17+ Pekerjaan yang Menghasilkan Uang di Rumah, Tanpa Modal

Dari tahun ke tahun semakin banyak orang yang memutuskan untuk bekerja dari rumah. Keputusan itu diambil karena dianggap memiliki banyak manfaat.

Apalagi untuk ibu rumah tangga, mama muda serta mahasiswa . Orientasi sebagian orang mungkin hanya untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Tapi nyatanya banyak juga pekerjaan yang bisa memberikan banyak pemasukan jika digeluti secara serius. Apa saja pekerjaan yang menghasilkan uang di rumah? Apa enak kerja dari rumah?

Sisi Positif Dan Negatif Bekerja Di Rumah

Bekerja di rumah itu bisa menjadi bos buat dirinya sendiri. Bisa mulai kerja kapan saja dan dimana saja dan dapat kamu sesuaikan dengan jadwal pekerjaan rumah.

Itulah yang kamu bayangkan jika memutuskan untuk mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah kan?

Kehidupan seorang pekerja yang bekerja dari rumah memang terlihat mengasyikan ya. Tidak heran jika mulai banyak orang yang ingin work from home atau WFH.

Sebelum memilih karir tersebut, tidak ada salahnya jika kamu melihat sisi positif serta negatifnya terlebih dahulu ya. Hal ini bisa digunakan untuk memantapkan hatimu.

Penghasilan

Sisi Positif:

Saat memilih untuk bekerja di rumah, penghasilan yang kamu dapatkan bisa kamu tentukan sendiri besarannya. Karena itulah saat ini banyak yang memilih menjadi freelancer. 

Freelancer bebas berdiskusi tentang gaji yang ingin mereka dapatkan untuk mengoptimalkan pendapatan. Penerimaan gaji juga dapat kapan saja, karena dengan prinsipnya semakin cepat pekerjaan selesai semakin cepat gajian.

Sisi negatif:

Jika dilihat dari kestabilan gaji, freelancer cenderung tidak pasti. Berbeda dengan pekerja kantoran yang setiap bulanya pasti mendapatkan gaji.

Jika freelancer tergantung dengan kemampuan mereka dan nilai proyek yang mereka kerjakan.

Waktu bekerja

Sisi Positif:

Menjadi freelancer memang memiliki kelebihan dalam jam kerja yang sangat fleksibel. Bisa kamu mulai kapan saja dan dimana saja. 

Selain itu kamu juga tidak harus bekerja mengikuti jam perkantoran. Tinggal seberapa pintar kamu mengelola waktu, Jika manajemen waktumu baik, maka kamu akan memiliki banyak waktu untuk bersama keluarga. 

Sisi negatif:

Biarpun waktu kerja dapat ditentukan sendiri, namun memiliki manajemen waktu yang baik sangatlah penting. Jika tidak memiliki skill, tanggung jawab dan manajemen waktu yang baik, maka dapat menjadi resiko buat karir mu sendiri. 

Perlunya manajemen waktu memang sudah selayaknya seorang profesional biarpun bekerja di rumah.

Fasilitas

Sisi Positif:

Fasilitas seorang freelancer bisa mereka tentukan sendiri. Jika dikantor fasilitas sudah ditentukan dan bahkan mungkin tidak cocok dengan karyawan, maka freelancer dapat sesuka hati memilih fasilitas yang dimau.

Sisi Negatif:

Freelancer harus mengeluarkan biaya sendiri jika mereka ingin mendapatkan fasilitas yang mereka mau, atau pendukung pekerjaan mereka.

Bos

Sisi Positif:

Menjadi bos untuk diri sendiri memang mungkin untuk seorang freelancer. Tidak perlu mendengarkan ceramah bos seperti di kantor, kamu bebas membuat sistem dan cara kerja mu sendir, bebas menentukan gaji, fasilitas yang kamu mau dan sebagainya.

Sisi Negatif:

Di kantor seorang bos dapat menjadi pengendali dan alarm buat karyawan. Sangat merugikan jika tidak dapat mengendalikan diri sendiri saat menghadapi rasa malas, jenuh, tidak disiplin dan sebagainya.

Faktor keamanan

Sisi Positif:

Saat freelancer memiliki kontrak proyek dalam jangka waktu yang lama, mereka akan tetap mendapatkan gaji yang sudah mereka sepakati.

Dengan jangka waktu lama tersebut seorang freelancer tidak perlu memikirkan hari – hari kedepannya selama kontrak kerja masih berjalan untuk mendapatkan penghasilan.

Sisi Negatif:

Dalam hal ini seorang freelancer memang kurang aman dalam penghasilan. Jika kontrak kerja mereka selesai, maka mereka harus mencari lagi proyek yang baru agar tetap mendapat penghasilan.

Berbeda dengan karyawan kantor yang biasanya mendapatkan kontrak kerja selama 1 hingga 2 tahun, dengan begitu mereka tidak perlu memikirkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang.

Jenis Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang Di Rumah

Banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari rumah. Mayoritas pekerjaan dari rumah tersebut adalah berstatus freelance, part time ataupun kontrak.

1. Freelance Writer

Seorang freelancer juga diberkahi bekerja dengan hobi yang mereka sukai. Seperti halnya menulis. Jenis pekerjaan ini bisa dikerjakan baik untuk mahasiswa maupun ibu rumah tangga.

Biasanya kamu akan diberikan proyek oleh client kamu. Dan jika kamu memiliki tulisan yang berkualitas, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan kontrak kerja jangka panjang dan gaji yang sangat besar.

2. Blogger

Menjadi seorang blogger bisa kok kamu kerjakan dari rumah. Karena pekerjaan mereka juga tidak jauh berbeda dengan penulis lepas seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika kamu memiliki pengolahan kata yang baik dan memiliki ide – ide kreatif dalam menulis, tidak ada salahnya kamu terjun dalam bidang ini. Jika sudah terbiasa juga pasti tulisan yang kamu buat akan semakin berkualitas.

Nah saat itu juga pasti banyak proyek yang sudah menunggu untuk kamu kerjakan dari klien kamu. 

3. Programmer

Pekerjaan yang ini juga sangat bisa untuk dikerjakan dirumah. Pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan kantor untuk bekerja. Bahkan pada era internet seperti saat ini menjadi berkah tersendiri bagi kamu yang ahli dalam bidang bahasa pemrograman.

Pekerjaan ini selain dapat kamu kerjakan di rumah juga sangat mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang besar. 

4. Desainer Grafis

Menjadi seorang desain grafis atau memiliki keahlian dibidang ini sangat memungkinkan juga untuk mendapatkan gaji yang besar.

Pasalnya sebuah usaha harus memiliki logo. Karena logo merupakan salah satu hal perlu supaya mudah diingat konsumen.

Banyak perusahaan yang tidak mampu mempertahankan karyawan dalam keahlian yang satu untuk bekerja full time. Dan ini adalah jalan buat kamu yang memiliki keahlian dalam bidang ini.

5. Translator

Pekerjaan yang satu ini juga tidak mengharuskan kamu setiap hari ke kantor. Bahkan kamu dapat mengerjakanya dimana aja. 

Memiliki kemampuan dalam bahasa asing dapat kamu manfaatkan pada pekerjaan ini. Biasanya kamu diminta menerjemahkan konten, blog, jurnal, judul film, hingga dialog film.

Ini pekerjaan yang cocok untuk para mahasiswa. Biarpun hanya menerjemahkan, namun jika penerjemahan mu bagus, kamu juga akan mendapatkan gaji yang besar lho.

6. Transcriber

Jika kamu ingin mencari pekerjaan dan merasa belum memiliki cukup pengalaman. Pekerjaan ini sekiranya cocok untuk kamu. 

Pekerjaan ini pada dasarnya hanya membutuhkan kemampuan dalam pendengaran dan mengetik. Selain itu pekerjaan ini juga sangat fleksibel dan hanya menulis ulang percakapan.

Yang perlu kamu miliki dalam pekerjaan ini hanyalah keyboard dan komputer atau laptop untuk bekerja.

7. Pengisi survey

Jika kamu ingin mencari tambahan penghasilan tambahan maka menjadi pengisi survey menjadi ide yang bagus. Namun bukan solusi untuk pengganti pekerjaan utama.

Melihat maraknya situs survey diluar sana kamu dapat memilih penelitian yang pas untuk kamu kerjakan.

8. Website tester

Memiliki pandangan perfeksionis dalam kedetailan dan hobi bermain internet, kamu dapat menerima gaji dari pekerjaan ini.

Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk mengawasi dan menguji situs web yang baru diluncurkan, dan melihat seluruh detail untuk memastikan semua berjalan lancar. 

Gaji yang kamu terima terbilang lumayan besar, dan diberikan setiap peluncuran satu situs yang harus kamu uji.

9. Customer service representative

Pekerjaan yang satu ini sebenarnya tersedia full time dan freelance. Banyak perusahaan yang memiliki karyawan yang berstatus tetap dalam pekerjaan ini.

Namun tidak sedikit yang bekerja freelance dalam pekerjaan ini. Bahkan ada juga yang sampai memiliki porsi yang sama dengan pekerja kantor. Seperti mengisi posisi karyawan kantor yang cuti tahunan atau cuti melahirkan.

10. Tutor online

Memiliki latar belakang pendidikan seorang guru dan masih menjadi guru honorer. Pekerjaan ini cocok sekali untuk kamu jadikan tambahan penghasilan.

Kamu bisa menentukan jam kerja kamu sendiri dengan melakukan konferensi video tanpa harus mendatangi anak didik mu. Gaji yang diterima biasanya ditentukan dengan kesepakatan setiap kali pertemuan.

11. Gamer

Tak jarang banyak orang yang berpikirkan main game itu hanya membuang waktu. Mungkin itu dulu.

Pada zaman internet seperti saat ini bermain game dapat memberikan penghasilan yang besar. Game online saat ini memang memiliki keistimewaan dalam interaksi jarak jauh yang dilakukan secara online.

Cocok sekali untuk  menyalurkan hobi namun menghasilkan uang yang lumayan besar.

12. Web Search Evaluator

Pekerjaan yang satu ini juga memiliki penghasilan yang lumayan lho, dimana kamu hanya melakukan analisis hasil pencarian. Hal ini dibutuhkan oleh mesin pencarian seperti Google, Yandex dan yang lainya untuk supaya lebih akurat.

Rata – rata pekerjaan ini diberikan bayaran setiap jam oleh klien yang meminta mu mengerjakannya.

13. Catering Online

Buat kamu yang memiliki hobi memasak dan ingin menjajakan masakan mu namun tidak memiliki tempat atau toko,  pekerjan ini solusinya. Ibu rumah tangga atau yang suka memasak bisa menggeluti pekerjaan ini.

Kamu dapat mengiklankan catering yang kamu miliki dengan kesepakatan harga dan pengiriman. Berbicara gaji, kamu lah yang menentukan besarnya pendapatan yang kamu mau.

14. Reseller

Menjadi reseller online juga memberikan penghasilan yang cukup lumayan lho. Bekerja sesuai waktu yang kamu inginkan dan dapat kamu kerjakan dimana saja.

Menjadi reseller online juga tidak memerlukan keahlian dalam berdagang, tinggal memasarkan produk dan menunggu pembeli kadang diperlukan untuk merespon konsumen yang bertanya,

15. Make Up Artist

Salah satu profesi yang datang dari hobi dan kamu bisa mengerjakannya di rumah menjadi makeup artis dapat kamu jadikan pilihan. Dengan mengikuti les atau memang sudah berbakat kamu tinggal membuka jasa saja di rumah.

Jam kerja yang fleksibel di rumah juga bisa menghasilkan, bahkan ada yang hanya bekerja pada hari sabtu dan minggu saja, seperti merias pengantin, wisuda, tunangan, atau lainya. Gaji yang diterima terbilang besar biarpun bekerja dalam waktu singkat.

Selain itu banyak pula pekerjaan yang menghasilkan uang hanya bermodalkan internet saja.

16. Social Media Specialist

Jika kamu suka berinteraksi dan bermain medsos inilah saatnya menjadi social media specialist. Pekerjaan ini bisa dikerjakan oleh mahasiswa atau siapapun dari rumah dan bermodal smartphone saja.

Hal yang harus kamu lakukan adalah mengelola akun serta membuat konten yang menarik. Lalu kamu juga bertindak sebagai admin online yang memberikan pelayanan terhadap calon konsumen.

17. Ilustrator

Bagi kamu pecinta seni dan suka menggambar bisa jadi illustrator. Namun kamu juga harus kreatif sehingga bisa menuangkan suatu ide atau pemikiran ke dalam bentuk gambar.

Banyak perusahaan yang membutuhkan ilustrator seperti perusahaan komik, buku. Penghasilan yang didapat juga bervariasi mulai dari Rp 50.000,00.

Cara Fokus Bekerja Dari Rumah

Meskipun kamu bekerja dari rumah yang notabene bisa dikerjakan kapan saja, kamu harus menghindari bermalas-malasan. Lakukan beberapa hal-hal sederhana berikut ini namun tetap konsisten untuk menjaga produktivitas WFH.

Jaga Kedisiplinan

Biarpun bekerja di rumah, namun kamu harus disiplin waktu, kamu harus bisa memanajemen waktu mu dengan baik. Kurangi bermain sosmed, karena di rumah memang sangat mendukung untuk bermalas – malasan.

Minta Keluarga untuk Mendukung

Terkadang keluarga menjadi kendala saat kamu melakukan pekerjaan di rumah. Apalagi jika dirumah banyak penghuninya.

Cobalah terbuka dan ceritakan pekerjaan kamu, dan mintalah pengertian untuk beberapa jam yang sesuai dengan waktumu bekerja. 

Buat Skala Prioritas Pekerjaan

Jika memutuskan untuk bekerja di rumah, kamu harus mengatur jadwal yang harus utamakan terlebih dahulu. Pasalnya saat kamu bekerja dirumah kamu juga pasti punya pekerjaan rumah yang harus kamu selesaikan.

Menjaga pola makan dan hidup sehat

Meskipun tidak mengharuskan bangun pagi dan berangkat ke kantor, namun kamu juga harus bangun pagi, setidaknya untuk berolahraga dan sarapan supaya memiliki tenaga yang cukup. 

Membuat ruang kerja yang nyaman

Ruang kerja memang menjadi faktor penting dalam menunjang produktivitas. Biarpun di rumah kamu harus menciptakan ruang kerja yang nyaman. Bahkan kamu memiliki kebebasan untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman jika bekerja di rumah.

Menjaga mood dengan bangun pagi

Mood memang terkadang mempengaruhi produktivitas orang. Ciptakan mood yang bagus sedari bangun tidur dengan cara – cara yang kamu sukai. Dengan terbentuknya mood yang bagus, produktivitas pasti meningkat.

Menjaga Tubuh Tetap Fit Di Rumah

Bekerja dari rumah memang enak ya? Tapi kamu akan jarang menghabiskan waktu untuk keluar rumah.

Mungkin kamu hanya berjalan dari kamar mu menuju ruang kerjamu di rumah. Kemudian duduk berjam-jam untuk bekerja. Bisa jadi badanmu kaku dan pegal-pegal.

Bagi sebagian orang, akan mengalami banyak gangguan kesehatan seperti nyeri punggung, sakit kepala, kesemutan dan lain-lain. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kamu bisa nih terapkan beberapa gerakan simpel untuk meregangkan otot.

Bahkan cara ini bisa kamu lakukan dengan posisi masih duduk. Simple bukan?

Menggerakkan Kepala

Biasanya jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah adalah pekerjaan online yang membutuhkan kamu mengoperasikan PC, laptop atau smartphone. Maka dari itu mungkin saja kamu merasa kelelahan karena menatap layar pada waktu yang lama.

Untuk meringankan sakit kepala kamu bisa menggerakkan kepala ke atas, bawah, kanan, kiri dan gerakan memutar. Masing-masing gerakan bisa kamu lakukan selama 10 detik.

Menarik Lengan 

Jika terasa kram pada tangan kamu bisa mengatasinya dengan cara menariknya ke belakang. Lakukan gerakan ini selama 30 detik dan kembalikan  posisi tangan seperti semula.

Memutarkan Punggung

Duduk dengan jangka waktu yang lama biasanya akan menurunkan mobilitas tulang belakang. Cukup atasi dengan gerakan memutarkan punggung ke depan, belakang, kanan dan kiri selama 30 detik.

Angkatlah satu kaki

Selain punggung, bagian pinggul dan kaki juga biasanya mengalami ketegangan. Cara mengatasinya dengan menyilangkan kaki kanan ke atas kaki kiri selama 30 detik. Lakukanlah hal yang sama pada kaki yang satunya.

Kesimpulan

Banyak bukan pekerjaan yang menghasilkan uang dari rumah? Kamu tinggal memilih jenis pekerjaan yang kamu sukai dan sesuai dengan keahlianmu.

Kunci keberhasilan bekerja dari rumah adalah komitmen yang tinggi serta disiplin. Dengan begitu kamu akan bersemangat dalam menjalankan pekerjaan, apapun itu.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar