Aplikasi Pembuat Logo Terbaik, Cocok untuk Toko Online

Jika kamu berminat untuk membuat sebuah bisnis online atau usaha apapun, hal penting apa yang kamu pikirkan? Jenis produk, modal, target pemasaran, strategi marketing?

Ya, semua hal di atas memang penting. Namun sudahkah kamu memikirkan sebuah logo untuk bisnismu?

Logo itu terlihat sepele namun penting. Walaupun demikian banyak pebisnis yang menganggap bahwa logo itu tidak penting.

Mungkin karena biaya pembuatan logo itu mahal atau bisa jadi karena sudah kerepotan mengurus segala teknis selain branding.

Namun jangan sampai mengabaikan strategi branding yang satu ini ya. Kamu bisa membuat logo usahamu sendiri.

Apalagi banyak kok aplikasi pembuat logo gratis yang mudah dioperasikan yang cocok untuk bisnis online ataupun bisnis lainnya.

Logo VS Brand

Logo adalah simbol khusus yang mewakili sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menggambarkan jati diri ata visi misi yang mereka usung.

Logo ini diciptakan sebagai sebuah identitas yang membedakan perusahaan ataupun bisnis satu dengan bisnis lainnya.

Brand atau merek juga berfungsi sebagai identitas suatu bisnis atau perusahaan. Namun brand tidak bisa hanya digambarkan sebagai simbol saja dengan cakupan pengertian yang sangat luas.

Brand itu cakupanya luas bisa nama, logo/ simbol maupun iklan. Walaupun sekilas mirip, kedua-duanya adalah hal yang berbeda dan tidak dapat dipisahkan.

Jika keduanya dipisahkan maka tidak akan efektif. Brand membutuhkan sebuah logo untuk merepresentasikan citra bisnis atau perusahaan.

Sedangkan logo membutuhkan brand untuk mewujudkan fungsinya. Yaitu dengan bentuk menciptakan citra positif pada konsumen dan sebagai pengingat terhadap produk.

Kenapa Penting Mendesain Logo Toko?

Pernahkah kamu membeli suatu barang hanya karena mengenal brandnya atau kemasan nya saja? Itulah besarnya efek yang ditimbulkan oleh sebuah brand serta logo.

Saat ini brand telah mengubah pandangan para pebisnis untuk menyusun dan menciptakan sebuah logo yang bagus dan berkarakter. Karena sebuah logo juga mampu menarik minat calon konsumen. Inilah alasan mengapa pentingnya membuat sebuah logo untuk bisnis kamu:

1. Memberikan Kesan Pertama Yang Baik

Jika logo dirancang dengan baik, logo dapat menarik pembeli. Saat melihat logo pada bisnismu mereka akan penasaran dan memungkinkan mengunjungi toko kamu.

Logo memang bukanlah satu hal yang sangat dipertimbangakan. Namun jika memiliki logo konsumen dapat mengenal bisnis yang kamu miliki.

2. Agar Mudah Diingat Calon Konsumen

Memiliki logo yang jelas dan mudah diingat sering dipilih oleh perusahaan terkenal. Seperti pemilihan font yang sederhana, kesederhanaan desain logo dan lain sebagainya.

Namun jika desain logo buruk atau terlalu rumit, maka bisa dipastikan sangat sulit diingat. Desain logo yang mudah diingat, akan membantu konsumen untuk mengingat bisnis yang kamu miliki.

3. Sebagai Pengenal Sebuah Brand

Saat membuat logo untuk bisnis yang kamu miliki, kamu harus yakin jika logo tersebut mampu menjadi pondasi branding dalam jangka panjang, karena logo juga merupakan bagian dari branding sebuah bisnis.

Selain itu logo juga dapat menjadi sebuah identitas perusahaan atau usaha yang yang kamu miliki. Dari pemilihan warna, font dan, tema akan mencerminkan bisnis mu.

Seperti logo dari provider Telkomsel dengan pilihan warna yang dominan dengan merah. Apapun yang berkaitan dengan bisnis ini pun juga menggunakan warna merah.

4. Merefleksikan Value Bisnis

Kamu pasti pernah melihat logo dengan pemilihan gambar yang cantik, font dan warna yang sederhana. 

Jika dilihat sekilas memang nampak seperti biasa. Namun psikologi yang terkandung pada logo tersebut lebih dalam. Bahkan ada yang menerapkan filosofi visi dan misi perusahaan.

5. Mencerminkan Kepribadian Bisnis

Logo selalu memberikan kesan pertama dalam sebuah bisnis. Selain bisa lebih diingat konsumen, pemilihan warna, gambar dan font dapat mencerminkan kepribadian bisnismu.

Untuk mendapatkan logo yang baik dan efektif sebaiknya gunakan aspek berikut ini:

1. Simpel

Logo sederhana memang sering menjadi pilihan bagi perusahaan. Biarpun sederhana, namun haruslah berbeda dengan logo – logo lain dan memiliki ciri khas sendiri pada perusahaanmu.

Seperti halnya bentuk, warna, pemilihan font, buatlah semenarik mungkin, dapat mudah diingat, dan mampu menjadi filosofi bisnismu.

2. Gampang Diingat

Membuat logo memang dapat memberikan kesan pertama pada konsumen. Dengan membuat logo yang mudah diingat, dapat mempengaruhi konsumen untuk datang dan mencoba produk yang kamu miliki, dan meningkatkan jumlah konsumen

3. Tidak Termakan Trend

Perhatikan hal – hal kecil dalam membuat logo, buat lah logo sebaik mungkin supaya tidak ketinggalan jaman dan memiliki nilai investasi jangka panjang. Sehingga nantinya kamu tidak perlu repot untuk membuat logo baru karena logo lamamu sudah ketinggalan jaman.

4. Menarik Secara Visual

Logo juga dapat membentuk sudut pandang konsumen. Jika memiliki logo rapi dan tidak berantakan dapat memberikan sudut pandang yang baik. Namun jika logo tersebut berantakan dapat membentuk sudut pandang ketidak profesionalan pemilik bisnis.

5. Melambangkan Fungsi Produk

Buatlah logo sesuai dengan fungsi produk yang kamu miliki. Seperti halnya logo susu bergambar deterjen bubuk, pastinya konsumen mengira bahwa itu deterjen. Namun apabila ditambah dengan keterangan seperti “susu tersebut dapat membersihkan lambung, mungkin akan memberikan keunikan sendiri.

6. Tipografi Yang Tepat

Tepat dalam menentukan warna, font, dan gambar menjadi hal paling penting dalam pembuatan logo, supaya konsumen tidak salah mengartikan.  Seperti contoh, pemadam kebakaran memiliki logo salju yang memberikan kesejukan dan PMI memiliki warna dasar merah serta putih.

Pada awal penggunaan logo, logo yang dibuat sangat sederhana. Logo yang digunakan adalah bentuk yang tak terucapkan atau Brand Mark serta bentuk terucapkan yaitu Brand Name. Atau logo terdiri dari kedua-duanya, brand mark serta brand name.

Misalnya brand name seperti Panasonic yang tersusun dari kata Panasonic saja. Sedangkan brand mark seperti gambar tiga berlian dalam produk Mitsubishi.

Sedangkan untuk perpaduan brand name dan mark seperti sepeda Thrill dengan tulisan Thrill dan lambang atau gambar T dengan border merah. Atau seperti logo pada rokok Djarum dengan tulisan Djarum serta gambar jarum.

Dengan semakin banyaknya perusahaan serta perkembangan jumlah produk di pasaran maka semakin banyak pula karakteristik dari logo. Banyak jenis logo bermunculan berdasarkan penggolonganya sebagai berikut:

1. Logo Nama

Logo jenis ini menggambarkan ketegasan pesan yang ingin disampaikan dengan pemilihan gaya grafis khusus dan identik. Nama yang diambil merupakan nama perusahaan SONY, Panasonic, TOSHIBA, Nikon dan lain sebagainya.

2. Logo Simbol

Logo ini memiliki gaya tipografis yang memiliki karakter kuat. Biasanya logo ini perpaduan antara nama  perusahaan dengan embed sebagai bingkai. Seperti oval, bulat, kotak, segitiga dan lain sebagainya.

Seperti logo milik Ford, Hertz, Du Pont dan lain sebagainya.

3. Logo Inisial

Logo dengan model inisial dan menggunakan huruf awal dari nama produk atau perusahaan. Jenis logo ini biasanya mengambil nama singkatan dari perusahaan, pemilik, atau gabungan perusahaan. Seperti contoh BCA, RCTI, BRI, BBC dan lain sebagainya.

4. Logo Piktorial

Logo berjenis piktorial menggunakan nama produk atau organisasi sebagai elemen utama. Logo tersebut memiliki gaya yang khusus terhadap pembuatan logo. Seperti, McDonald, Rolls Roycel, Kodak, Coca cola dan lain sebagainya.

Pengguna logo berjenis seperti ini biasanya perusahaan yang sudah memiliki image yang sangat kuat. Maka jika ada yang memalsukan produk mereka, akan tetap mengarah ke produk mereka.

5. Logo Asosiatif

Logo dengan jenis seperti ini tidak menggunakan nama produk, perusahaan atau nama pemilik. Logo jenis asosiatif memiliki gambarnya sendiri yang mudah dipahami. Seperti logo Shell yang berlogokan kerang yang menjadi simbol fosil minyak bumi, logo liga champion yang berbentuk pecahan bola, dan masih banyak lainya.

6. Logo Allusive

Logo allusive merupakan salah satu logo yang sulit dipahami, karena memiliki sifat perumpamaan. Makan dari itu perlu waktu yang sedikit lebih lama untuk mengetahui maksud dari logo berjenis seperti ini.

Contoh, logo indosat yang menyerupai tatanan bangun berbentuk oval yang menggambarkan jaringan jangkauan yang mereka miliki sebagai produsen data seluler, atau logo KFC yang menampilkan gambar orang tua, yang menggambarkan penemu makanan ini.

7. Logo Abstrak

Logo abstrak merupakan logo yang memberikan banyak kesan, dimana logo jenis seperti ini dipengaruhi oleh daya pemahaman konsumen. Seperti logo Citroen yang dikembangkan dengan berbagai variasi sehingga terjadi banyak kemiripan.

Orang akan lebih memilih menggunakan PC atau laptop untuk membuat logo. Karena lebih mempermudah dalam pengerjaannya.

1. Corel Draw

Aplikasi yang satu ini tentunya dikenal dan menjadi primadona bagi banyak pengguna percetakan atau pemula. Aplikasi pembuat logo ini memiliki banyak sekali tools dan sangat praktis yang memudahkan untuk membuat logo. 

Fitur: Banyak tools, hasil grafik vektor sangat bagus, mudah digunakan

Kekurangan: Isu kompatibilitas, tidak bagus untuk manipulasi foto

2. Adobe Photoshop

Jika dibandingkan dengan Corel Draw tools yang ada pada aplikasi ini sangat berbeda dan lebih condong pada manipulasi foto.

Namun bukan tidak bisa digunakan untuk membuat logo seperti desain vektor dan grafis, hanya saja memiliki cara yang berbeda. Seperti contoh kamu dengan aplikasi ini dapat membuat mockup logo.

Fitur: Tools lengkap, efeknya tidak terbatas, hasil sangat berkualitas

Kekurangan: Terlalu banyak layer, user interface terlalu sering berubah

3. Inkscape

Ingin mencari alternatif untuk membuat logo dengan aplikasi gratis. Kamu bisa menggunakan Inkscape. Aplikasi ini biarpun gratis namun memenuhi standar web-desain baik SVG, XML, CSS, bahkan pamflet dan vector juga bisa.

Fitur: mengubah logo dalam bentuk vektor

Kekurangan: Hanya bisa mengekstensi satu jenis file yaitu PNG

4. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan aplikasi terbaik pembuat logo yang ada dipasaran. Banyak sekali yang memilih menggunakan aplikasi karena memiliki keunggulan dalam warna yang memiliki akurasi 95% sama pada layar setelah dicetak.

Fitur: Pixel Grid, perspective grid, fitur lengkap

Kekurangan: Banyak tools yang membingungkan

5. Canva

Bisa dibilang aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi pembuat logo yang paling ringan dibandingkan beberapa aplikasi diatas. Pasalnya aplikasi ini berbasis web-based atau browser application yang bisa dibilang gabungan antara illustrator dan photoshop.

Jadi buat kamu yang memiliki perangkat jadul atau sudah penuh ruang penyimpanannya, kamu tidak perlu khawatir. Aplikasi ini dapat memberikan solusi untuk membuat logo secara online.

Fitur: Template lebih dari 8.000, penyimpanan besar sampai 1 GB, 

Kekurangan: Tidak bisa untuk mengekspor file jika dengan versi gratis

Buat kamu yang gak suka ribet dan memiliki budget terbatas, kamu bisa gunakan aplikasi pembuat logo gratis dari smartphone. Yang bisa kamu unduh dari Play Store.

1. Logo Maker: Design & Create

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin membuat logo yang sederhana namun elegan. Sebelum menggunakan aplikasi ini kamu akan diberi pertanyaan tentang jenis bisnis yang kamu jalankan.

Baru kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan logonya.

Spesifikasi: OS Minimal 5.0 ke atas, ukuran 8.2 MB

Fitur: Memiliki banyak template

Kekurangan: Tools yang tersedia masih simpel dan sederhana

2. Logo Maker Esport Premium

Buat kamu yang memiliki team esport,aplikasi ini layak kamu coba untuk membuat logo tim yang kamu miliki.

Pada aplikasi ini kamu juga dapat memilih template yang bisa kamu gunakan untuk mengkustomisasi dan menggambarkan karakter timu.

Spesifikasi : OS Minimal Android 4.1 keatas

Fitur: Memiliki lebih dari 600 template logo

Kekurangan: Hanya dapat digunakan untuk merancang logo tim esport saja

3. Logo Maker Plus

Aplikasi pembuat logo yang satu ini memiliki ruang kustomisasi seperti artboard, yang mana dapat kamu gunakan untuk menambahkan elemen seperti bentuk, kustomisasi warna, teks, hingga latar belakang atau background.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat thumbnail video youtube, cover facebook, dan head twitter selain dapat digunakan untuk membuat logo. Rekomen deh.

Spesifikasi : OS Minimal 4.2 keatas

Fitur: Tools editor yang sangat fleksibel untuk para profesional | dapat membuat thumbnail video youtube

Kekurangan: Belum mendukung format gambar dan kurang cocok untuk pemula

4. Logo Maker Pro Logo Creator

Logo Maker Pro Logo Creator merupakan aplikasi pembuat logo secara online, yang mana sangat cocok untuk kamu yang memiliki penyimpanan internal kecil.

Aplikasi ini juga memberikan database template yang banyak lho, jadi kamu dapat leluasa memainkanya.

Spesifikasi : OS Minimal Android  5.0 Keatas

Fitur: Memiliki banyak tools profesional yang sangat mudah dioperasikan

Kekurangan: Harus terhubung ke internet

5. Logo Maker 2020

Logo Maker 2020 hadir dengan 5000 template lebih yang dapat kamu gunakan untuk membuat logo mu sendiri. Template yang ditawarkan terbagi dalam beberapa kategori seperti bisnis, alfabet, olahraga, musik, hewan, makanan, dan masih banyak lainya. 

Spesifikasi : Android 5.1 Keatas

Fitur: Memiliki banyak jenis template

Kekurangan: Berbayar

6. Logo Maker- Logo Creator, Generator & Design

Aplikasi yang satu ini memiliki menu mirip seperti photoshop. Dimana kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara profesional seperti kamu menggunakan photoshop dengan berbagai tools yang tersedia.

Spesifikasi : OS Minimal Android 4.2 keatas

Fitur: Menu yang mirip photoshop

Kekurangan: Memiliki watermark setelah logo di export, dan harus dikenakan opsi berbayar jika ingin menghilangkan watermark tersebut.

7. 3D Logo Maker

3D Logo Maker merupakan aplikasi pembuat logo 3D. Dimana dengan aplikasi ini kamu dapat membuat logo 3D yang sangat keren. Aplikasi ini juga menyediakan template logo, teks dan background yang dapat kamu export ke format JPEG dan PNG.

Spesifikasi : OS Minimal Android 4.2 ke atas

Fitur: Memiliki kemampuan merubah gambar dua dimensi menjadi 3 dimensi

Kekurangan: Sering terjadi lag

8. PixelLab

PixelLab merupakan aplikasi pembuat logo yang memiliki basic sangat sederhana. Konsep dasar aplikasi ini merupakan kombinasi foto dan teks. Yang dapat dioperasikan salah satunya, seperti teks saja atau foto saja.

Maka jika menggunakan aplikasi ini memang disarankan hanya membuat logo sederhana dengan menggunakan sebuah teks dengan model teks yang sesuai keinginan. 

Spesifikasi : OS Minimal Android 4.0 Keatas

Fitur: Cukup lengkap,  sesuai dengan kebutuhan dan basik dari aplikasi

Kekurangan: Hanya dapat digunakan untuk membuat logo sederhana

9. InstaLogo-Logo Creator

Dengan menggunakan aplikasi ini,kamu dapat membuat logo secara profesional dengan menggunakan android atau IOS. Selain itu kamu juga dapat membuat poster, selebaran, kartu undangan, brosur , lencana, spanduk hingga monogram.

Selanjutnya kamu juga dapat dengan mudah mengekspor hasilnya melalui email, mengunggah ke cloud atau langsung mencetaknya.

Spesifikasi : OS Minimal Android 4.0 Keatas

Fitur: Tools yang lengkap dengan pengoperasian mudah

Kekurangan: Memiliki beberapa fitur berbayar

10. Design Evo-Logo Maker

Aplikasi pembuat logo yang satu ini menawarkan fokus dan fleksibilitas. Aplikasi ini juga tidak memerlukan ruang penyimpanan pada hp kamu karena merupakan aplikasi editor online.

Spesifikasi : OS Minimal Android 4.0

Fitur: Memiliki lebih dari 10000 template

Kekurangan: Berbayar jika ingin merubah format hasil pengeditan.

Kesimpulan

Membuat logo pada era saat ini sudah diberikan banyak kemudahan, seperti aplikasi pembuatan logo di atas. Bahkan ada yang bisa digunakan di smartphone.

Kamu gak perlu merogoh kocek cukup dalam karena bisa membuatnya sendiri. Apalagi kamu bisa mendesain dengan cepat dan sangat mudah. Yuk coba kreasikan logomu sendiri.

Tapi jangan lupa ya, pastikan logo tersebut memiliki karakteristik yang sesuai dengan bisnis atau perusahaan yang kamu bangun.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar