5 Aplikasi Video Conference, Alternatif Meeting Online

Kangen pacar nih, samperin ahh. Eitsssss tapi kan si doi sekarang lagi di London. Berat diongkos dong kalau nyemperin doi.

Tenanggg , tim panuwun punya solusi tepat untuk permasalahanmu. Kamu bisa menggunakan video conference atau konferensi video.

Woii itu video call kalii. Lah trus apa bedanya dengan video conference dong? Kok gaul amat ya istilahnya.

Bagi kamu anak sekolahan, karyawan atau bos wajib tahu media yang namanya video conference.

Kalau kamu masih bingung dengan serba-serbi video conference. Apa itu video conference,bedanya dengan video call, manfaatnya, serta aplikasinya.

Simak terus artikel dari Tim Panuwun.com di bawah ini ya.

Apa Perbedaan Video Call Dan Video Conference?

Yaps pada era saat ini perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi sehingga kamu terus bisa merasa dekat.

Sejak kemunculan Skype atau WhatsApp, orang-orang mulai tidak asing dengan video call. Teknologi ini memungkinkan dua orang atau lebih saling berinteraksi melalui pengiriman video serta audio walaupun berbeda lokasi.

Artinya kamu tidak hanya bisa mendengar suara dari lawan bicara namun juga videonya secara bersamaan. Nah bedanya dengan video conference apa?

Konsepnya hampir sama, bedanya ada pada penggunaan video conference yang lebih profesional. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kalau video call bisa digunakan jika kamu kangen sama pacar hehe

Mengapa Harus Menggunakan Video Conference?

Ini ni salah satu fenomena yang sedang menggemparkan dunia yaitu Corona Virus Disease -19 atau Covid 19. Wabah ini mengharuskan kamu untuk jaga jarak dengan orang lain.

Apalagi setelah dikeluarkannya peraturan social distancing, yaitu bekerja dari rumah, belajar dari rumah hingga beribadah dari rumah.

Nah kini video conference mulai ramai digunakan. Ya walaupun dulu sudah banyak perusahaan atau lembaga formal yang menggunakan media ini untuk berkomunikasi atau menggelar rapat sih.

Karena memang media ini mampu menyelesaikan permasalahn ruang dan waktu yang terbatas. Apalagi pada pandemi ini, video conference dianggap paling efektif untuk tetap produktif dalam keadaan darurat ini.

Kini lebih banyak lagi perusahaan, instansi pemerintah atau sekolah – sekolah yang menggunakan video conference untuk meeting atau belajar secara online.

Nah mungkin kamu adalah salah satu karyawan yang masih harus bekerja di tengah pandemi ini. Namun juga dituntut untuk stay at home seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Manfaat apa yang bisa diambil dari VC untuk lingkungan kerja, sekolah dan lain-lain?

Hemat Biaya Dan Waktu

Menggunakan video conference bisa dibilang lebih hemat biaya. Kamu tidak perlu datang ke sekolah atau kantor. Biarpun pada awalnya perlu biaya yang cukup tinggi untuk membeli perangkat video tersebut.

Selain itu video conference juga lebih memungkinkan untuk menghemat waktu jika perlu meeting mendadak jika tidak berada satu lokasi dengan rekan kerja.

Komunikasi Tetap Berkualitas

Perusahaan pasti sudah menggunakan teknologi modern untuk berkirim informasi penting. Seperti email, namun terkadang banyak masalah teknis yang dihadapi seperti email yang tidak terkirim dan lain-lain.

Sehingga bisa menimbulkan kesalah pahaman. Kalau masih bekerja di kantor sih enak ya ngeceknya. Kalau kerjanya dari rumah masing-masing bisa ribet.

Bahkan pekerjaan bisa terbengkalai karena masing-masing sedang sibuk mengerjakan pekerjaan lainya di rumah.

Nah dengan VC atau video conference, karyawan bisa maksimal dalam hal komunikasi. Komunikasi secara real time walaupun beda tempat pula.

Lebih Fokus (Bekerja Atau Belajar)

Berkomunikasi dengan menggunakan video conference menjadikan bekerje lebih fokus serta lebih berkomitmen. Karena bisa selalu diawasi dan saling mengawasi.

Yang Perlu Diperhatiakn Saat VC

Sebelum melakukan kegiatan dengan menggunakan VC ada hal yang harus kamu persiapkan dengan resiko seperti di bawah ini:

Peralatan Sedikit Lebih Mahal

Harga yang cukup mahal untuk membeli perangkat mungkin akan memberatkan beberapa orang.

Masalah Teknis

Masalah teknis kemungkinan akan terjadi saat koneksi internet sedang tidak stabil atau terjadi masalah pada penyedia jasa internet, mati listrik, atau kehabisan kuota data.

Jenis Video Conference

Ada dua jenis video conference yang saat ini digunakan, yaitu:

Video Conference Hardware

VC model ini masih menggunakan hardware base. Jadi saat melakukan video conference masih menggunakan port baik itu port IP ataupun ISDN.

VC ini terlaksana dengan layanan line telepon digital. Biasanya perangkat yang digunakan pun cukup mahal. Selain itu instalasinya pun cukup mahal.

Ditambah biaya yang dikeluarkan untuk VC dibebani dengan hitungan per dial. Kelemahan lainnya adalah biaya yang dikeluarkan sangat mahal jika ada panggilan dari luar negeri.

Video Conference Cloud/ Software

Perkembangan teknologi sangat cepat. Hal ini juga berdampak pada processor serta memori berbagai perngkat seperti Laptop, PC maupun smartphone semakin besar.

Banyak aplikasi video conference yang mudah dijalankan hanya dengan mengunduh aplikasinya. Aplikasi video conference tersebut bisa kamu temukan pada windows, iOS maupun android. Yang paling booming tu Zoom.

Bahkan banyak media sosial yang bisa melakukan video conference seperti pada Line, Facebokk dan lain-lain.

Perlengkapan Video Conference

Untuk melakukan Video conference kamu harus memiliki perangkat pendukung seperti di bawah ini:

  1. Kamera video atau webcam sebagai video input
  2. Proyektor, TV,  atau Monitor komputer atau laptop sebagai video output
  3. Mikrofon sebagai input suara
  4. Mic sebagai output suara
  5. Internet, wifi, atau kabel LAN

Aplikasi Video Conference

Setelah memiliki perlengkapan yang cukup, kamu bisa mengunduh aplikasi video conference seperti:

Skype

Aplikasi produksi Microsoft ini dapat membantumu melakukan video conference yang mampu melakukan panggilan sebanyak 25 orang dalam waktu yang sama. Panggilam konferensi dengam Skype gratis.

Selain memiliki keunggulan dengan kapasitas panggilan yang banyak, aplikasi ini juga bisa digunakan melalui PC, TV, dan Smartphone.

Fitur: Skype Calling, Panggilan video/ video call, Kelompok chatting, Panggilan konferensi/ video confet, pengaturan profil, quickfilter, speed dial, impor kontak, kontak outlook.

Google Meet

Aplikasi besutan Google ini juga memiliki keunggulan dalam penggunaan. Kamu hanya perlu menggunakan Google+ dan Gmail saja.

Google Meet bisa kamu nikmati baik untuk smartphone maupun desktop. Oiya dengan aplikasi ini kamu bisa mengadakan vc dengan maksimal 250 orang.

Fitur: share screen, pengaturan profil, pengaturan background, touch up my appearance, mengunggah, mengunduh, menyimpan rekaman vc, subtitle.

Cisco Webex

Aplikasi yang satu ini memiliki keunggulan dapat melangsungkan panggilan dalam skala besar, sekitar 100 orang. Namun memiliki kekurangan seperti harus berbagi layar dengan pengguna lainya, dan dikenakan biaya berlangganan atau pengguna langsung.

Fitur: Berbagi dokumen, whiteboard, pengenal wajah.

Zoom

Sama halnya dengan Webex, zoom juga mengharuskan berbagai layar dengan menggunakan yang lain.

Sempat menjadi primadona di tengah wabah virus corona sebagai alat video conference namun sempat bermasalah juga dengan keamanan data, dimana  menggunakan data pengguna tanpa izin.

Fitur: one on one video, video conference, chatting, sharing screen, menyimpan video rekaman.

Google Duo

Jika Meet mampu melakukan skala besar, Google Duo hanya mampu melakukan panggilan dalam jumlah kecil, sekitar 12 orang saja, biarpun sama – sama besutan Google.

Fitur: blokir pengguna, keamanan rock solid, pedan video.

Etika Saat Melakukan Video Conference

Biarpun dalam melakukan Video Conference tidak berhadapan langsung, kamu tetap harus memiliki etika yang baik, misalnya:

Fokus

Saat video conference berlangsung, kamu harus tetap fokus memperhatikan. Jika kamu tidak fokus, gerak gerik kamu akan terlihat, dan membuat lawan bicaramu merasa tidak dihargai.

Santai tapi serius

Fokus memang sangat diperlukan untuk dalam lingkup video conference, namun tidak harus terlalu serius, layaknya rapat biasa atau belajar biasa tetap perlu di lengkapi dengan tawa.

Berpenampilan Rapi

Biarpun dilakukan di rumah, namun kamu juga tidak boleh seenaknya menggunakan pakain saat melakukan video conference. Setidak nya kamu menggunakan pakaian rapi atau atasan berkerah dengan sedikit sentuhan pomade buat laki biar terlihat klimis.

Untuk perempuan bisa memakai pakain rapi serta tambahkan sedikit lipstick tips. Jangan sampai dibilang mayat hidup alias pucat.

Mengaktifkan semua fitur yang diperlukan

Saat melakukan video conference, kamu harus mengaktifkan fitur – fitur yang semestinya, seperti mikrofon, dan kamera, kamu tidak boleh hanya mengaktifkan salah satu.

Ruangan yang tepat

Carilah ruangan yang nyaman dan suara terdengar jelas, dan hindari ruangan yang memiliki intensitas tinggi lalu lalang keluarga dirumah. Jangan sampai anakmu yang masih balita itu nongol di depan layar laptop saat sedang rapat dengan bos.

Carilah ruangan yang terang atau menggunakan tambahan penerangan seperti lampu supaya videomu jelas dilihat dari lawan bicaramu.

Nah benarkan ternyata jarak bukan jadi penghalang. Walaupun terpisah jarak dan waktu, kamu tetap bisa produktif baik bekerja, belajar maupun pacaran. Lhooh

Banyak aplikasi video conference yang bisa kamu gunakan seperti yang telah kami sebutkan di atas. Apalagi banyak yang gratis. Gunakan layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu saja.

Oiya jangan lupa siapkan uang untuk membeli quota ya jika di rumah tidak tersedia wiFi.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar