10 Rekomendasi APN 3 Terstabil Serta Cara Setting

apn 3

Paket internet yang ditawarkan oleh provider Tri memang terbilang murah. Namun pasti ada saja kelemahannya. Salah satunya adalah jaringan internet yang memang terkadang lemot.

Kamu tidak hanya cukup memiliki kuota yang banyak, namun speed nya pun juga harus kencang. Lalu bagaimana solusi menggunakan Tri agar bisa berselancar dengan cepat?

Tenang saja, kamu bisa menyiasatinya dengan memodifikasi settingan APN 3. Pada kesempatan kali ini, Panuwun akan mengajak kamu untuk mengatur APN sehingga koneksi yang kamu dapatkan lebih kencang.

Pengertian APN

Sebelum kita mengupasnya lebih dalam, sudah tahukah kamu apa itu APN ? APN atau Access Point Name merupakan sebutan dari gateway yang menghubungkan smartphone dengan jaringan internet provider yang kamu gunakan.

Dengan begitu, peran penting APN disini akan mempengaruhi cepat atau lambatnya koneksi sebuah jaringan internet pada device yang kamu gunakan.

Memilih dan menentukan settingan APN yang tepat, akan sangat bermanfaat dan menjadikan satu langkah penting untuk memberikan kestabilan dan kecepatan  jaringan internet.

APN 3 Bawaan VS APN 3 Custom

Dalam memilih sebuah settingan APN, biasanya orang akan mengutamakan settingan APN 3 agar koneksi stabil untuk mendukung aktivitas yang mereka lakukan. 

Dengan adanya pilihan settingan yang ada pada provider 3 yaitu APN bawaan dan APN custom, kamu bisa bisa menyesuaikan kebutuhan mu dengan mengetahui perbedaan dari APN tersebut.

Untuk lebih mempermudahkan kamu memilih APN bawaan atau custom, perhatikan perbedaannya dibawah ini.

APN 3 BawaanAPN 3 Custom
Settingan APN 3 bawaan sangat sering lemot jika digunakan untuk bermain game.Memiliki settingan 3 untuk  game, sehingga memiliki jaringan yang lebih stabil saat bermain game.
APN bawaan hanya biasanya hanya cocok saat digunakan untuk bermain sosial media saja, itupun jaringan nya sering tidak stabil.Sama halnya seperti settingan untuk game, APN custom memiliki settingan untuk memberikan kestabilan jaringan dalam aktivitas sosial media hingga browsing.
sering terjadi buffering saat digunakan untuk membuka youtube, apalagi saat kuota hampir habis.Dapat menggunakan settingan APN khusus untuk aktivitas menonton youtube, sehingga memberikan jaringan lebih stabil dan terhindar dari buffering.
Tidak perlu melakukan settingan APN terlebih dahulu sebelum digunakan, dan bisa langsung kamu gunakan.Perlunya melakukan setting APN sesuai dengan apa yang akan kamu inginkan, seperti game, atau media sosial terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Keseimpulanya, APN bawaan 3 lebih mudah dan ringkas untuk digunakan dibandingkan dengan APN 3 custom yang mengharuskan melakukan settingan di setiap aktivitas yang akan digunakan.

Terlepas dari itu, APN 3 Custom memang lebih menjanjikan dengan jaringan yang lebih stabil dengan sedikit tambahan perubahan dalam setiap aktivitas yang akan kamu lakukan.

Daftar APN 3

Untuk memberikan pilihan settingan APN 3 yang kamu inginkan, kamu bisa memilih beberapa APN ada di bawah ini. Untuk masalah  kecepatan dan kestabilan jaringan tidak perlu diragukan lagi,

Berikut ini  adalah beberapa APN 3 yang bisa kamu gunakan dan sangat recomended.

1. APN 3 Default

APN ini merupakan APN bawaan yang bisa kamu dapatkan saat kamu mengaktifkan kartu pertama kali. Dan jika kamu kamu sudah menggantinya dengan APN custom, bisa kamu kembalikan dengan isian APN seperti berikut.

Nama3 Data
APN3
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs

2. APN 3 4G LTE

Pengguna jaringan 3 4G sekarang sudah dimanjakan dengan kecepatan yang aduhai dengan APN ini. Bahkan hingga 70 Mbps untuk kecepatan download yang akan kamu nikmati.

Sebelum kamu menikmati kecepatan dari APN ini, kamu harus terlebih dahulu merubah jenis jaringan kartu 3 mu menjadi 4G only. Selanjutnya masukkan settingan APN sebagai berikut.

NamaThree APN LTE
APNLTE
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs
ServerKosongkan

3. APN 3 Hutchison

Untuk APN yang satu ini sangat cocok sekali buat kamu yang suka browsing. Dengan menggunakan APN ini kamu bisa menikmati browsing dengan jaringan yang stabil.

Untuk pengaturan nya, kamu bisa melakukan settingan seperti berikut.

NamaAPN Hutchison
APNHutchison
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs

4. APN 3 Unlimited

APN 3 Unlimited memberikan  kenikmatan yang nyata bagi para pecinta game, streaming youtube atau yang lainya.

Meskipun terkadang jaringan unlimited terkendala dengan kestabilan jaringan yang sering goyah. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengubah setting nya seperti berikut untuk mendapatkan jaringan yang lebih stabil.

NamaAPN Super Unlimited
APNUnlimited
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs
ServerKosongkan
MmscKosongkan

5. APN Three GPRS

APN yang satu ini sebenarnya sangat berguna bagi kamu kamu yang menggunakan HP keluaran lama atau menggunakan modem dengan jaringan yang masih 3G.

Meskipun memiliki jaringan 3G, APN ini bisa mengoptimalkan jaringan tersebut sehingga mendapatkan kecepatan yang sangat maksimal bahkan jauh lebih maksimal dari sebelumnya.

NamaThree GPRS
APN3gprs
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs

6. APN 3 Stabil

Selanjutnya bagi kamu kamu yang berada diwilayah yang mungkin kurang memiliki jangkauan jaringan 3 sehingga menyebabkan jaringan sering disconnect, atau karena gangguan cuaca.

Kamu bisa mencoba mengaplikasikan settingan APN ini di device kamu, dengan pengaturan seperti dibawah ini.

NamaAPN Koneksi Stabil
APNfree
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Usernamefree
Passwordfree

7. APN 3 YouTube

Memiliki kegemaran menonton video – video youtube namun terkendala dengan jaringan yang tidak stabil, kamu bisa menggunakan settingan APN ini.

Settingan ini akan membuat loading video yang kamu putar semakin cepat dan lebih memberikan kenyamanan saat menonton semua video youtube.

Namatri
APNtri.co.id
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs

8. APN Tri AON

Untuk APN yang satu ini memang dikhususkan untuk Tri AON saja, dan hanya bisa digunakan pada kartu Tri AON.

Fungsinya tidak jauh berbeda dari APN yang bisa digunakan pada jenis kartu lainya, yaitu meningkatkan kecepatan jaringan.

Sampai saat ini pun masih sangat banyak yang menggunakan APN ini untuk meningkatkan jaringan dan menjaga kestabilan koneksi jaringan. Nah kamu harus mencobanya jika kamu menggunakan Tri AON.

NamaAPN 3 AON
APNalwayson.ktfwing.com
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Usernamefree
Passwordfree
Mmscmmsc.ktfwing.com:9082

9. APN 3 5G

Jaringan 4G saat ini masih menjadi jaringan tercepat yang diandalkan bagi banyak orang sebelum hadirnya jaringan 5G yang rumornya akan dihadirkan di Indonesia.

Mungkin banyak pertanyaan yang tersemat di benak beberapa orang, apakah mungkin jaringan 4G bisa lebih cepat lagi ?

Dan kabar baiknya untuk jaringan 4G masih bisa dioptimalkan dengan settingan APN sebagai berikut.

NamaAPN 3
APNlte.ktfwing.com
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Usernamefree
Passwordfree
Mmscmmsc.ktfwing.com:9082

10. APN Tri Gaming

Selain APN Unlimited yang cocok untuk gaming, APN ini bisa dibilang lebih cocok untuk digunakan gaming dengan koneksi jaringan yang lebih stabil.

Bahkan tidak sedikit yang menggunakan APN ini untuk mendukung game – game online yang berat seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire, COD dan masih banyak lainya.

Pengaktifanya sendiri kamu cukup merubah pengaturan nya seperti dibawah ini.

NamaAPN 3 Game
APNnxtgenphone
ProxyKosongkan
PortKosongkan
Username3gprs
Password3gprs
Mmscmmsc.mobile.att.net
Mms proxyproxy.mobile.att.net
Mms Port80

Dengan banyaknya pilihan APN yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan jaringan. Kamu bisa menyesuaikan dengan aktivitas yang kamu jalankan.

Cara Setting APN 3

Merubah settingan APN pada setiap device memang diperlukan untuk menjalankan APN. Dan pada setiap device dengan OS android, caranya semua sama.

Namun akan berbeda jika melakukan settingan APN pada device yang memiliki OS IOS seperti iPhone ataupun modem.

Untuk mengganti settingan APN bisa kamu perhatikan caranya dibawah ini.

1. Android

  • Pertama masuk ke menu pengaturan
  • Klik menu Mobile Networks
  • Pilih Access Point Names
  • Selanjutnya lakukan perubahan pada nama dan APN
  • Jika sudah, keluar dari menu setting device dan langsung cobalah untuk browsing.
  • Jika perubahan yang kamu lakukan belum terasa, coba restart device terlebih dahulu.

2. iPhone

  • Masuk ke menu pengaturan / setting device
  • Pilih menu Cellular
  • Pilih Cellular Data Option
  • Dan terakhir masuk ke Cellular Network

Jika kamu menggunakan iOS yang berbeda, kamu juga bisa melakukan settingan pada device seperti berikut.

  • Masuk ke menu pengaturan / setting
  • Pilih menu Mobile Data
  • selanjutnya pilih Mobile Data Option
  • Dan Masuk ke pilihan menu Mobile Data Network

3. Modem USB

Jika kamu menggunakan modem, cara yang kamu gunakan berbeda dengan cara diatas. Untuk lebih jelasnya ikuti cara mengganti APN pada modem dibawah ini.

  • Aktifkan modem dan pastikan sudah terhubung ke jaringan internet
  • Buka browser yang akan kamu gunakan
  • Masukkan alamat IP dengan http://192.168.8.1
  • Selanjutnya masuk ke menu pengaturan / setting
  • Pilih opsi Dial up dan klik menu Profile Management
  • Selanjutnya klik New Profil
  • Masukkan APN 
  • Dan Klik Save

Perlu kamu ingat, beberapa settingan APN di atas memang bisa memberikan kecepatan koneksi dan kestabilan koneksi internet.  Namun hal tersebut tidak bisa berjalan mulus selamanya.

Yang kadang bisa terputus karena terjadi masalah pada server maupun APN ditutup. Maka dari itu, menyimpan pengaturan APN default sangat dianjurkan untuk mengantisipasi jika suatu saat server mengalami masalah agar perangkat masih bisa digunakan.

Jika kamu sudah terlanjur menghapus dan tidak memiliki settingan APN default, berikut adalah settingan APN default yang bisa kamu gunakan.

APN 3 Default

Nama GPRS
APN3gprs
ProxyTidak perlu diubah
PortTidak perlu diubah
Username3gprs
Password3gprs
ServerTidak perlu diubah
MmscTidak perlu diubah
Mms proxyTidak perlu diubah
Mms PortTidak perlu diubah
Mcc510
Mnc89
Authentication typePap Or Chap
APN typeDefault,supl
APN protocolIpv4
APN roaming protocolIpv4
BearerUnspecified
Mvno typeNone

Kamu pun bisa mengembalikan settingan APN ke settingan awal atau bawaan, dengan cara berikut:

Nama 3 data
APN3 data
ProxyTidak perlu diubah
PortTidak perlu diubah
UsernameTidak perlu diubah
PasswordTidak perlu diubah
ServerTidak perlu diubah
MmscTidak perlu diubah
Mms proxyTidak perlu diubah
Mms PortTidak perlu diubah
Mcc510
Mnc89
Authentication typePap Or Chap
APN typeDefault,supl
APN protocolIpv4
APN roaming protocolIpv4
BearerUnspecified
Mvno typeNone

Cara Cek Kecepatan Jaringan

Jika kamu baru saja atau masih pertama kali menggunakan settingan APN custom, untuk membandingkan kecepatan sebelum dan sesudah menggunakan APN, kamu bisa melihatnya dengan cara sebagai berikut.

  • Kunjungi situs speedtest.net
  • Selanjutnya klik Go untuk memulai mengkalkulasikan rata – rata kecepatan, atau memantau kecepatan internet secara langsung
  • Pada tampilan halaman ini, kamu bisa melihat dan membandingkannya kecepetan sesudah dan sebelum menggunakan APN.

Selain melakukan pengecekan melalui halaman website, kamu  bisa juga melihat kecepatan dengan aplikasi yang bisa kamu dapatkan dari Play Store ataupun App store secara gratis. Khusu yang mengaktifkan APN melalui smartphone.

Berapa kecepatan internet yang dibutuhkan untuk perangkat Android?

Kecepatan internet antara 500 kbps- 1 mbps detik sudah sangat cukup. Yang terpenting adalah kestabilan jaringan.

Apa APN default dari Tri?

3 data atau 3gprs.

Settingan APN 3 mana yang paling bagus?

Berbeda-beda, tergantung dari perangkat yang digunakan dan lokasi kamu.

Apakah jaringan 5G sudah masuk Indonesia?

Untuk sementara jaringan tertinggi adalah 4G.

Untuk mendapatkan jaringan yang kencang, kamu bisa mencobanya satu persatu. Cobalah APN 3 yang paling bagus. Hal ini karena setiap perangkat memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Disamping itu jaringan internet juga dipengaruhi lokasi dimana kamu tinggal. Jadi settingan APN satu dengan lainnya kadang memiliki koneksi yang berbeda-beda tergantung dari perangkat dan lokasi. 

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar