Mengenal Google Webmasters Tools & Beragam Fungsinya

Diposting pada

Apa yang kamu inginkan ketika membuat sebuah website. Tentu saja ingin website yang kamu bangun berada di peringkat pertama Google bukan?

Website yang terletak pada halaman pertama hasil pencarian pasti menjadi populer sehingga banyak menarik minat pengunjung.

Ketika kamu ingin mencari informasi mengenai suatu hal dengan search engine, pasti artikel yang kamu buka adalah artikel yang berada di page satu kan? Apa lagi kalau sedang terburu-buru.o

Maka dari itu semua pemilik website berlomba-lomba untuk terindeks Google dan berada di page 1. Banyak dari blogger atau pemilik website tidak tahu caranya untuk memantau visitor atau pengunjung.

Kini ada Google Webmasters Tools yang menjadi solusi untuk memantau aktivitas website. Apa saja manfaatnya? Bagaimana caranya?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Google Webmasters Tools?

Google Webmaster Tools atau yang dikenal sebagai Google Search Console adalah fitur yang dikeluarkan oleh Google. Fitur ini digunakan untuk mempermudah pemantauan terhadap berbagai aktivitas pada situs yang dibangun dalam ranah organik.

Kamu akan memahami apa yang sedang terjadi pada situs kamu. Tentu saja kamu tidak akan tahu kan apa yang harus kamu lakukan dengan situs mu kalau kamu tidak tahu bagaimana perkembangan situs mu kan?

Dengan Google Search Console memungkinkan kamu untuk mengetahui reffering domain hingga trafik domain.

Google Analytic VS Google Webmasters Tools

Banyak dari blogger pemula yang mungkin bingung apakah harus menggunakan Google Analytics atau Webmaster Tools? Kedua tools tersebut dianggap sama namun ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya.

Sebenarnya tools tersebut sama-sama penting untuk digunakan, apalagi gratis ye kan? Perbedaan kedua tools tersebut ada pada fungsinya.

Jika GWT untuk digunakan untuk melakukan beberapa perbaikan pada website kamu. Seperti performa dan keamanan website. Sedangkan GA memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi tersebut adalah memberikan informasi terhadap kebiasaan atau perilaku visitor sebuah website. Informasi tersebut bisa digunakan untuk menentukan langkah yang harus diambil seperti merancang tampilan website serta promosi.

Manfaat Google Webmasters Tools

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari GWT. Kamu bisa melakukan perbaikan pada website kamu berdasarkan analisis yang diberikan oleh GWT.

  1. Menemukan keyword yang paling populer
  2. Mengidentifikasi halaman website yang paling populer
  3. Memahami demografi pengunjung
  4. Mengidentifikasi perangkat yang digunakan oleh visitor
  5. Memeriksa perangkat yang tidak kompatibel
  6. Mengetahui backlink ke website kamu
  7. Memeriksa broken link
  8. Mengidentifikasi masalah keamanan pada website

Cara Mendaftar Google Webmasters Tools

Untuk mendaftar GWT kamu perlu menyiapkan akun Google serta website yang ingin kamu index kan dengan Google. Dengan langkah pendaftaran sebagai berikut ini:

  • Log in ke akun Google
  • Buka Google webmaster Tools atau Google Search Console
  • Pilih Add Property
  • Pilih Website
  • Masukkan URL website kamu
  • Pilih Add, dan dilanjutkan dengan proses verifikasi

Proses Verifikasi GWT

Lalu lakukan verifikasi kepemilikan website. Ada dua metode verifikasi yaitu Recommended Method serta Alternate Method.

1. Recommended Method

  • Unduh file HTML yang tersedia terlebih dahulu.
  • Unggah ke folder root di website kamu dengan FTP
  • Atau unggah melalui file manager yang tersedia dari cPanel dari hosting yang kamu gunakan.
  • Klik upload, memasukkan file HTML yang terdownload
  • Setelah berhasil mengunggah, kembali ke halaman GWT  klik Verify.

2. Alternate Method

Jika menggunakan metode verifikasi alternate maka disediakan empat pilihan verifikasi yaitu HTML Tag, Domain name provider, Google Analytics serta Google Tag Manager.

  • HTML Tag

Ada dua cara dalam menambahkan HTML Tag ke website kamu, yaitu Plugin Headers and Footers serta Plugin Yoast SEO.

Jika menggunakan Plugin Headers and Footers, klik HTML Tag kemudian copy script. Lalu buka website kamu.

Untuk bisa menambahkan meta tag ke website kamu, maka gunakan plugin Insert Headers and Footers. Setelah selesai mengaktifkan plugin tersebut, pilih setting, pilih Insert Header and Footers.

Kemudian salin meta tag ke dalam beranda website. Meta tag harus diletakkan pada bagian <head> serta sebelum bagian <body> yang pertama. 

Simpan perubahan dengan save. Kembali ke halaman GWT kemudian klik Verify Site.

Selain menggunakan plugin Headers and Footers kamu juga bisa memakai Plugin Yoast SEO. SIlahkan instal plugin tersebut terlebih dahulu.

Setelah terinstall pilih SEO, kemudian pilih General. Lalu kamu bisa pilih tab Webmaster Tools dan salin script ke bagian Google Verification Code.

Setelah selesai menyalin, kamu bisa memilih Save changes  kemudian kembali menuju halaman GWT dan klik Verify.

  • Google Analytics

Buka Google Analytics kamu. Sebelum melakukan verifikasi pastikan homepage website kamu memiliki Google Analytics Tracking Code.

Bukalah homepage website pada browser, kemudian cek apakah ada tag dalam head tag. Kemudian klik Add property, tambahkan URL website kamu pada URL Prefix. Yang terakhir klik continue dan Verify.

Kamu harus log in ke GWT dengan akun Google yang sama dari Google Analytics.

  • Google Tag Manager

Jika menggunakan Google Tag Manager, maka kamu harus mendapatkan izin publikasi untuk penampung Google Tag Manager.

Buka homepage pada browser, kemudian cek pada page source dan pastikan adanya tag. Pilih klik property dan tambahkan URL website kamu dan klik Continue dan Verify.

  • DNS TXT Record

Ada tiga cara untuk proses verifikasi melalui DNS yaitu cPanel, Clientzone serta Plesk Panel.

cPanel jika kamu memesan domain dari layanan hosting ataupun unlimited hosting. Kamu bisa log in ke cPanel melalui namadomain/cpanel.

Kemudian pilih menu Zone Editor, klik Manage pada domain yang akan kamu atur. Buatlah TXT Record.

Verifikasi kedua dengan Plesk Panel dengan cara log in ke Plesk Panel dengan link http://namadomain:8443. Lalu pilih Website and Domain, pilih DNS Setting.

Kemudian pilih Add Record, tambahkan DNS Record. Isi record type dengan TXT, domain name bisa dikosongi. Serta memasukkan TXT Record dengan TXT yang didapat dari GWT.

Yang ketiga dengan menggunakan Clientzone. Kamu bisa login ke https://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php. Pilih Domain, List My Domain, kemudian pilih Active.

Langkah selanjutnya adalah pilih menu Management DNS, pilih tombol START jika domain kamu belum terdaftar pada sistem DNS.

Setelah selesai bisa pilih Update, lalu pilih Add New Record. Isi TTL dengan 144000, Record Type dengan TXT.

Fitur Serta Fungsi GWT

Menggunakan GSC ini sudah sangat wajib para blogger dan pemilik website apalagi gratis dengan basis webnya.

Selain untuk memantau website, tool ini bisa digunakan untuk memaksimalkan keberadaan website karena terdapat banyak informasi yang berkaitan dengan kinerja website.

Sehingga kamu akan mengetahui bagian mana dari website kamu yang harus diperbaiki. Berikut ini fitur yang akan kamu temukan dan manfaatkan dari Google Search Console.

1. Performance

Pada menu Performance ini kamu bisa melihat performa website kamu.

  • Melihat keyword yang paling populer.

Pada informasi bagian atas kamu bisa melihat kinerja website pada hasil pencarian. Sedangkan bagian bawah memperlihatkan keyword yang bisa disaring berdasarkan average position, CTR serta impression.

  • Mengoptimalkan keyword.

Tidak semua konten dengan keyword tertentu banyak dicari oleh audien. Untuk menghasilkan trafik yang tinggi, idealnya kamu harus bisa menaikkan trafik dari semua keyword yang ditargetkan.

Maka kamu harus mengidentifikasi keyword mana saja yang bisa berpotensi menaikkan trafik dan layak untuk dioptimasi. Dengan pilih  menu Performance, pilih Position.

Kemudian kamu bisa memfilter keyword dengan average position lebih dari 7. setelah itu pilih Done. Kemudian GWT akan menampilkan keyword pada average position 7 atau lebih besar.

Kemudian klik dua kali pada kolom Position. Hal ini digunakan untuk mengurutkan kata kunci berdasar posisi dari yang terkecil hingga terbesar.

Setelah melihat posisi keyword, kamu juga bisa melihat impression yang didapatkan oleh masing-masing keyword. Lebih baik optimalkan keyword yang memiliki impression yang lebih besar.

  • Mengevaluasi konten yang sudah terbit

Kamu bisa memanfaatkan GWT untuk mengevaluasi konten yang sudah kamu terbitkan. Kinerja per halaman pada hasil pencarian bisa kamu cek dengan keyword apa saja yang digunakan.

Buka menu Performance, pilih Pages kemudian pilih halaman yang ingin kamu ketahui kinerjanya. Setelah itu pilih Queries. Lalu muncullah keyword yang menghasilkan impression pada halaman yang kamu pilih.

Dengan data tersebut, kamu bisa melengkapi artikel dengan informasi yang dibutuhkan berdasarkan keyword yang menghasilkan impression tinggi. Sehingga artikelmu berisi konten yang sesuai dengan yang diinginkan oleh pengunjung.

2. Index Sitemap

Kamu bisa menambahkan XML Sitemap pada website kamu. Dengan menambahkan fitur ini maka akan membantu Google dalam melakukan crawling. Sehingga halaman atau website kamu akan lebih cepat terindeks oleh search engine.

Namun kamu harus menggunakan sitemap terlebih dahulu. Yaitu dengan memakai plugins Yoast SEO ataupun Google XML Sitemaps.

Sitemap memberikan informasi tentang seluruh halaman yang ada pada website kamu. Search engine bisa lebih mudah dalam menemukan halaman dengan konten terpenting dari website kamu.

Dengan menggunakan fitur ini memang tidak bisa secara langsung untuk meningkatkan peringkat website mu. Namun fitur ini mampu membantu search engine untuk mengindeks konten secara efisien.

3. Index Coverage

Dalam menu ini kamu bisa melihat informasi terkait halaman mana saja yang sudah diindeks oleh Google atau search engine. Serta informasi yang mendetail terhadap halaman yang eror juga bisa kamu lihat.

  • Mendeteksi eror pada halaman

Eror tersebut bisa dengan mudah kamu temukan dengan menu Coverage, pilih Index. Kamu akan mendapatkan infromasi terkait tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah eror.

Misalnya terhadap eror 404 serta server eror. Penting bagi kamu untuk memperbaiki kesalahan karena eror dapat menghentikan aktivitas crawling serta indexing dari search engine tersebut.

  • Menghapus URL halaman

Setelah beberapa waktu mengupdate website, mungkin akan ada beberapa konten yang tidak lagi dibutuhkan. Namun menghapus konten yang terlanjur terindeks pada Google akan sedikit rumit.

Kamu bisa membuka GWT ata GSC dengan menu Google Index, kemudian Remove URLs. Setelah itu pilih Temporarily Hide, serta masukkan URL yang akan kamu hapus.

Namun cara ini hanya bisa untuk menyembunyikan halaman dari pencarian selama kurang lebih 90 hari. Untuk menghapus konten secara permanen , kamu harus menghapus konten tersebut dari website sampai muncul peringatan 404 eror.

4. Link

Tautan atau link adalah salah satu bagian terpenting dari SEO. Search engine menjadikan link ini sebagai salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan posisi halaman pada search engine.

  • Memeriksa sumber backlink

Pada sub menu Top Linking Sites, kamu bisa melihat website mana saja yang telah memberikan backlink pada website kamu. Kamu bisa meng klik nama domain agar bisa melihat detail halaman yang ditargetkan oleh link website tersebut.

Kamu bisa mendapatkan informasi keseluruhan tentang halaman mana saja yang ditargetkan oleh website lain.

  • Menaikkan kualitas internal link

Selain menggunakan backlink, internal link juga berpengaruh terhadap kualitas SEO. Internal link digunakan untuk membantu search engine dalam memahami kontek artikel serta hubungan yang terjadi pada setiap halaman.

Dengan internal link, search engine bisa mengidentifikasi halaman yang mana yang paling penting pada website kamu. GWT ini mampu membantu kamu untuk meningkatkan kualitas internal link kamu.

Klik Links, pilih Internal links. Setelah itu kamu akan mendapatkan informasi tentang halaman mana saja yang memperoleh link dari halaman yang lain.

Untuk memeriksa informasi lebih detail per halaman nya kamu bisa menggunakan menu Target page. Masukkanlah URL halaman yang ingin kamu lihat kualitas internal linknya.

5. Mobile Usability

Kebanyakan user mengakses informasi dari perangkat mobile seperti smartphone. Google Console pun memberikan fitur Mobile Usability yang akan membantu kamu untuk meningkatkan kinerja website ketika diakses dengan perangkat mobile

Jika terjadi error pada mobile website kamu, maka kamu akan mengetahuinya dengan klik menu Eror. Maka dari itu kamu harus mengecek informasi tersebut secara rutin agar terhindar dari berkurangnya jumlah visitor.

Kesimpulan

Banyak kan manfaat dari Google Webmasters Tools ini? Sebenarnya tools ini merupakan jantung dari pengambil keputusan pada teknik SEO. Setelah menggunakan alat ini, mungkin kamu akan semakin penasaran dengan teknik SEO lainnya.

Yang perlu kamu ingat adalah kamu harus selalu konsisten dalam pengerjaan SEO. Karena membangun sebuah website tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *