Cara Membuat Channel YouTube Tanpa Ribet

Bagaimana cara Membuat channel Youtube

Masyarakat memang lebih suka belajar dengan menggunakan format yang simpel dan praktis. Contohnya saja melalui YouTube dengan format visualnya.

Pemilik YouTube sendiri mengatakan bahwa dalam setiap harinya ada 1 miliar jam tayang dari berbagai penjuru dunia. Kini YouTube tidak hanya menjadi media untuk berbagi konten video saja.

Konten YouTube pun berkembang bisa tentang review, vlog, podcast dan masih banyak lagi. Jika kamu bermimpi menjadi YouTuber sukses awalilah mimpimu dengan memiliki channel YouTube.

Berikut kami sampaikan cara membuat channel YouTube sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan.

Akun YouTube vs Channel YouTube

Tahukah kamu perbedaan akun YouTube dengan channel YouTube? Akun YouTube merupakan akun yang dibuat menggunakan akun Google.

Akun ini adalah akun bawaan pada smartphone maupun laptop atau PC untuk bisa mengakses YouTube. Kamu bisa log in dan log out.

Sedangkan channel YouTube merupakan sebuah saluran YouTube dimana kamu bisa mengunggah konten video yang kamu inginkan. Saluran ini pun bisa kamu ataur berdasarkan keinginanmu.

Punya Channel YouTube Untuk Apa?

Selain ingin mendapatkan penghasilan dari YouTube tentu saja banyak manfaat yang bisa kamu terima, seperti:

1. Menyimpan Video

Jika kamu hobi mengabadikan momen apapun dengan video lama kelamaan kamu akan kehabisan tempat untuk menyimpannya. Dengan mengunggah video di YouTube kamu bisa menyimpan sekaligus mencadangkan koleksi videomu.

Sehingga video tersebut akan mudah dicari, ditemukan sekaligus dibagikan kepada siapa saja. Apalagi mengunggah video tersebut gratis.

2. Promosi Produk

Jika kamu seorang pebisnis dan ingin mengembangkan pemasaran, maka bisa menggunakan YouTube. Karena konten yang ada di platform ini bermacam-macam.

Perilaku calon pembeli terhadap sebuah produk bisa bertambah setelah menyaksikan review atau promosi dalam bentuk video. Orang-orang akan tertarik dengan promosi yang kamu buat dan segera mencari produk kamu di web.

3. Cara Mudah Upload Video Di Web

Para blogger atau pemilik website terkadang mengharuskan mengunggah video di websitenya. Dengan YouTube proses pengunggahan video di web menjadi lebih mudah.

Membuat Channel YouTube

Kamu bisa membuat channel YouTube dengan laptop, desktop maupun smartphone. Berikut langkahnya:

1. Membuat Akun Google

Sebelum membuat channel YouTube kamu membutuhkan akun Gmail atau Google. Jika kamu belum punya akun Google maka cara untuk mendapatkanya adalah:

  • Buka situs youtube.com atau aplikasi YouTube pada smartphone.
  • Kemudian pilih sign in pada sisi kanan atas dan kamu akan dibawa menuju laman Google.
  • Pilih create account dan pilih for myself.
  • Kemudian isilah data seperti nama, username, password, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor HP serta lokasi negara.
  • Jika sudah selesai mengisi semua data pilih next step.

2. Membuat YouTube Channel  Pribadi

  • Kemudian kembali masuk ke aplikasi youtube atau akses youtube.com dan pilih  sign in yang terletak di sisi kanan atas.
  • Perlu diketahui bahwa akun yang kamu buat sebelumnya merupakan akun Google sekaligus akun YouTube.
  • Kamu akan dibawa menuju ke halaman Google.
  • Selanjutnya kamu bisa sign in dengan akun Gmail yang kamu buat sebelumnya.
  • Pilih menu setting pada menu drop down.
  • Kemudian pilih account  serta pilih create a new channel yang terletak pada bawah sub menu Your account.
  • Isilah data berupa nama depan serta belakang ataupun nama yang kamu inginkan. Nama ini akan menjadi nama channel kamu.
  • Setelah selesai klik create channel.

3. Membuat YouTube Channel Bisnis

Jika memiliki channel YouTube bisnis maka bisa kamu gunakan untuk mengelola beberapa channel berbeda dari satu dasbor. Selain itu akun ini memberikan izin kepada beberapa pengelola untuk setiap channel bisnis yang kamu miliki.

Kamu juga bisa mengontrol siapa yang kamu beri akses ke channel milikmu. 

  • Masuk ke aplikasi YouTube, pilihlah akun Google yang ingin kamu gunakan.
  • Pilih gambar dari profil kamu.
  • Kemudian pilih your channel yang terletak pada menu drop down.
  • Pilihlah nama channel yang mewakili bisnis kamu kemudian klik create.
  • Channel bisnis kamu siap digunakan.

4. Mengoptimalkan Channel

Setelah selesai membuat channel, kamu harus mengoptimalkanya sehingga mudah ditemukan oleh orang.

  • Pada beranda YouTube pilih customize channel sampai halaman beranda kamu terbuka.
  • Selanjutnya pilih ikon berbentuk roda gigi yang terletak di sebelah kanan atas. Tersedia berbagai macam pilihan pengaturan, kamu bisa mengatur sesuai dengan yang diinginkan.
  • Saran kamu untuk mengaktifkan semua pilihan pengaturan kecuali bagian keep all my saved playlists  private. Pengaturan ini memungkinkan agar orang-orang bisa melihat daftar video yang kamu buat.
  • Langkah berikutnya atur pada bagian customize the layout of your channel kemudian pilih advanced settings.
  • Masukkanlah beberapa informasi tentang negara kamu, keyword atau kata kunci, pengaitan akun AdWords pada channel kamu.
  • Selanjutnya pilihlah apakah channel kamu boleh ditampilkan sebagai channel yang disarankan ketika viewer sedang melihat video pada channel lain.
  • Kamu juga bisa memilih untuk menampilkan ataupun tidak menampilkan jumlah subscriber pada halaman channel.
  • Selanjutnya kamu bisa menautkan channel ke Google Analytics.

5. Menambahkan Deskripsi Serta Tautan

Selanjutnya kamu masih perlu menambahkan informasi lebih pada channel yang kamu miliki.

  • Untuk membuatnya kamu pilih menu “About” dan akan muncul kolom deskripsi yang harus kamu isi.
  • Deskripsi yang kamu tuliskan dalam kolom tersebut dapat membahas apa saja informasi terhadap konten yang kamu buat.
  • Pada menu tersebut juga terdapat pilihan lokasi, ataupun link website yang bisa kamu gunakan.
  • Jikachannel yang kamu miliki untuk berbisnis, kamu juga bisa menambahkan alamat email yang akan memudahkan orang untuk menghubungi jika ingin bekerja sama.

6. Mengunggah Foto Profil

Setelah channel yang kamu buat sudah jadi, silahkan untuk mengkustomisasi terlebih dahulu supaya lebih menarik dan juga dapat memberikan identitas channel kamu.

  • Caranya dengan mengklik tombol atau menu “Customize Channel”.
  • Selanjutnya unggah foto kamu sendiri untuk kamu jadikan foto profil atau kamu juga bisa memilih foto yang sudah disediakan oleh youtube.
  • Jika kamu ingin menggunakan foto pribadi, foto kamu harus memiliki ukuran 2560 x 1440 pixel, menyesuaikan yang diminta oleh youtube.

7. Menambah Gambar Sampul

Memiliki fasilitas yang menarik dengan membebaskan pemilik channel untuk mendesain channelnya sendiri, kamu juga menampilkan gambar sampul atau banner pada channel yang kamu miliki.

  • Caranya tidak jauh berbeda dengan cara di atas, kamu hanya perlu masuk pada menu “Customize Channel” dan langsung saja tambahkan Channel Art atau sampul yang kamu inginkan.

Cara Membuat Channel YouTube Menarik

Membuat channel Youtube yang menarik dapat menjadi daya tarik lebih untuk menarik para pengunjung dan mau berlangganan. Agar kamu dapat membuat channel menarik, perhatikan hal – hal berikut.

1. Brand Design

Sesuaikan tema yang sesuai dengan konten yang kamu miliki agar memudahkan pengunjung mengingat dan dikenal.

Seperti membuat nama channel yang unik, logo yang menarik sehingga memberikan rasa penasaran pada pengunjung atau calon pengunjung.

Selain itu, kamu juga harus memiliki karakter atau keunikan tersendiri untuk membedakan dengan channel kompetitor.

2. Buatlah Dengan Profesional

Buatlah konten yang dapat menjadikan pembelajaran bagi orang lain. Seperti menyisipkan pesan atau edukasi terhadap seseorang yang sangat berguna dalam kehidupan. Dan buatlah semenarik mungkin dan totalitas.

3. Gunakan Tag Untuk Melengkapi Videomu

Dengan menggunakan tag dalam setiap video yang kamu unggah, video mu akan lebih mudah untuk ditemukan dan di cari di mesin pencarian YouTube.

Penggunaan tag yang sesuai dengan tema atau isi video yang kamu unggah akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Supaya video yang kamu unggah tidak mudah tenggelam, hindari penggunaan tag yang sering digunakan oleh artis YouTuber.

4. Menambahkan Deskripsi

Untuk memberikan informasi yang lebih banyak mengenai video kamu, kamu bisa memberinya deskripsi pada setiap video yang kamu unggah.

Hal ini dapat membuatmu terlihat lebih profesional dan penontonmu akan menganggap jika kamu serius dalam menjadi YouTuber.

5. Durasi Video

Buatlah durasi video yang pas, jangan terlalu panjang dan jangan juga terlalu pendek. Jika terlalu panjang penonton akan bosan dan jika terlalu pendek penonton akan tidak tertarik.

Untuk menarik penonton, durasi video dirasa sangat penting. Buatlah video yang berkualitas dan pas untuk dinikmati penonton.

Cara membuat channel YouTube nya itu mudah namun membuat channel tersebut terkenal butuh proses yang panjang dan konsisten.

Bermain YouTube bisa dibilang hanya seperti mengunggah video pada media sosial pada umumnya. Namun banyak hal yang harus diperhatikan.

Mulai dari tema, isi konten, hingga pengunjung. Hal ini tak lepas untuk meraih dan mendapatkan keuntungan dari Youtube.

Dengan begitu setiap video atau konten yang kamu unggah akan memiliki kualitas dan menjadi daya tarik penonton. Tertarik ? Selamat mencoba.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar