7 Cara Cepat Menarik Audiens Dengan Content Marketing

Dalam era digitalisasi belakangan ini apapun bisa dilakukan secara online. Pernah dengarkan istilah yang lagi booming yaitu online marketing dan content marketing ?

Jika kamu pemilik bisnis ataupun tertarik pada dunia marketing wajib tahu dengan online marketing. Online marketing sangat banyak jenisnya. Salah satunya adalah content marketing.

Jadi apa itu content marketing atau konten marketing? Kenapa konten bisa menjadi strategi online marketing?

Pengertian Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi  pemasaran online yang menggunakan berbagai jenis konten. Namun tidak sembarangan konten bisa dijadikan sarana promosi.

Marketing ini sering disebut sebagai marketing yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan produk, jasa atau pengenalan brand. 

Karena sebuah konten sangat penting dalam pemasaran online. Sebuah sarana pemasaran tidak memiliki fungsi apapun tanpa adanya konten. Baik itu website, blog, sosmed marketing ataupun usaha SEO.

Bayangkan saja, apa manfaat yang kamu dapat jika kamu membuat akun bisnis pada Facebook atau Instagram tanpa merlis konten. Mungkin saja orang-orang menemukan web atau sosmed marketing mu, tapi tidak ada info yang didapatkan.

Elemen Penting Content Marketing

Dalam dunia marketing jangan sembarangan menggunakan konten ya. Konten yang bisa digunakan adalah konten yang isinya relevan, memuat info penting serta konsisten dengan produk atau brand yang dipromosikan.

Relevan

Jika kamu memiliki bisnis pada bidang fashion maka kamu bisa membuat konten yang berhubungan dengan fashion. Contohnya buatlah konten tentang cara mix dan match outfit kondangan atau outfit kantor.

Penting

Ternyata membuat konten yang relevan tidak cukup. Kamu harus tahu apakah konten yang kamu buat tersebut penting untuk diketahui oleh target konsumen atau tidak.

Konsisten

Setelah membuat satu konten saja ternyata tidak cukup untuk menarik perhatian calon konsumen. Buatlah calon konsumen penasaran dan ingin tahu apa saja konten yang akan kamu bagikan. Jangan lupa berikan unsur edukasi pada konten yang kamu buat ya.

Seberapa Efektif Content Marketing?

Konten marketing adalah teknik pemasaran yang sudah ada sejak lama namun baru booming di Indonesia belum terlalu lama. Lalu apakah efektif?

Jika dahulu orang-orang melihat iklan lalu tertarik untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan dengan mudah saja. Kini iklan tidak bisa dikatakan strategi yang efektif.

Masyarakat sudah biasa dan kebal dengan pengaruh promosi atau iklan. Jadi dengan melihat iklan Offline dan online sudah tidak memberikan dampak yang begitu besar untuk menarik minat masyarakat.

Namun bukannya iklan gak ada fungsinya, iklan tersebut berguna untuk mendistribusikan konten yang bermanfaat. Jadi seberapa efektif konten marketing?

Promosi Jangka Panjang

Kenapa bisa menjadi promosi jangka panjang ? Ya promosi yang kamu lakukan melalui konten-konten tersebut akan bertahan sangat lama hingga bertahun – tahun selama konten yang kamu buat itu masih relevan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembaharuan konten untuk menyesuaikan dengan apa yang sedang booming saat ini.

Menaikkan Brand Awarenes

Membangun konten sama seperti halnya memberikan sebuah bahan untuk dibicarakan oleh audiens. Dengan begitu secara otomatis brand yang kamu miliki akan semakin tersebar luas informasinya.

Meningkatkan SEO

Membuat konten yang bagus merupakan salah satu cara untuk memiliki SEO yang bagus. Dengan begitu konten yang kamu miliki akan banyak direferensikan oleh audiens. Jika semua itu berjalan, maka pihak google akan menilai bahwa konten kamu penting dan bisa dipercaya.

Karena jika google sudah menetapkan bahwa konten kamu baik, maka merupakan keuntungan buat kamu. Karena google akan sering melakukan rujukan ke konten yang kamu miliki.

Memperluas Jangkaun Pemasaran

Luasnya jaringan media sosial memang bisa dijadikan strategi untuk membuat koneksi baru yang lebih luas. Dengan begitu kamu bisa bergabung dengan pelanggan di media sosial untuk menulis guest post setelah mengunggah konten yang kamu miliki.

Dengan menggunakan strategi seperti itu, kamu bisa mendapatkan nama di dunia bisnis online yang sedang kamu geluti.

Tidak perlu membuang waktu untuk melakukan spam konten, cukup dengan konten yang bernilai kamu akan berada pada posisi ini. Karena jika konten kamu memiliki nilai, pasti akan diunggah ulang dan dibagikan.

Meraih Kepercayaan

Mendapatkan kepercayaan pelanggan bukan lah hal yang mudah, apalagi untuk pelaku bisnis yang baru masuk dunia bisnis. Kamu perlu membangun kepercayaan terhadap pelanggan dengan salah satu cara melalui konten marketing.

Dengan adanya konten marketing, kamu dapat meyakinkan konsumen dengan memberikan konten – konten yang berkualitas dan terpercaya. Dan buatlah keyword yang mudah ditemukan dalam mesin pencarian supaya konten kamu selalu direkomendasikan oleh mesin pencarian.

Menaikkan Tingkat Kunjungan Media Promosi

Membuat konten yang unik pastinya akan membuat penasaran konsumen. Dengan begitu website yang kamu miliki akan diserbu oleh konsumen yang penasaran. 

Dengan adanya konten marketing, trafik merupakan salah satu hal penting. Sebagaimana semakin tinggi trafik semakin tinggi pula konsumen yang dapat kamu saring.

Meningkatkan Pelanggan

Seperti yang kita bahas sebelumnya, trafik memang bisa didatangkan dengan konten marketing. Namun dalam hal ini konsumen yang datang masih dengan status pengunjung.

Dengan meningkatkan pengunjung, pengunjung yang datang akan berubah statusnya menjadi pelanggan.

Content Marketing Berbentuk Apa Saja?

Sudahkah kamu memutuskan bentuk konten yang akan kamu buat? Ada beberapa bentuk konten yang bisa kamu gunakan. Bentuk konten yang paling populer adalah:

Infografik

Banyak keluhan dari informasi yang disajikan dengan kalimat yang sangat panjang dan sulit dipahami. Infografik menjadi solusi yang sering digunakan oleh media.

Dengan adanya infografik, informasi yang berbentuk rumit menjadi mudah untuk dipahami. Infografik juga memiliki kelebihan bagaimana memadukan gambar dan tulisan menjadi jelas dan singkat.

Contohnya pada perusahaan penyedia jasa travel dengan membuat infografik bisa menarik minat audiens. Berikan info lama perjalanan, biaya perjalanan dengan berbagai jenis kendaraan, biaya tiket tempat rekreasi serta biaya penginapan.

Info tersebut sangat dibutuhkan oleh audien yang ingin bertamasya. Mereka akan kembali pada mu karena mereka merasa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Website

Website bisa menjadi solusi yang efektif saat kamu belum memiliki konten. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan website untuk membuat artikel yang sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan.

Untuk membuat artikel kamu juga harus memperhatikan hal – hal yang dapat mempengaruhi kenyamanan pembaca, seperti SEO, yang dapat menarik traffic ke website mu.

Perhatikan juga kenyamanan saat website mu diakses melalui smartphone, seperti gambar dalam bentuk potrait.

Podcast

Memanfaatkan tren yang sedang booming memang mungkin efektif dalam melakukan promosi, seperti podcast yang saat ini sedang banyak digandrungi di Indonesia. 

Banyak konten kreator yang menjadikan podcast untuk membangun brand awareness. Dengan topik yang bisa ditentukan sesuai dengan target pasar.

Podcast merupakan tempat yang sangat bagus untuk menggantikan radio yang hanya bisa mendengarkan suara. Hadirnya podcast memberikan sajian berbeda yang bisa dinikmati dan melihat langsung siapa penyiarnya.

Jika dilakukan untuk membuat marketing campaign tentunya sangat pas, karena kamu bisa bekerja sama dengan influencer di situ.

Buku/ E-book

E-Book sangat tepat digunakan pada konten yang memiliki ukuran lebih panjang sebuah artikel. Kamu bisa menggunakan e-book dengan sedikit ide cerdik seperti memberikan persyaratan pada setiap kali pengunduhan e-book dengan mengharuskan memasukkan email.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan leads, setelah kamu mendapatkan leads, kamu dapat merubahnya menjadi konsumen di masa yang akan datang.

Video

Video bisa dibilang menjadi sarana yang sangat mungkin untuk membuat konten marketing. Pasalnya orang akan lebih suka melihat video daripada membaca. Dengan begitu banyak waktu yang akan dihabiskan oleh audiens pada blog yang kamu miliki.

Tentu saja, semakin lama waktu yang digunakan berada dalam blog atau melihat video kamu sangat baik bagi kemajuan bisnis, karena Google akan lebih memberikan nilai.

Sosmed

Sosial media juga tidak bisa lepas dari konten marketing. Luasnya jaringan yang dimiliki terkadang membuat para pelaku usaha saling perang harga karena produk yang mereka juga sama.

Dengan begitu, kamu harus lebih pintar dalam menggunakan media sosial untuk mengunggah konten. Konten yang bernilai merupakan konten yang sangat mungkin untuk mendapatkan perhatian audiens.

Email

Mungkin masih kalah populer dibandingkan dengan instagram, namun email memiliki efektifitas yang cukup tinggi dalam urusan marketing. Konten yang ada dalam email pun seperti promosi, newsletter hingga promosi e-book.

Jenis Konten Lainnya

Jika kamu ingin membuat konten lebih banyak lagi gunakanlah jenis konten di bawah ini agar bisa menarik perhatian audiens.

  • Content Curation
  • Case studies
  • Chart
  • Ilustrasi
  • Review buku/ produk
  • Giveaways
  • FAQs
  • Webinar
  • Kamus
  • Meme
  • Mind Maps
  • Game Online
  • Presentasi
  • Kuis
  • Quote
  • Timelines

Kemampuan Dalam Content Marketing

Bergelut dalam dunia content marketing ternyata tidak semudah yang dibayangkan ya. Kamu pun harus memiliki kemampuan khusus untuk menjadi content creator yang sukses.

Komunikatif

Komunikasi merupakan salah satu syarat untuk melakukan marketing. Hal ini digunakan dalam urusan negosiasi, maka diperlukan skill yang baik untuk menarik para pelanggan.

Kemampuan menulis yang baik

Konten marketing juga dapat berupa artikel, status pada media sosial, atau naskah video. Jadi alangkah baiknya jika kamu lebih bisa beradaptasi untuk menulis dan melakukan gaya yang disesuaikan dengan target.

Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Serta gunakan analogi untuk mempermudah pemahaman.

Kemampuan narasi yang baik

Kemampuan menulis juga harus dibareng denga kemapuan narasi atau bercerita dengan baik. Hal ini untuk membuat audiens menikmati apa yang sedang kamu sampaikan.

Apalgi jika kamu membuat konten dengan bentuk video atau podcast. Dari situ akan terlihat seberapa bagus kamu memandu acara agar tidak keluar dari topik pembahasan. Dan juga dibutuhkan tingkat interaktif yang tinggi.

Up To Date

Mungkin tidak semua orang memiliki kemampuan yang satu ini, mau belajar juga belum tentu bisa. Namun jika kamu memiliki bakat ini kamu bisa membuat konten dengan podcast yang pastinya akan lebih menarik untuk mendapatkan konsumen yang banyak.

Strategi Content Marketing

Membuat konten pemasaran bisa membantu para pebisnis untuk menyiapakan rencana dalam pemerolehan trafik, leads serta pembelian secara efektif. Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat strategi pemasaran yang efektif.

Menentukan Tujuan Marketing

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan marketing yang akan kamu targetkan. Sebagaimana untuk menjadi dasar menentukan strategi selanjutnya.

Apakah untuk memperkenalkan brand baru, menaikkan traffic atau menaikkan penjualan?

Menentukan target marketing

Untuk menyukseskan strategi, kamu  juga perlu memiliki target pasar yang tepat. Jika kamu masih belum paham atau masih baru dalam ini, dengan mengetahui target kamu dapat membuat konten yang relevan dan menarik, supaya penonton dapat memiliki keputusan untuk membeli.

Jika sebagai pemain lama, tentunya target bisa saja selalu berubah, dengan begitu kamu dapat memilih untuk mempertahankan pelanggan lama dengan memperluas jaringan, atau mencari pelanggan baru. 

Melakukan research dapat menentukan strategi selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk meraih target yang kamu inginkan. 

Gunakan CMS

CMS merupakan sebuah aplikasi komputer yang dapat mendukung dan modifikasi konten. Didalamnya juga harus ada beberapa fitur seperti konten kreator, konten publikasi dan analisis konten.

Buat konten yang menarik

Mungkin banyak yang mengalami kebingungan dalam membuat konten selanjutnya dan selanjutnya. Seperti menentukan topik, menentukan tema dan lain sebagainya.

Contohnya saja konten marketing yang dibuat oleh Coca Cola dengan ide yang sederhana namun menarik. Content yang dibuat bertema Share A Coke.

Dimana Coca Cola mencetak nama-nama orang yang ada pada kemasan maupun tutupnya. Inilah cara untuk membangun hubungan personal dengan para pelanggannya.

Coca Cola berharap dengan ide ini mereka bisa membagikan minumanya kepada orang-orang yang namanya ada pada kemasannya tersebut. Selain bisa membangun kedekatan, Coca cola juga bisa menaikkan penjualan dengan cara yang unik, menarik dan simpel.

Dalam membuat konten, terdapat beberapa tool yang dapat kamu gunakan untuk membantumu mendapatkan ide, seperti tools yang dapat kamu temukan di What To Write, Feedly, BuzzSumo, Content Forest dan Blog Post Headline Analyzer.

Pilih jenis konten marketing

Menentukan konten memang tidak bisa sembarangan, karena bisa saja malah mendatangkan kerugian. Tentukan terlebih dahulu topik apa yang akan kamu usung dalam pembuatan konten.

Selanjutnya buatlah konten yang tepat dengan target pasar yang kamu miliki. Buatlah konten sebaik mungkin dan relevan supaya memiliki nilai dan orang mudah untuk berbagi konten yang kamu miliki.

Mengelola konten

Dengan mengelola konten dan mencatat semua aktivitas pemasaran konten kamu. Disitu kamu dapat melihat rincian hasil yang sesungguhnya untuk mengukur kesuksesan yang kamu raih.

Selain itu, kamu juga akan terbantu dalam mengaudit dan membuat konten selanjutnya setelah mengelola konten yang sudah ada.

Melakukan evaluasi konten

Jika kamu sudah membuat sebuah konten dan mengunggahnya, kamu juga dapat mereviewnya sebagai evaluasi. Dan mengetahui apakah conversion rate sudah terpenuhi.

Alat ini untuk melihat apakah konten yang buat dapat meningkatkan traffic website dan brand awareness. Dari situlah kamu bisa mempertimbangkan strategi yang akan kamu lakukan selanjutnya.

Kesimpulan

Yang namanya pemasaran atau marketing itu tidak mudah ya. Kamu membutuhkan waktu dan tidak boleh tergesa-gesa dalam menentukan strategi content marketing yang baik.

Ciptakan konten yang berisi cara untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh calon pelanggan mu. Karena dengan strategi yang tepat bisa berdampak panjang terhadap ketertarikan audiens sehinga memunculkan keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Lebih baik membuat strategi pemasaran bersama tim. Karena membuat ide yang kreatif itu tidak mudah. Dengan kerja tim, kamu bisa saling melengkapi.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar