Serba Serbi Lengkap Digital Marketing, Pemula Wajib Tahu!

Digital Marketing

Apakah kamu penasaran dengan istilah yang sedang trend saat ini, digital marketing?

Istilah yang baru booming seiring tingginya penggunaan internet ini memang sedang mencuri perhatian banyak orang. Terutama mereka yang ingin membangun bisnis yang sukses.

Lantas, apa sih hubungannya dengan kesuksesan bisnis? Bagaimana konsep digital marketing dan apa manfaatnya bagi owener bisnis?

Adakah perbedaan konsep digital marketing dengan marketing konvesional? Lantas seperti apa strateginya?

Beruntung sekali kamu datang di situs ini, kami segenap tim Panuwun dengan senang hati akan share info mengenai topik tersebut.

Di artikel digital marketing berikut, akan dibahas tuntas selengkapnya dari A sampai Z. Yuk disimak yuk!

Apa sih Digital Marketing?

Dari bahasanya mungkin sudah bisa mengira kan ya? Istilah ini tentunya mengacu pada bidang pemasaran yaitu marketing.

Namun, ada yang baru di sini. Yaitu korelasinya dengan internet yang bisa direpresentasikan pada kata digital.

Jadi, digital marketing adalah apapun bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan media elektronik maupun digital.

Kunci utama aktivitas pemasaran ini adalah internet. Serta didukung dengan perangkat teknologi lain seperti komputer, laptop, telepon seluler, dll.

Apa tujuannya? Tentu untuk menarik target customer sebanyak mungkin dengan cara yang lebih tepat, efisien dan relevan dengan kondisi sekarang.

Media dan strategi digital campaign mengkombinasikan teknologi dan ilmu psikologi pasar. Konsep digital marketing adalah menggunakan media online untuk promosi produk atau jasa.

Tentu hal ini sangat berbeda dengan marketing konvensional yang hanya menggunakan printed campaign seperti baliho atau poster sebagai media pemasarannya.

Digital Marketing Itu Seperti Apa?

Jadi digital marketing ini sama saja dengan teknik pemasaran via internet, lantas apa saja jenis digital marketing?

Apakah iklan SMS termasuk salah satu contohnya? Atau seperti iklan yang bersliweran di Youtube dan Instagram?

Secara umum, pemasaran digital dikategorikan ke dalam 7 jenis, yakni sebagai berikut:

1. SMM / Social Media Marketing

Contoh digital marketing ini adalah pemasaran yang dilakukan melalui platform media sosial. Misalnya:

Melalui platform ini, kamu sangat bergantung pada followers media sosial karena mereka adalah audiens mu.

Sehingga upayakan untuk mengelola followersmu untuk menjadi pelanggan produk mu nantinya.

Bagaimana cara SMM bekerja? Caranya ada 2 yaitu:

  1. Memasang iklan berbayar di sosial media. Hal ini bisa dilakukan dengan cara segmentasi audiens berdasarkan usia, interest, lokasi, dll.
  2. Memanfaatkan konten untuk meningkatkan jumlah followers/ atau disebut juga content marketing. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan serta mempertahankan followers secara organik.

2. Email Marketing

Seperti namanya, Email Marketing adalah strategi marketing dengan menggunakan email. Bisa dibilang cara ini cukup kuno, namun masih saja digunakan saat ini karena dirasa masih cukup efektif.

Email Marketing dilakukan dengan cara mengirimkan email yang berisikan beragam jenis content marketing. Ada yang berupa promosi barang dan jasa, profil perusahaan, dan masih banyak lagi.

3. Content Marketing

Strategi digital campaign yang satu ini merujuk pada seni pembuatan serta pendistibusian konten untuk promosi.

Konten yang dibuat bermacam-macam, bisa video, foto, email, dan lain lain. Tentunya konten harus yang menarik dan relevan bagi para audiens atau target pasar kamu.

Kunci utama promosi via content marketing adalah teratur dan berkala. Dan, yang paling utama kamu harus mampu mempengaruhi audiens lewat kontenmu tanpa mereka sadar kamu sedang berjualan.

Setelah konten selesai dibuat, selanjutnya bisa didistribusikan melalui blog, situs, mesin pencarian, atau media sosial.

4. PPC & PPM

PPC Ads atau Pay Per Click menjadi slaah satu teknik beriklan via internet yang sangat populer dan disukai.

Kenapa? Sistemnya cukup mudah dan jelas. Yakni advertiser atau pengiklan membayar ketika ada yang mengklik iklan tersebut.

Iklan dapat dipasang dengan menggunakan keywords khusus dan akan muncul pada hasil pencarian sesuai keywords tersebut. Salah satu contoh PPC adalah Google AdWords.

Selain PPC, ada juga sistem PPM yaitu Pay Per Impresssion. Agak sedikit berbeda dengan PPC, PPM menggunakan sistem bayaran per kemunculan.

Mudahnya, advertiser diharuskan membayar iklan setiap 100 atau 1000 kemunculan. Sesuai ketentuan yang disepakati bersama..

5. SMS Marketing

SMS Marketing bisa dibilang kegiatan digital marketing yang paling kuno dibandingkan teknik lainnya. Meskipun demikian, masih ada saja pebisnis yang memanfaatkan metode ini dan cukup efektif.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengirim pesan singkat kepada pengguna seluler.

Pengiklanan bisa dilakukan dengan langsung menawarkan produk, diskon atau apapun info yang ingin disampaikan. Selain itu, SMS iklan juga bisa sebagai perantara untuk mengakses situs atau link tertentu.

6. Search Engine Marketing

Sadar tidak kalau strategi marketing ini sebenarnya sudah tak asing bagi kita? Ya, Google.

Pasti kita sering kan Googling dan mengetik sesuatu di Google sehingga akan muncul di mesin pencarian Google. Misalnya saja seperti ini nih:

“cara cepat kaya” / “cara dapat jodoh” / “cara dapat uang”

(Hebat amat yak Google, pantes aja suka dipanggil Mbah Google, wkwkwk)

Setelah kamu ketik, tentu akan muncul ribuan hasil pencarian dari Keyword yang kamu tulis tersebut. Nah, seperti itulah sistem kerja Search Engine Marketing.

Ketika kita mengetikkan sesuatu atau keyword di Google, maka akan muncul 2 bagian. Yaitu hasil pencarian berbentuk iklan dan hasil pencarian organik.

Nah, untuk hasil pencarian iklan ini akan merujuk pada PPC Ads yang sudah kita bahas sebelumnya. Sementara bagian lainnya adalah hasil pencarian organik yang akan mengacu pada sistem optimasi SEO.

Apa yang dimaksud SEO? Kita akan lanjutkan di bahasan berikutnya ya sob.

7. SEO Marketing

SEO, singkatan dari Search Engine Optimization / optimasi mesin pencarian. Ini adalah sistem optimasi website untuk meraih top rank /halaman 1 di mesin pencarian seperti Google.

Tujuan optimasi ini agar website yang kamu buat dapat mudah ditemukan oleh user yang mengakses keywords berdasar hasil pencarian organik.

Dengan kata lain, SEO digunakan untuk menaikan traffic serta page ranking di mesin pencarian.

Beriklan dengan optimasi SEO dianggap lebih menguntungkan dari PPC karena kamu tak perlu membayar biaya iklan seperti PPC atau PPM.

Umumnya, SEO ada 2 yaitu:

On-Page SEO

Optimasi on-page SEO ditekankan pada hal yang berhubungan dengan website dan dalam rangka memperoleh page rank yang tinggi.

Beberapa hal terkait on page SEO adalah judul, konten, internal link, dan keywords. Teknik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan on page SEO diantaranya:

  • Membuat URL singkat namun mudah diingat
  • Menggunakan LSI Keywords
  • Membuat konten yang panjang dan berkualitas
  • Mengoptimalkan Title Tag
  • Masukkan External dan Internal Link
  • Gunakan konten multimedia, minimal image
  • Dll

Off-Page SEO

Berbeda dengan on-page Seo,oOff-page SEO berkaitan dengan hal yang berbau link, yaitu link building, atau dikenal dengan nama back linking.

Optimasi SEO ini bertujuan untuk meningkatkan rank kamu dalam mesin pencarian supaya memperoleh peringkat yang tinggi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk opstimasi off-page Seo adalah melalui link building, social bookmarking dan social media marketing. Tips dan trik yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Inbound Links atau hyperlink ke website
  • Menggunakan anchor text
  • Gunakan link berkualitas
  • Manfaatkan sosial media untuk menaikkan traffic
  • Dll

Sejumlah alat pendukung untuk optimasi off-page Seo bisa kamu gunakan sob, misalnya saja Google AdWords, Ahrefs, Moz dan Majestic.

Nah, cukup banyak ya jenis jenis internet marketing. Tapi, kamu tak perlu memanfaatkan semuanya sob. Cukup gunakan yang kamu anggap lebih relevan untuk target pasarmu.

Dari ke-tujuh contoh digital marketing di atas, teknik terbaik yang sedang trend dan dianggap sukses di Indonesia yaitu:

  • Sosial Media Marketing
  • Content Marketing
  • Google AdWords

Apa Kelebihan Internet Marketing

Kenapa strategi marketing online sangat booming saat ini? Apakah cara ini memang lebih unggul dibanding metode marketing tradisional?

Tentu. Supaya lebih jelas, yuk simak sejumlah kelebihan internet marketing. Siapa tahu kamu akan tertarik setelah lihat keunggulannya.

Beberapa hal yang kamu dapat dari promosi melalui internet marketing adalah:

  • Mudah, praktis dan biayanya terjangkau
  • Lebih mudah melakukan evaluasi karena pengukurannya lebih tepat
  • Dapat menjangkau target pasar yang tepat
  • Menjangkau pasar yang lebih kompetitif
  • Sangat fleksibel karena lebih leluasa untuk mengubah taktik & strategi
  • Memiliki jangkaun pasar yang lebih luas.

Selain beberapa kelebihan di atas, alasan utama kamu wajib mencoba marketing online karena aksesnya yang sangat mudah.

Kamu bisa melakukan promosi dimanapun, kapanpun dan dengan media apapun. Bisa dengan berbagai macam mobile device yang support dengan internet.

Trik Jitu Memulai Bisnis dengan Internet Marketing

Bagaimana Cara Membuat Digital Marketing? Mencoba digital marketing bukanlah hal yang sulit.

Hanya saja, dibutuhkan pengetahuan untuk mengoptimalkan penggunaannya. Selain itu, perlu ada tim ahli, dana dan kemampuan untuk menguasainya.

Butuh waktu juga untuk maksimal belajar digital marketing. Nah, berikut beberapa trik jitu untuk memulai bisnis dengan promosi digital.

  • Banyak belajar dan tidak takut memulai

Langkah pertama adalah belajar dan memulai. Kamu bisa memulai mempelajari metode yang paling mudah seperti sosial media ataupun website.

Biasakan untuk mengenal istilah yang kerap muncul seperti traffic, funnel, engagement, dan lain lain.

Sembari memahami, kamu juga harus berani untuk curi start untuk action. Selalu ingat, learning without action is impossible.

  • Mencoba Membuat Website / Blog

Kenapa website? Media ini akan sangat membantu kamu yang sedang ingin bergelut dengan digital marketing.

Tak perlu khawatir, tidak semua website berbayar. Ada yang gratis seperti blogger.

  • Menciptakan konten yang unik dan bagus

Salah satu kunci marketing kamu sukses adalah menggunakan konten yang menarik dan unik.

Hal ini berlaku untuk media apapun, mau website mau sosial media. Bentuk konten juga bisa bervariasi, bisa dari artikel, foto, video, dll.

Konten yang baik tentu berefek positif dan dapat menarik perhatian audiens.

  • Maksimalkan penggunaan sosial media

Kamu tentu mempunyai sosial media, nah inilah saatnya kamu memanfaatkan akunmu untuk hal yang lebih besar lagi.

Kamu bisa mengguakan akun sosial media mu untuk promosi produk selain untuk ajang selfie diri, hehehe. Ada baiknya kamu membuat akun khusus untuk promosi, ini trik yang lebih pro.

Kamu juga bisa merekrut staf ahli sosial media marketing atau menggunakan media management pihak ketiga. Namun, kedua cara ini membutuhkan biaya.

Jika ingin gratis, kamu bisa mempelajari dan langsung praktik sendiri. Tidak sulit kok, kamu hanya perlu rajin posting konten promosi yang menarik.

  • Mengikuti workshop

Cara yang perlu kamu lakukan untuk serius menekuni bisnis dengan digital marketing adalah rajin rajin ikut workshop.

Ada banyak sekali workshop khusus mengenai digital marketing untuk bisnis. Jika tertarik, tentu kamu perlu menyiapkan budget khusus untuk itu.

Kesimpulan

Kita sebetulnya sudah tidak awam dengan digital marketing karena secara tidak sadar kita sedang menggunakannya. Ntah jadi pihak marketer, konsumen maupun perantara.

Namun, penggunaan internet marketing untuk bisnis memang membutuhkan pengetahuan dan skill.

Jika merasa belum expert, kamu bisa memulai marketing yang mudah via medsos seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll. Kamu juga bisa mempelajari steps untuk membangun marketing campaign sendiri.

Kamu bisa mempelajarinya di artikel kami “Cara Membuat Digital Campaign Marketing“.

Namun, jika ada budget yang cukup, kamu boleh saja membangun tim khusus internet marketing. Dengan begitu, kamu bisa mencapai target pasar sesuai keinginan.

Sekian artikel tentang materi digital marketing dari tim Panuwun, semoga bermanfaat.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar