4 jam per hari tergantung kebijakan jenis kerjaan.

Setiap orang bisa melakukan kerja part time. Mau itu pelajar atau mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan tetap, dan masih banyak lagi. Hanya tujuan kerja part time dari masing-masing kelompok pelaku berbeda.

Alasan Harus Kerja Part Time

Setiap aksi kudu disertai alasan. Ini agar kamu bisa fokus membesarkan tujuan dengan dorongan awal. Kebanyakan, ini alasan seseorang bekerja secara part time:

Butuh uang tambahan

Alasan pertama yang pasti adalah kamu butuh uang pengisi dompet. Tidak dimungkiri, uang bukan sumber dari segala sumber tapi belanjaanmu butuh sumber uang. Para pelajar yang ingin beli hal yang diminati, mahasiswa yang butuh sesuatu untuk kuliah apalagi yang ngekos.

Belum lagi ibu rumah tangga yang kudu pinter ngelola uang. Dapur ngebul, skincare pun berhak muncul. Karyawan yang ingin sekali menikmati rekening yang terisi uang, bukan hanya saat gajian. Semua itu hal wajar dan kerja part time menjadi jalan keluar untuk semua.

Melatih skill

Punya skill yang harus sering diasah? Belajar otodidak namun belum terlihat hasilnya? Atau sebelum kerja ingin membuktikan diri bahwa apa yang telah dipelajari sudah terpatri di otak? Di kerjaan part time lah jawabannya.

Kerjaan ini emang tidak hanya melulu karena uang. Di sini, kamu bisa mulai melatih jam terbangmu. Menurut buku “Outliers” karya Malcolm Gladwell, 1000 jam latihan bisa dipakai seseorang untuk mengukur apakah dirinya dikatakan ahli. Untuk mengisinya, kamu bisa mendapatkan dari sini.

Mengisi waktu sambil menunggu panggilan

Hal yang paling sulit dikerjakan adalah menunggu. Saat kesempatan berkarir untukmu tak kunjung datang, sambil menunggu panggilan interview, kamu bisa mengisi waktu dengan kerja part time untuk SMA atau mahasiswa. Selain uang dan skill, ini alasan yang cocok bekerja paruh waktu.

Biasanya, kerjaan ini memiliki syarat yang lebih mudah daripada lowongan kerjaan tetap. Kamu hanya perlu memiliki tekad yang kuat untuk bekerja. Disiplin, jujur, cekatan, dan mau belajar adalah kuncinya.

Memiliki waktu luang setelah bekerja

Berbeda dengan poin sebelumnya, kamu yang punya waktu setelah bekerja bisa banget mengambil kerja part time. Daripada waktu kamu tidak produktif karena terlalu luang, kerjaan ini bisa membuat waktumu bermanfaat.

Dampak Mengambil Kerja Part Time

Sudah mulai paham apa itu kerja part time? Nah, untuk pertimbangan, kamu bisa cek dampak positif dan negatif mengambil kerja paruh waktu ini agar kamu lebih siap.

Dampak Positif

Waktu yang Fleksibel

Sebagai pekerja part time, tentunya kamu bisa menentukan waktumu sendiri dalam bekerja. Apalagi dalam online part time, jadwal kerjamu adalah hakmu. Patuhi jadwal kerja yang sudah kamu buat.

Melatih Skill Sebelum Mendapat Pekerjaan

Skill yang mumpuni akan menjadi portofolio bagi kamu para pencari kerja. Latihan terus menerus dan kontinyu, apalagi bonusnya uang, akan membuatmu lebih pede.

Menambah Relasi

Sudah dapat uang, skill terasah, kamu juga bisa dapat banyak relasi yang memudahkanmu mendapatkan kontak kerjaan. Selain kontak, kamu juga jadi lebih banyak dapat kesempatan lebih besar mendapatkan jaringan kerja.

Dampak Negatif

Kenapa kamu kudu tahu dampak negatifnya juga? Bukannya malah bikin takut? Tidak! Ini bisa kamu pakai untuk mengatur strategi kalau-kalau kamu menghadapinya.

Keuangan yang Tidak Stabil

Karena kerjaan bersifat kontrak dan sesuai hasil kerja, kamu tidak bisa memakainya untuk sandaran hidup. Jika kerjaan sedikit, maka hasilnya juga sedikit. Solusinya, kamu bisa tentukan seberapa besar penghasilan yang ingin kamu dapatkan.

Terlihat Tidak Mapan

‘Kamu kerja di perusahaan mana? Jadi apa di sana?’ Begitulah netizen dengan segala stereotipe-nya. Perusahaan atau tempat di mana kamu bekerja dan posisimu menentukan derajatmu (katanya). Tapi kalau kamu bukan orang yang mendengarkan netizen, ini bukan halangan.

Bersifat Kontrak, Tidak Tetap

Selain pendapatan yang tidak tetap setiap bulannya, kamu juga harus mengikuti ritme pekerja kontrak. Sewaktu-waktu di-off-kan adalah hal lumrah. Maka, kamu harus lebih kreatif dan meyakinkan lagi agar kontrak bisa diperpanjang.

Cara Atur Waktu Kerja Part Time

Cara bagi waktu pekerja part time
Sumber: https://bonefidewealth.com/

Menambah pekerjaan selain pekerjaan utama adalah hal yang sulit. Apalagi jika statusmu masih mahasiswa atau karyawan perusahaan lain. Ini beberapa cara agar waktumu bisa membuat keduanya jalan!

Ukur Dirimu

Mencari pekerjaan tambahan memang akan membuat penghasilanmu bertambah, namun risiko lebih sibuk akan membayangi. Sebelum mencari, ada baiknya kamu ukur dirimu dulu. Apakah kamu siap untuk mengurangi waktu istirahat, nongkrong, rebahan dan hal-hal yang kamu suka?

Jika iya, kamu bisa lanjut mencari. Sudah dapat? Yuk mulai membuat jadwal kerja.

Bikin Jadwal Kerja

Para pelajar yang mencari lowongan kerja bisa sambil sekolah akan butuh hal ini. Setidaknya, dalam sehari, kamu harus mengalokasikan waktumu agar bisa melakukan semua pekerjaan utama dan juga part time.

Bikin jadwal sesuai waktu. Susun sesuai prioritasmu, ya!

Tepati Sendiri Jadwalmu

Setelah jadwal kerja jadi, kamu harus berkomitmen menepatinya. Ini penting agar kamu bisa lebih menghargai diri. Menepati jadwal akan membuat hidupmu tertata. Kamu juga tidak perlu pusing kekurangan waktu.

Tetap Profesional

Menjadi pekerja part time tidak bisa disepelekan. Walau sifatnya hanya separuh waktu, kamu harus menunjukkan komitmenmu dalam bekerja. Menjadi profesional juga membuatmu dinilai lebih oleh pemberi kerja atau klien. Siapa tahu, kamu direkkrut menjadi karyawan tetap sesudahnya.

Evaluasi Hasil Kerja

Selama sebulan bekerja, evaluasi sendiri bagaimana hasil kerjamu. Ini penting agar kamu bisa mulai merancang perbaikan ke depannya. Itung-itung, kamu jadi terbiasa menjadi evaluator.

Tips Mencari Kerja Part Time

Bukan karena part time, kamu jadi asal-asalan saja mencari lowongan. Kerjaan apapun, kamu harus mencari dengan serius. Ini tips mencarinya!

Cari Lowongan yang Valid

Hati-hati, sekarang banyak lowongan hoaks atau berniat menipu. Telusuri dulu dari review perusahaan atau tempat kerjanya. Kamu bisa bertanya kepada teman atau kerabatmu yang sudah bekerja di sana atau info tentang hal ini.

Interview Pemberi Kerja

Saat interview, kamu bisa bertanya hal-hal yang meliputi pemberi kerja, pekerjaan dan gaji. Kamu bisa gali apa ada hal yang belum kamu tahu atau membuatmu bisa yakin dengan pekerjaan ini.

Rekomendasi Kerja Part Time untuk Pemula

Daftar kerja part time yang menjanjikan
Sumber: https://markey.id/

Part Time untuk Pelajar atau Mahasiswa

Guru Les Privat

Kebutuhan mengajar selalu tinggi, apalagi untuk anak sekolah yang harus mengulang pelajarannya di rumah. Hal ini bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa gabung dengan jasa guru les atau membuat promosi sendiri. Kerjaan ini biasanya harus datang ke rumah siswa, jadi kamu memerlukan kendaraan.

Shopkeeper

Menjadi shopkeeper atau hal yang berhubungan dengan pelayan toko banyak dicari pekerja paruh waktu. Apalagi jika lokasi toko dekat dengan rumah atau kampus. Di sini kamu dituntut menjadi pribadi yang cekatan dan jujur.

Barista

Barista di suatu kafe juga bisa jadi pilihan pekerjaan paruh waktu. Sama dengan shopkeeper, kamu dituntut untuk mau belajar. Meracik kopi dan mendapatkan fee dari kerjaan itu adalah hal yang keren.

Tenaga Skrining

Lowongan kerja part time mahasiswa bahkan lulusan SMA ini mulai bermunculan akhir-akhir ini karena adanya wabah. Kamu bisa menjadi tenaga skrining untuk mengecek suhu pengunjung pusat kesehatan dengan pekerjaan ini. Hal yang dituntut adalah ramah dan cekatan. Kamu juga bisa mendapatkan makanan bergizi dengan pekerjaan ini.

Part Time untuk Karyawan

Pekerjaan Jasa Sesuai Bidang

Jika kamu bergerak dalam bidang akuntansi, marketing, IT, kamu bisa bekerja paruh waktu di situs online seperti Freelancer, Fastwork, dan lain-lain. Selain bidang ini kamu sudah kamu kuasai, kamu juga bisa melatih skill dan mendapat tambahan dana.

Pekerjaan ini misalnya jasa mengetik, mengedit video, riset untuk pasar, translator, membuat web dan mendesainnya, membuat aplikasi, jasa pemasaran, jasa akuntansi dan masih banyak lagi.

Penulis, Editor atau Proofreader

Pekerjaan ini ccok untukmu yang memiliki ketertarikan khusus dalam bidang kepenulisan. Banyak situs online yang mencari pekerja part time, misalnya Saungwriter, Sribulancer, Upwork dan masih banyak lagi.

Ojek Online

Setelah bekerja, kamu bisa mendedikasikan diri sebagai driver ojek online. Dengan bermodalkan kendaraan, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan karena banyak orang yang memerlukan jasanya.

Part Time untuk Ibu Rumah Tangga

Instruktur Olahraga

Bagi ibu rumah tangga yang punya keahlian dalam bidang ini, kamu bisa menjadi instruktur. Selain menambah penghasilan, kamu juga jadi selalu berlatih. Instruktur senam, yoga, atau zumba biasanya menjadi incaran para wanita. Bisa mengajar langsung di rumah atau di kantor.

Trainer Keahlian

Selain mengajar, kamu yang suka DIY bebikinan masakan, kerajinan, fotografi, atau keahlian lain bisa jadi trainer. Pintar menjahit, bikin kue, memotret, dan masih banyak lagi akan menarik minat orang lain yang ingin mengembangkannya. Adakan seminar atau kelas keahlian dan mulailah!

Social Media Influencer/Blogger

Bidang ini dituntut untuk mampu menawarkan barang atau jasa dengan visual dan kata yang ampuh. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mendapat fee dari ini bahkan mendapat barang yang dipromosikan secara gratis. Enak kan? Sudah dapat fee, dapat barangnya juga!

Jasa Titip

Bagi ibu-ibu yang doyan belanja, kerjaan ini pas banget dilakukan. Saat belanja, kamu sudah terbiasa mengamati produk apa saja yang dijual lalu tahu apa yang sedang ramai. Jasa ini banyak dibutuhkan untuk orang yang mencari barang namun jauh dari toko incaran. Fee yang didapatkan dari jasa ini adalah fee jasa membelikan per barang titipan.

Membesarkan pendapatan agar pengeluaran juga dapat terkelola merupakan hal yang harus dilakukan. Apalagi di zaman serba mahal ini. Selagi kamu bisa mengelola waktumu dengan baik, kerja part time bisa jadi jalan membesarkan pendapatanmu.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “10+ Kerja Part Time Menjanjikan untuk Cari Tambahan”

Tinggalkan komentar