Kerja Malam? Ini Peraturan Kerja Shift Yang Adil Sesuai UU

Sistem pembagian jam kerja pada perusahaan tentunya berbeda-beda. Ada yang membagi dengan sistem kerja normal dan juga jaga shift.

Kalau aku sih pengennya 24 jam menjaga kamu. Kerja shift biasanya diterapkan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa atau produksi.

Namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan shift kerja ? Bagaimana pengaturan kerjanya? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan peraturan shift kerja yang berdasarkan undang-undang.

Pengertian Shift Kerja

Shift kerja adalah pengaturan atau pergeseran jam kerja dari jam kerja normal yang dilakukan selama satu kali dalam 24 jam. Biasanya perusahaan menetapkan 3 shift kerja untuk 8 jam pagi, 8 jam siang serta 8 jam malam.

Pembagian shift kerja ini untuk mengoptimalkan hasil kerja serta produktivitas karyawan. Namun ada perusahaan yang membagi shift kerja berbeda-beda.

Jenis Pekerjaan Dengan Shift Kerja

Jenis pekerjaan yang boleh menggunakan sistem shift kerja sudah diatur dalam Kepmenakertrans No.233/ Men/ 2003. 

Shift kerja bisa digunakan untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang sebagai berikut ini;

  • Transportasi
  • Telekomunikasi
  • Media massa
  • Pariwisata
  • Kesehatan
  • Pengamanan
  • Penyedia listrik

Pembagian Shift Kerja

Pembagian shift kerja diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003. Dalam pasal 79 ayat 2 dijelaskan bahwa jam kerja terbagi menjadi tiga shift.

Setiap shift maksimal 8 jam untuk satu harinya. Jam kerja setiap shift tidak bisa melebihi batas maksimal yaitu 40 jam per minggunya.

Jika ada kelebihan jam kerja maka perusahaan wajib membuat surat perintah tertulis. Kelebihan jam tersebut merupakan kerja lembur.

Untuk lama kerja setiap shift tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Perusahaan dapat mengaturnya dalam PK, PKB atau PP namun tidak boleh melebihi waktu kerja yang diterapkan oleh Pemerintah.

Waktu Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa shift merupakan waktu kerja parsial yang dilaksanakan dalam 24 jam kerja. Berikut adalah pembagiannya waktunya:

  •  Shift Pagi Dan siang

Shift ini hampir sama seperti jam kerja normal. Beberapa perusahaan ada yang menerapkan 7 hari kerja tanpa libur dengan sistem kerja pendek. Ada pula yang menggunakan sistem kerja bisa.

  • Shift Malam

Shift ini dilakukan pada malam hari biasanya mulai pukul 23.00-07.00. Aturan pekerja mendapatkan shift malam yaitu sebelum dan setelah bekerja shift malam harus mendapatkan libur selama dua hari.

Shift Kerja Malam Untuk Perempuan

Pada pasal 76 terdapat peraturan perkecualian bagi karyawan tentang jam kerjanya sebagai berikut ini:

  1. Pekerja perempuan dengan usia di bawah 18 tahun dilarang untuk dipekerjakan dari pukul 23.00 – 07.00.
  2. Pekerja yang hamil dengan mendapatkan keterangan dari dokter jika terdapat masalah dalam kandunganya dilarang dipekerjakan dari pukul 23.00-07.00.
  3. Perusahaan yang mempekerjakan perempuan untuk shift malam (23.00-07.00) wajib menyediakan makanan serta minuman bergizi serta menjaga keamanan dalam tempat kerja.
  4. Perusahaan wajib memberikan angkutan untuk pekerja perempuan yang masuk shift malam.

Perhitungan Jam Kerja Shift Malam

Perhitungan shift malam yang berdasarkan UU no 13 tahun 2003 adalah 7 jam/ hari dan 40 jam/ minggu. Perhitungan tersebut untuk 6 hari kerja.

Sedangkan untuk pekerja yang bekerja 5 hari kerja memiliki beban kerja 8 jam/ hari dan 40 jam/ minggu.

  • Shift Panjang

Shift ini memiliki jam kerja rutin selama 10 jam dengan 1 jam istirahat. Biasanya shift panjang diterapkan untuk memenuhi target jangka panjang

Bedanya dengan shift dobel adalah karena untuk memenuhi target jangka pendek. Shift panjang dilakukan dengan sistem 5 hari kerja/ minggu.

Perhitungan upah untuk 1 jam pertama adalah (1,5 x 1/173) upah bulanan. Untuk 1 jam berikutnya dengan perhitungan (2x 1/173) x upah bulanan.

  • Flexible Time

Pada sistem kerja ini karyawan diberikan kebebasan dalam menentukan jam kerjanya namun harus memenuhi jam kerja maksimal/ minggu. Biasanya sistem ini diterapkan dengan remote working dimana karyawan bisa kerja di kantor atau dimana saja.

Waktu Istirahat

Untuk waktu istirahat pekerja shift juga diatur dalam pasal 79 ayat 2 huruf B. Waktu istirahat adalah setengah jam setelah 4 jam terus menerus bekerja. Waktu istirahat tersebut di luar jam kerja.

Cara Membuat Jadwal Kerja Shift

Sudah tau kan teori serta peraturan untuk kerja shift. Nah untuk membuat jadwal kerja shift memang tidak semudah membuat jadwal kerja normal.

Manajemen perusahaan haruslah adil dalam membuat jadwal sehinggan para karyawan merasa betah dengan sistem kerja shift ini. Siapa yang mau sih dapat kerjan shift malam terus? Pasti lebih melelahkan dari pada yang kerja shift pagi atau siang.

Berikut ini adalah cara untuk mengatur jadwal kerja shift yang baik:

Melakukan diskusi dengan karyawan

Sebelum membuat jadwal lebih baik melakukan komunikasi dengan para karyawan. Cari tahu apakah mereka lebih suka kerja pada pagi, siang ataupun malam hari.

Mengatur libur dengan adil

Kamu juga harus menanyakan tentang jadwal musim tertentu seperti pada hari libur nasional, Idul Fitri, Natal dan lainnya. Karyawan pun memiliki hak untuk bekerja dan tidak bekerja pada waktu tertentu.

Membagi karyawan dengan adil pada setiap shift

Usahakan membuat jadwal dengan jumlah karyawan yang sama pada setiap shift. Jangan sampai shift pagi terlalu banyak ataupun shift malam yang terlalu banyak.

Membuat jadwal dengan jelas

Buatlah jadwal yang mudah dibaca. Pada jadwal bisa dituliskan nama karyawan, jabatan, hari kerja, jam kerja serta hari libur.

Melakukan rotasi secara berkala

Karyawan yang memiliki jadwal dengan kecenderungan waktu yang sama setiap harinya bisa mengganggu kesehatan serta mental. Untuk yang mendapat shift pagi mungkin tidak berpengaruh.

Namun bagi karyawan yang mendapatkan jadwal siang atau malam yang secara terus menerus pasti akan jenuh dan stres. Jadwal istirahat dan kerja menjadi tidak baik.

Contoh Pengaturan Shift Kerja

Ada tiga metode yang bisa digunakan untuk membuat jadwal kerja shift, sebagai contoh berikut ini:

3 Grup 2 Shift

Sistem ini biasanya dijalankan oleh petugas keamanan. Dalam satu minggu setiap kerja bekerja selama 2 hari masuk shift pagi, 2 hari masuk shift siang dan libur dua hari.

3 Group 3 Shift

Pada minggu pertama setiap grup masuk pada shift yang berbeda  Grup 1 shift pagi, grup 2 shift siang serta grup 3 shift malam.

4 Group 3 Shift

Sistem ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki  tingkat produksi yang tinggi serta beroperasi sepanjang tahun. Setiap group akan bekerja selama 5 hari per minggu. Durasi kerja selama 7 jam ditambah 1 jam istirahat.

Setiap group punya jatah libur 2 hari. Jatah libur karyawan akan diberikan ketika masa pergantian shift ketiga dan pertama.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Pekerja Shift

Kerja shift malam memang mengganggu jadwal istirahat karena malam harus kerja, serta istirahat di pagi atau siang hari. Berikut tips yang bisa digunakan ketika bekerja pada shift malam:

Menjaga Pola Tidur

Manusia sejatinya dirancang untuk istirahat pada malam hari dan berkativitas pada malam hari. Namun jika kamu bekerja pada malam hari, jangan paksakan untuk berjaga semalaman.

Jika sudah merasa mengantuk biarkan tidur saja. Karena biasanya shift malam mendapatkan jatah istirahat atau tidur selama satu jam.

Selain itu manusia dewasa membutuhkan waktu istirahat 6-7 jam per hari. Jika sudah selesai bekerja langsung sana istirahat untuk mengganti waktu tidur yang digunakan untuk bekerja.

Menjaga pola makan sehat

Yang tidak kalah penting adalah makan sehat. Dengan aktivitas yang terbalik, kamu memiliki kemungkinan mengalami sindrom metabolik serta resiko obesitas.

Dengan menjaga pola makan maka akan menghindarkan kamu untuk tetap sehat. Makanlah makanan yang mudah dicerna dan penuh serat seperti pasta, salad, susu, buah-buahan serta sayuran.

Hindari pula makanan yang susah dicerna seperti makanan olahan, makanan pedas, makanan manis dan gorengan.

Jangan lupa tidur siang

Sebelum bekerja sempatkan untuk tidur siang ya. Karena tidur siang selama 20-45 menit bisa menjaga kondisi tubuh serta memulihkan kinerja otak.

Namun jangan sampai tidur siang kelamaan karena bisa membuat badan lemas.

Membatasi konsumsi kopi

Bagi sebagian orang minum kopi adalah penyemangat hari, apalagi bagi pekerja shift malam yang wajib terjaga. Namun konsumsilah kopi dengan takaran yang tidak berlebihan.

Karena konsumsi kafeim yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan serta kejang otot. Lebih baik hentikan konsumsi kafein 6 jam sebelum Istirahat.

Nah itulah hal-hal yang perlu diperhatikan tentang aturan kerja shift. Memang kerja shift itu terlihat menyebalkan karen waktu kerjanya tidak teratur. Bisa saja masuk pagi, siang atau malam hari.

Namun dengan membuat jadwal yang sesuai dengan prosedur maka semua bisa teratasi. O iya bagi kamu perempuan yang mendapatkan jadwal malam, pastikan untuk menjaga stamina dan keamanan ya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar