Aplikasi Belajar Online Gratis. Belajar Jadi Menyenangkan!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata belajar? Semangat? Atau malah balik kanan bubar jalan? Jangan buru-buru kabur dulu ya.

Sekarang ini dunia pendidikan telah berubah image nya lho. Dengan munculnya teknologi internet maka kamu tidak lagi harus belajar secara konvensional.

Bukan lagi melakukan pembelajaran yang membosankan di dalam ruang kelas lagi. Kok bisa sih?

Banyak perusahaan start up pendidikan dan Pemerintah mulai meluncurkan sistem belajar online yang dilengkapi dengan aplikasi belajar online.

Apalagi di tengah virus Covid 19 ini merebak, praktik belajar online mulai ramai digunakan. Baik untuk pengganti pelajaran di sekolah maupun bimbel. Namun seberapa efektifnya sistem ini?

Pembelajaran Online VS Offline

Pada era milenial ini siapa sih yang tidak bisa pisah dari gadget? Anak kecil, muda, tua, wanita, laki-laki pasti punya gadgets.

Untuk anak usia sekolahan pasti lebih memilih bermain smartphone daripada membaca buku? Iya kan? Nampaknya peluang ini tidak disia-siakan untuk membuat terobosan dalam dunia pendidikan.

Bahkan 30% siswa tingkat atas di Amerika Serikat mengikuti kursus atau pelajaran jarak jauh dengan sistem online. Sebenarnya apa perbedaan pembelajaran online dan offline?

Jika kita berbicara pembelajaran offline maka yang kita bahas adalah seseorang yang datang ke sekolah atau tempat kursus, belajar kemudian pulang.

Begitu saja seterusnya. Tentu yang paling jelas didapatkan oleh orang tersebut adalah interaksi langsung dari rekan belajarnya.

Kemudian mendapatkan ilmu dari guru atau mentor yang sedang berbicara. Lebih lagi ada sebuah papan tulis untuk menjelaskan pelajaran agar mudah diterima.

Kalau begitu tidak bisakah platform online menggantikan sistem pembelajaran? Ya tentu saja bisa dong.

Mengapa Harus E-Learning?

Pembelajaran dengan sistem online memang pilihan yang tepat pada era sekarang ini. Namun masih banyak orang yang mempertanyakan efektivitas sistem e-learning ini.

Belajar Sesuai Kapasitas

Setiap siswa akan mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan kapasitas mereka. Setiap siswa pasti memiliki kemampuan daya tangkap pelajaran yang berbeda. Ada yang cepat ada juga yang lambat, masing – masing siswa memiliki kemampuan sendiri.

Waktu Fleksibel

Siswa dapat kapan saja belajar sesuai dengan yang mereka mau. Dan tempat yang digunakan dapat dimana saja dan tidak melulu berdiam didalam ruangan.

Hemat Waktu

Jika berada di sekolah pada umumnya, siswa harus menuju ke sekolah setidaknya selama setengah jam untuk menuju  ke sekolah. Dengan ini siswa cukup berada dirumah untuk memulai pelajaran.

Tidak Merepotkan

Jika belajar di sekolah perlu membawa banyak buku untuk dijadikan media pembelajaran, belajar online hanya perlu satu media seperti laptop atau Handphone saja.

Materi Super Lengkap

Materi yang ditawarkan pun juga super lengkap, pasalnya kamu dapat dengan mudah mengakses materi pembelajaran dari mana saja.

Materi Mudah Di Simpan

Selain mudah mendapatkan materi yang diinginkan, kamu juga dengan mudah menyimpan materi di memory internal peralatan yang kamu gunakan.

Penyajian Materi Lebih Menarik

Jika dibandingkan dengan buku, e-Learning lebih menampilkan visual yang menarik, seperti gambar berwarna, gambar gerak, hingga video yang membuat belajar tidak terasa bosan,

Pelajaran Mudah Dipahami

Jika menggunakan aplikasi belajar online, siswa akan lebih mudah memahami semua penjelasan yang diberikan. Pasalnya jika dirasa belum paham, siswa dapat memutar kembali secara terus menerus hingga paham.

Tidak Membosankan

Belajar online juga bisa juga disambi dengan bermain, mengingat smartphone atau laptop memiliki aplikasi pendukung untuk melakukan hal itu. Ya sambil menunggu loading yang kadang lemot.

Namun kamu tidak boleh kelamaan beramain dari pada belajarnya.

Biaya Efisien

Dalam dunia digital tentunya sangat dimudahkan dari penyimpanan dan media yang digunakan. Dengan belajar online, kamu akan lebih bisa menghemat dalam pembelian buku untuk menulis dan menyimpan materi, atau biaya ongkos perjalanan menuju sekolah.

Kekurangan Sistem E-Learning

Walaupun pada prakteknya e-learning mampu memberikan banyak kemudahan, tak menutup kemungkinan juga memberikan kekurangan.

Tidak Bisa Berinteraksi

Meskipun memberikan kemudahan dalam segala akes, seperti materi, penyimpanan materi atau waktu, namun juga memberikan dampak pada mental dengan mera terisolasi.

Dengan begitu siswa akan melakukan apapun secara sendiri, dan hanya berhubungan dengan guru atau pengajar.

Mengganggu Kesehatan

Yang sangat memungkinkan dari pembelajaran online adalah kesehatan mata. Bahkan bisa juga menyebabkan bentuk postur yang buruk karena terlalu lama duduk dan menghadap komputer.

Alangkah baiknya jika dalam setiap jam pengajaran selalu memperingatkan siswa untuk duduk dalam posisi yang benar dan beristirahat dengan waktu yang cukup.

Perbedaan Waktu

Memang belajar online dapat menyatukan waktu dalam setiap pembelajaran. Namun apa jadinya jika saat pembelajaran berlangsung salah satu siswa berada di waktu dan tempat yang berbeda.

Seperti halnya sedang berada di luar negeri. Hal ini yang menyebabkan kurang efisiennya pembelajaran online.

Boros Kuota Internet

Boleh dibilang pembelajaran online dapat menghemat ongkos perjalanan dan pembelian buku – buku yang digunakan.

Namun di lain sisi, pembelajaran online akan membutuhkan kuota internet yang lebih dari biasanya. Karena internet merupakan hal wajib dimiliki untuk belajar online.

Memori HP Penuh

Jika kamu tidak memiliki cukup memori penyimpanan yang besar, kamu juga akan kewalahan dalam melakukan penyimpanan materi atau data. Dan parahnya jika memori hp penuh, maka akan sangat mempengaruhi kinerja hp itu sendiri. Apesnya jika saat pembelajaran berlangsung hp kamu malah hang.

HP Mudah Lowbat

Hal ini juga pasti akan terjadi biarpun kapasitas batre pada perangkat yang kamu gunakan besar. Penggunaan secara terus menerus ditambah dengan koneksi internet akan membuat batre perangkat kamu mudah habis dan cepat rusak

Kurang Fokus

Menjadi kurang fokus bahkan tidak fokus memang sudah seperti dua belah mata pisau. pasalnya dalam pembelajaran online tidak ada teman yang ada di sekeliling kamu tau guru yang bisa mengamati gerak gerikmu. Bisa saja kamu belajar sambil makan, tiduran, main game, hingga membuat siasat dengan gambar palsu atau memutuskan internet untuk kabr..

Aplikasi Belajar Online

Banyaknya aplikasi belajar online yang dapat kamu pilih sebagai media belajar kamu, seperti dibawah ini

  1. Ruang Guru

Ruang guru memiliki fitur pembelajaran video yang akan memudahkan kamu untuk memahami materi yang disampaikan. 

Selain itu ruang guru juga memberikan pembelajaran streaming online dari jam 08.00-12.00 WIB setiap harinya.

Ruang guru juga memberikan pembelajaran untuk semua tingkatan, dari SD, SMP, dan SMA.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Play Store serta App Store. Dengan biaya langganan per tiga bulan sebesar Rp 337.500 dengan diskon 50% dari harga normal sebesar Rp 675.000 saat ini.

  1. Rumah Belajar

Selanjutnya ada aplikasi belajar online dari Rumah Belajar yang sama seperti ruang guru. Yaitu menyediakan pembelajaran dengan audio, visual, dan dilengkapi dengan elemen – elemen interaktif di dalamnya.

Fitur yang disuguhkan pun juga sangat menarik, seperti Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Peta Budaya.

Dengan fitur yang ditawarkan kamu bisa menikmati fitur tersebut secara gratis.

  1. Quipper

Quipper juga merupakan aplikasi pembelajaran yang rekomen. Dengan menyediakan materi yang cukup lengkap dan mengusung kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. 

Jika kamu ingin berlangganan dan menikmati konten – konten eksklusif yang disediakan oleh Quipper, kamu cukup mengeluarkan biaya mulai dari Rp 90.000 setiap bulanya.

  1. Edmodo

Dengan tampilannya yang baru, aplikasi belajar online Edmodo sekarang dapat menghubungkan langsung antara guru, murid dan orang tua untuk memantau kegiatan belajar.

Fitur yang diusung juga sangat bagus, yaitu berupa pesan langsung antara guru dan siswa secara personal.

Fitur – fitur tersebut dapat kamu nikmati secara grati.

  1. Google Classroom

Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi pembelajaran diatas. Yang mana Google Classroom lebih mirip dengan kuliah online.

Namun dengan begitu, aplikas yang satu ini juga memiliki fitur yang mumpuni seperti mengerjakan tugas, konsultasi, hingga nilai.

Untuk menikmati fitur yang ditawarkan, kamu akan dibebaskan biaya selama 14 hari. Selanjutnya dalam setiap bulan nya kamu dikenakan biaya sebesar Rp 63.000.

  1. Bimbel SMARRT

Bimbel SMARRT merupakan aplikasi pembelajaran online yang hanya menyediakan pelajaran Fisika, Matematika, dan Kimia.

Biarpun hanya menyediakan beberapa mata pelajaran saja, namun aplikasi ini juga menyediakan video interaktif dalam pembahasan soal sederhana, dan kuis untuk berlatih dan gratis tanpa biaya.

  1. KelasKita

Yang terakhir adalah aplikasi belajar kelaskita. Aplikasi yang satu ini terbilang sangat unik dan berbeda dengan aplikasi pembelajaran online lainya. 

Selin memiliki fitur materi pembelajaran yang formal, aplikasi KelasKita juga menyediakan ruang untuk mengasah skill dan keahlian.

Materi yang ditawarkan dalam pelatihan tersebut seperti membuat website, desain grafis dan masih banyak lagi dan gratis tanpa biaya sedikitpun.

Forum Belajar Online

Selain aplikasi belajar online yang kami sebutkan diatas, ternyata masih ada aplikasi forum untuk belajar dan menambah pengetahuan kamu lho. Seperti beberapa aplikasi di bawah ini contohnya:

  1. Brainly

Brainly merupakan aplikasi belajar online atau lebih cenderung ke tanya jawab, dimana didalamnya terdapat anggota dari seluruh penjuru dunia.

Cara kerja aplikasi ini pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mengunggah pertanyaan pada forum dan nantinya akan diberikan jawaban oleh yang mengetahui dengan jelas.

  1. Pahamify

Pahamify merupakan aplikasi yang ditujukan untuk membantu kamu yang ingin lolos UTBK, SBMPTN, Ujian Mandiri, STAN atau yang lainya.

Dengan cara kerja kamu akan diberikan soal – soal untuk menempa diri kamu dan interaksi langsung dengan mengajukan tanya jawab. Selain itu kamu juga dapat berkonsultasi langsung dengan ahli psikologi.

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi belajar online memang cara kreatif dan inovatif dalam belajar. Namun peserta yang ingin menerapkan sistem ini harus memiliki motivasi yang tinggi. Rasa disiplin juga harus ditanamkan.

Banyak peserta yang tidak bisa menyelesaikan seluruh modul belajar yang diberikan karena tidak konsisten.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar