Sampai 5 Milyar/bulan? Berikut Gaji YouTuber Indonesia

Berprofesi menjadi YouTuber sekarang ini sedang digandrungi. Kamu bisa mendapatkan uang banyak dan bonusnya menjadi terkenal.

Gaji YouTuber sering menjadi pembahasan yang seru karena YouTuber digadang-gadang mampu mengalahkan pendapatan CEO.

Lihat saja Atta Halilintar yang dinobatkan sebagai Raja YouTube Indonesia yang selalu dikelilingi oleh barang mewah.

Kenapa dia bisa membeli barang-barang mewah? Seberapa besar sih gaji YouTuber itu?

Gaji YouTuber Indonesia

Jika kamu mendengar kata YouTuber, maka siapakah nama YouTuber yang terlintas dalam pikiranmu?

1. Atta Halilintar

Atta Halilintar, siapa yang tidak kenal dengan Raja YouTube Indonesia yang satu ini? Ia adalah YouTuber Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak yang hampir menembus 22 juta orang.

Pendapatan Atta ditaksir mencapai 6 miliar sampi 10 miliar rupiah per bulan. Bahkan ia juga dinobatkan sebagai YouTuber terkaya di Indonesia.

2. Ria Ricis

Salah satu YouTuber wanita kocak ini telah memiliki subcriber hampir 20 juta orang. Dari hasil membuat konten yang menarik, ia bisa membeli rumah mewah dan barang-barang mewah lainnya.

Penghasilan Ria ditaksir mulai dari ratusan juta hingga 6 miliar setiap bulannya. Bisa kamu bayangkan berapa besar gaji YouTuber untuk satu tahun kan?

3. Raffi Ahmad Dan Nagita Slavina

Aktor dan aktris Indonesia ini nampaknya tidak puas dengan berbagai macam usaha yang mereka miliki. Kini pasutri tersebut melirik YouTube sebagai sumber penghasilan mereka.

Mereka bisa mendapatkan penghasilan sebanyak 7 miliar per bulannya. Penghasilan tersebut karena mereka memiliki jumlah subscriber yang cukup banyak yaitu 13 juta.

Cara Menghitung Gaji YouTuber

Menjadi seorang YouTuber pemula memanglah membutuhkan kesabaran dan kegigihan ekstra dalam membangun sebuah channel YouTube. Dibalik iming – iming gaji yang besar perjuangan membangun sebuah channel tidaklah mudah. 

Jika menginginkan gaji yang besar kamu harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan dengan memiliki minimal 10.000 subscriber dan 4000 jam tayang. Jika itu terpenuhi kamu akan mendapatkan gaji sekitar 3,2 juta hingga 51 juta setiap bulanya.

Seperti tidak diperkenankan kamu meng-klik iklan yang ada di kontenmu sendiri, karena itu dapat dilihat oleh sebuah YouTube sebagai tindakan curang.

Gaji yang diterima YouTuber tidak serta merta hanya upload sebuah video dengan begitu langsung mendapatkan gaji. Berikut ada beberapa cara yang digunakan untuk menghitung gaji YouTuber:

AdSense

AdSense dapat dibilang sebagai sumber penghasilan utama YouTube. Publisher AdSense merupakan orang yang memiliki hak untuk menayangkan iklan dari google.

Sering kamu jumpai jika kamu membuka sebuah video YouTube kamu melihat iklan pada setiap konten

Jika ada penonton yang mengklik iklan atau bahkan menonton iklan tersebut maka penonton telah memberikan penghasilan untuk content creator. Semakin iklan yang di klik maka semakin banyak penghasilan YouTuber.

AdSense memiliki perhitungan melalui jumlah views dengan dua indikator yaitu Cost Per Mile (CPM) dan Cost Per Click (CPC). 

CPM merupakan pendapatan dari setiap 1.000 kali penayangan iklan yang terdapat di seluruh konten yang kamu buat dan kamu unggah.

1.000 penayangan= Rp 7.000,00

Sedangkan untuk CPC sendiri merupakan pendapatan dari setiap klik iklan yang ada pada setiap konten yang kamu unggah.

1 klik= Rp 5.000,00- Rp 12.000,00

Contohnya jika Atta Halilintar mendapatkan 151 juta views pada sebulan terakhir ini. Perhitungan pendapatan adalah:

   

Affiliate

Sumber penghasilan YouTuber ini berasal ketika ada klien yang ingin mengiklankan produknya pada konten si YouTuber. Setelah adanya kesepakatan maka si YouTuber akan memasarkan produk tersebut dalam kontennya.

Biasanya pemilik konten akan membagikan kode promo untuk pembelian produk tersebut. Selain itu YouTuber juga menyematkan sebuah link untuk pembelian langsung produk tersebut.

Semakin banyak penonton yang membeli produk dengan kode promo tersebut maka semakin besar penghasilan si YouTuber.

Pendapatan yang diperoleh dari sini juga sangat bervariasi, namun jika dipresentasikan biasanya dari 1% hingga 10% dari hasil penjualan.

Endorsement

Endorsement merupakan sumber penghasilan yang dapat menambah penghasilan YouTuber. Penghasilan yang diterima dari endorse tidak hanya berupa rupiah, namun juga bisa barang yang di endorse.

Pasti kamu juga sering menjumpai tayangan yang mempromosikan sebuah produk, entah itu dibuatkan konten tersendiri ataupun disematkan dalam sebuah konten.

Penjualan

Jika dibandingkan dengan beberapa sumber pendapatan yang lain, sumber penghasilan yang satu inI memang sangat jarang didapatkan. Hanya beberapa YouTuber yang sudah memiliki brand atau perusahaan besar yang memasarkan produknya menggunakan sumber ini.

Dari beberapa sumber di atas, sudah bisa kamu bayangkan berapa besarnya gaji Youtuber kan?

Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Youtuber

Untuk mendapatkan hasil yang besar dari YouTube, kamu perlu memiliki kesabaran yang extra. Jangan mentang-mentang punya banyak stok konten kamu pun bisa asal upload untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

Berikut ini adalah alasan kenapa penghasilan YouTubemu tidak naik-naik:

Subscriber

Semakin banyak subcriber maka kemungkinan untuk mendapatkan uang semakin besar. Jumlah subcriber kamu akan mempengaruhi kepopuleran channelmu.

Channel yang memiliki banyak subcriber akan meningkatkan jumlah views pada kontenmu. Mungkin saja kontenmu bisa menjadi viral atau trending di YouTube.

Pernahkah kamu membandingkan jumlah views pada channel yang memiliki sedikit dan banyak subcriber? Tentu saja channel yang memiliki jumlah subcriber akan lebih unggul.

Jumlah Klik

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, jika klik iklan sangat berpengaruh terhadap jumlah penghasilan. Namun jangan sampai kamu mengkilk sendiri pada kontenmu.

Sebab YouTube akan melakukan penangguhan secara permanen. Selain itu jangan pernah mengajak orang lain untuk mengklik iklan pada channelmu.

YouTube mempunyai Artificial Intelligince sehingga bisa mendeteksi mana klik yang valid dan tidak.

Jenis Iklan Yang Ditayangkan

Harga dari iklan yang ditampilkan pada kontenmu berbeda-beda. Pada per klik iklan bisa dihargai mulai dari $ 0.23 – $ 1 atau seribu sampai 17 ribu.

Selain itu ada banyak jenis iklan. Iklan yang tidak bisa di skip memberikan kamu penghasilan yang besar. Biasanya penayangan iklan ini bekerja pada channel yang memiliki reputasi baik di mata YouTube dan penonton.

AdBlock

AdBlock merupakan musuh bagi para pengiklan yang bekerja di dunia maya. Program ini bekerja untuk menutup segala jenis iklan yang muncul di website maupun YouTube.

Kamu tidak bisa menyuruh penonton untuk mematikan AdBlock. Maka dari itu buatlah konten yang menarik agar penonton bisa menghargaimu dan mematikan program AdBlocknya.

Tips Menjadi YouTuber Pemula

Menjadi seorang YouTuber tidaklah semudah yang dipikirkan, kecuali kamu sudah memiliki nama besar atau seorang public figure. Kamu juga perlu tahu bagaimana menjadi seorang YouTuber yang sukses. 

  1. Bekerja keras
  2. Kreatif
  3. Jeli dalam melihat setiap peluang
  4. Mau belajar
  5. Tidak mudah putus asa
  6. Menciptakan identitas dalam setiap konten dan tidak menjiplak karya orang lain.

Dibalik gaji YouTuber yang besar terdapat perjuangan yang luar biasa. Jangan hanya sekedar membuat konten yang asal-asalan saja.

Karena jumlah penghasilan tidak hanya bergantung pada banyaknya video yang kamu unggah. Bagaimana sudah siap menjadi YouTuber?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar