Cara Cerdas Memaksimalkan Video Marketing Bagi Pemula

Abad 21 merupakan era digital dimana internet menjadi rajanya. Apa-apa serba online. Kebiasaan masyarakat pun kini berubah.

Mereka tidak lagi menghabiskan sebagian waktu luangnya untuk menonton TV tetapi sibuk bermain smartphone/ PC/ Laptop. Tentu saja untuk browsing atau bahkan menonton video secara online.

Nah kebiasaan masyarakat yang sukanya dengan sistem online, menjadikan daya tarik bagi pebisnis. Dulu masyarakat bisa kenal dengan suatu brand ya berkat menonton iklan di TV.

Namun hal ini dianggap kurang efektif lagi. Karena mereka lebih tertarik dengan smartphonenya. Sekarang para pebisnis mulai bergeser menggunakan video sebagai media marketing.

Seberapa ampuh sih video marketing berpengaruh terhadap bisnis? Ya tentu saja tetap tergantung dari kualitas konten yang menarik. Inilah tantangan besar bagi para pebisnis agar mampu menciptakan konten yang berkualitas.

Pengertian Video Marketing

Video Marketing adalah cara dalam upaya memasarkan sebuah produk yang menggunakan sarana video. Hal ini memang sangat pas jika digunakan dalam pemasaran online, dimana dapat lebih luas dan detail memperkenalkan sebuah produk.

Pentingnya Menggunakan Video

Video merupakan salah satu media marketing campaign yang paling kuat, kenapa?

Dengan konsep video, gambar dan suara yang ditampilkan secara bersamaan, penonton dapat dengan cepat menyerap pesan yang ingin kamu sampaikan.

Sehingga mereka dengan cepat dapat membuat keputusan untuk mencoba produk yang kamu tawarkan, dan bahkan mengambil keputusan untuk membeli.

  • Mudah untuk dinikmati serta diterima oleh masyarakat karena calon pelanggan bisa melihat wujud produk secara langsung dan jelas.
  • Cara paling efektif untuk memperkenalkan dan meningkatkan identitas brand.
  • Media video paling mudah untuk disebarkan dan ditemukan oleh penonton.
  • Proses pembuatan video tergolong terjangkau.
  • Penggunaan video mampu menaikkan conversion bisnis.
  • Bisa mudah diviralkan oleh para penonton.

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum membuat konten, kamu harus tahu jenis video mana yang akan kamu gunakan. Karena jenis video nantinya juga akan berpengaruh terhadap konten yang ingin kamu buat.

Video Edukasi

Video Edukasi ditujukan sebagai pemahaman dan perkenalan sebuah produk yang mana dapat memberikan solusi untuk pemecahan masalah yang dialami konsumen.

Videou Demo

Video demo menunjukan kinerja yang dapat dilakukan oleh produk yang kamu kenalkan. Seperti unboxing atau melakukan uji coba produk.

Video Event

Video Event biasanya dibuat dengan pengadaan seminar, konferensi, atau acara launching produk yang kamu miliki. Saat itulah video event diabadikan dan dapat diputar ulang sebagai video marketing untuk pemasaran produk.

Video Wawancara

Video ini berkolaborasi dengan pakar atau ahli dari produk yang kamu miliki. Yang mana dalam video ini sering dilakukan tanya jawab terhadap produk yang kamu miliki.

Video Animasi

Video animasi merupakan kumpulan atau seri gambar yang bergerak yang dibuat melalui grafik komputer. Kamu bisa menggunakan animasi untuk menjelaskan hal-hal yang tidak bisa dijelaskan menggunakan video yang diperankan oleh model.

Video Webinar

Video webinar merupakan sebuah video seminar on-line yang diadakan oleh sebuah brand. Peserta seminar ini tidak perlu keluar rumah untuk mengikuti seminar.

Namun kamu harus punya media terlebih dahulu untuk menarik perhatian penonton. Agar mereka tertarik mengikuti seminar oinline yang dibuat.

Video Life

Apa bedanya dengan video event? Kalau video event mengalami proses editing terlebih dahulu sebelum di pasarkan.

Kalau video life ya langsung dirilis pada saat event sedang berlangsung. Banyak media sosial yang memiliki fitur life video seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter dan lain-lain.

Video Branding

Video branding dalam melakukan marketing campaign merupakan salah satu hal terpenting. Dimana pembuatan video ini ditujukan untuk membangun sebuah brand yang kamu miliki.

Dalam video ini biasa berisi tentang visi dan misi serta solusi yang menjadi penawaran kepada masyarakat.

Persiapan Membuat Video

Membuat rencana merupakan langkah pertama dalam membuat konten marketing. Apapun itu medianya wajib menyusun rencana dimulai dari hal yang paling kecil sampai yang paling penting.

Siapkan Skrip Video

Skrip dalam pembuatan sebuah video merupakan hal yang penting, dimana nanti akan memudahkan dalam editing, dan dapat membuat video lebih tersusun alurnya carita dan susunan gambar yang diperlukan.

Untuk membuat skrip, kamu bisa memulainya dengan membuat coretan sederhana dengan pena untuk mengambil poin – poin video. Jika dirasa masih kesulitan, kamu bisa membuat tabel untuk lebih mempermudah pembuatan dan menyusun skrip video.

Hal yang perlu kamu ingat, dalam pembuatan video, sebisa mungkin gunakan bahasa yang mudah dipahami, jelas dan efektif agar mudah diingat dan diterima konsumen.

Siapkan Kamera Dan Alat Pendukung

Banyak sekali pilihan kamera yang dapat kamu gunakan dalam pembuatan video. Seperti DSLR bahkan dari smartphone pun kamu juga bisa membuatnya.

Penggunaan alat memang sebagai pendukung dengan kualitas yang bagus, ukuran besar dan ketajaman gambar.

Namun yang paling penting adalah bagaimana pesan yang kamu sampaikan dapat mudah diterima dan diingat oleh konsumen.

Walaupun hanya dengan kamera smartphone kamu juga bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan memahami penggunaannya.

Belajar Teknik Pengambilan Kamera

Teknik pengambilan gambar atau video biasanya meliputi beberapa komponen dibawah ini:

  • Frame Rate 

Frame Rate merupakan jumlah gambar yang akan tampil dalam setiap detik video yang berjalan atau sering disebut frame per second (Fps).

Biasanya para ahli melakukan settingan dasar pada angka 24 fps, atau 30 fps, yang mana dirasa akan lebih pas dalam pengambilan gambar.

  • Aperture

Aparatur merupakan settingan untuk mengatur cahaya yang masuk pada lensa kamera. Setingan ini perlu memiliki ketepatan yang pas, agar gambar yang dihasilkan seimbang, dan tidak ada yang lebih menonjol satu sama lain.

Aperatur ini memiliki bukaan lensa dari F-stop : f/1,4, f/2, f/2.8, f/4, f/5.6, f/8, f/16. Jika semakin kecil lensa terbuka maka bukaan f-stop akan semakin besar dan sebaliknya. Dimana bukaan terkecil berada di angka f/16 dan terbesar di f/1.4.

  • White Balance

Settingan yang satu ini digunakan sebagai pemberitahuan temperatur warna yang ada di sekeliling kamu. Penting ini digunakan karena setiap cahaya memiliki temperatur yang berbeda untuk menyelaraskan warna supaya lebih alami.

  • ISO

ISO adalah pengukur sensitivitas kamera terhadap cahaya. Biasanya kamera akn memberikan setingan dengan ukuran 200, 400,800, dan 1600, bahkan kamera yang memiliki spesifikasi lebih ukuran iso dapat lebih dari 1600.

Dengan begitu kinerja iso sendiri ditunjukkan dengan semakin besar angka iso, maka semakin sensitif terhadap cahaya, dan begitu sebaliknya. Jika angka iso rendah, maka lensa akan kurang sensitif terhadap cahaya.

  • Shutter Speed

Shutter Speed pada dasarnya mengatur seberapa cepat kedipan sebuah kamera. Dimana biasanya settingan ini digunakan dalam pengambilan gambar dengan objek bergerak.

Settingan shutter speed dapat diukur atau dilihat dari skala 1/X yang terdapat pada settingan shutter  speed. Yang menjelaskan semakin besar nilai X maka semakin cepat shutter speed yang dihasilkan.

  • Fokus

Fokus dalam settingan kamera DSLR memiliki dua cara, yaitu manual dan auto fokus. Dimana settingan ini digunakan untuk mengambil fokus objek yang menjadi titik berat gambar.

Seperti halnya mengambil gambar buah mangga. Kamu dapat menempatkan titik fokus pada buah tersebut sehingga objek di sekitarnya terlihat blur.

Siapkan Model

Dalam menyiapkan seorang model, usahakan kamu mendapatkan model yang tepat. Model yang dapat memahami skrip, dan paham apa yang mereka sampaikan.

Siapkan Tempat/ Studio

Pemilihan dan penataan tempat atau studio juga sangat penting. Kerena latar belakang atau tempat yang menarik juga dapat menarik konsumen untuk melihat hingga selesai video yang kamu buat.

Selain tempat, ada pula peralatan yang mungkin kamu butuhkan dalam pengambilan gambar,seperti tripod, perekam suara, dan lain sebagainya.

Metode Perekaman Video

Dengan menggunakan metode shoot for the edit, kameramen dapat mengambil gambar yang cukup untuk mempermudahkan editor dalam mengedit gambar yang sudah diambil.

Metode Shoot for The Edit dapat digunakan saat terjadi selisih paham antara kameramen dengan editor pada footage yang telah diambil.

Yaitu dengan menjadi jembatan dengan cara  pengambilan gambar footage dengan menggambarkan dalam pengeditan gambar yang diambil.

Menata Footage

Banyak yang bilang jika merapikan footage merupakan hal yang membosankan. Namun proses ini merupakan hal yang penting dalam penyusunan video kamu. Karena footage merupakan bahan video yang bagus dan menarik.

Menyiapkan Software Video Editing

Proses ini akan kamu jumpai saat kamu sudah memiliki footage yang terpilih untuk diedit.

Dengan begitu kamu juga harus memiliki atau memilih alat editor yang kamu butuhkan seperti VSDC Free Video Editor, Blender, Lightworks, Openshot, dan iMovie.

Jika kamu memiliki dana yang berlebih kamu bisa menggunakan Adobe Premiere Pro yang mana sudah menjadi standar bagi video editor.

Lisensi Adobe Premiere Pro ini bisa kamu beli dengan berlangganan setiap bulan nya dari harga Rp 138.000,00 saja setiap bulan.

Memilih Backsound Music

Musik juga merupakan komponen penting dalam sebuah video. Menemukan backsound music yang tepat seperti halnya memberikan nyawa pada video yang kamu buat.

Dalam menggunakan backsound music, kamu juga perlu meminta izin dengan penciptanya supaya tidak terjadi pelanggaran atau terkena copyright.

Merekam Audio Narasi

Sebenarnya tidak semua video membutuhkan narasi. Biasanya dari model yang dipilih sudah cukup memberikan narasi.

Namun jika narasi dirasa kurang, maka merekam narasi diperlukan untuk menambah informasi yang perlu disampaikan. 

Melakukan SEO Video

Cara ini bisa dibilang cara yang sangat sayang sekali dilewatkan. Pasalnya cara ini dapat mendongkrak video kamu agar lebih banyak menarik banyak penonton, dan menjadikan mereka konsumen berlangganan kamu.

Lakukan Search Engine Optimization Video. Pertama, Gunakan kata kunci yang tepat dan mudah untuk dicari konsumen. 

Kedua, buatlah judul video yang mudah diingat dan membuat orang paham isi pesan yang kamu sampaikan.

Ketiga, Buatlah teks deskripsi pada produk yang kamu tawarkan. Bisa juga kamu tambahkan informasi lain mengenai produk yang kamu tawarkan.

Keempat, Usahakan membuat video dengan kualitas tinggi. Karena kualitas video yang tinggi, mempengaruhi SEO pada mesin pencarian

Kelima, berilah nama video yang kamu unggah sama dengan nama file video tersebut. Ditujukan untuk mempermudahkan membaca thumbnail video kamu. Maka dari itu kamu juga perlu mengunggah video dengan file kecil seperti .mp4 

Merilis Video

Sebelum merilis video yang kamu buat, alangkah baiknya kamu lakukan research terlebih dahulu. Seperti platform apa yang sering digunakan atau dikunjungi oleh penonton.

Atau kamu ingin merilis ke semua platform tersebut ? Sah-sah saja. Karena semakin banyak media yang kamu gunakan semakin besar pula peluang video kamu ditemukan oleh penonton.

Kamu dapat menulisnya di Youtube, Facebook, Instagram, atau twitter. Menentukan tempat perilisan video di platform yang tepat,akan mendapatkan konsumen yang banyak.

Tips Membuat Konten Video Menarik

Kamu harus tahu tujuan apa yang ingin kamu capai dengan mempublikasikan konten videomu. Sehingga kamu tidak akan kehilangan arah ketika membuat konten video. 

Berikut tips membuat konten video yang menarik.

Sentuh Emosi Penonton

Usahakan menyentuh emosi penonton, supaya lebih mudah mengenal dan diingat. Seperti video lucu, atau kocak.

10 Detik Pertama

Berilah kesan pertama yang bagus. Setidaknya berikan 10 detik pertama konten yang bagus agar penonton bisa sampai selesai melihat video yang kamu buat.

Mengikuti Trend

Ikutilah  tren yang sedang booming saat ini. Seperti tarian tiktok, atau in my feelings challenge.

Masukkan Keyword Yang Pas

Gunakan kata kunci yang tepat. Penting sekali hal ini untuk kamu perhatikan. Pemilihan kata kunci yang tepat memudahkan penonton menemukan video kamu, dan dapat muncul dalam mesin pencarian sebagai rekomendasi video.

Kamu juga bisa menabahkan kata-kata yang bisa menarik perhatian calon penonton. Sebagai contohnya kamu ingin membuat video tentang “tutorial membuat video marketing”. Supaya menarik bisa diubah menjadi “Cara membuat video marketing untuk pemula”, “Tutorial membuat video marketing murah”.

Menjadi Unik

Kelima dan yang terakhir, Carilah cara menjadi yang terbaik dan unik. Carilah ide konten yang berbeda dari kompetitor. Agar kamu tidak di cap plagiarism. Kuncinya carilah inspirasi seluas luasnya, dan jangan lelah berinovasi.

Aplikasi Editing Video Gratis

Sudah selesai menyusun konten yang akan kamu buat? Saatnya eksekusi. Tapi setelah itu kan harus edit video supaya menarik.

Eits jangan khawatir, jika kamu tidak pandai dalam mengedit video, kamu bisa gunakan tools atau aplikasi. Aplikasi di bawah ini akan dengan mudah kamu operasikan untuk menciptakan konten yang keren.

Videopad

Videopad merupakan aplikasi video editing favorit pemula. Selain mudah digunakan dan gratis, fitur yang ditawarkan cukup eksklusif lho.

Ada fitur 50 Visual Transition Effects, penambahan narasi via microphone, penambah subtitle dan masih banyak lagi.

Avidemux

Avidemux bisa diaplikasina pada OS Mac ataupun Windows secara gratis. Banyak fitur yang bermanfaat seperti filter, mengelola, memotong serta mengkode video agar menjadi yang diinginkan.

Windows Movie Maker

Aplikasi ini cocok bagi pemula. Bahkan yang belum pernah sama sekali mengedit video. Walaupun mudah dioperasikan, aplikasi ini memiliki banyak fitur serta efek yang bermacam-macam. Kamu bisa menyesuakain sesuai dengan kebutuhanmu.

Kesimpulan

Dalam membuat video marketing, perlu memperhatikan banyak hal yang dapat mendukung kualitas video yang kamu buat. Selain mahir dalam pengoperasian video editing, kamu juga perlu konten yang berkualitas.

Agar pesan yang kamu ingin sampaikan bisa dimengerti oleh penonton. Apalagi media video ini bisa digunakan oleh siapa saja tidak hanya pebisnis besar bahkan UMKM atau toko online pun bisa membuatnya.

Kuncinya adalah kreatif serta mampu memahami keinginan penonton atau calon pelanggan. Pengen beriklan tapi gak mahal ya buat saja video pemasaran.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar