10+ Pekerjaan Freelance Online yang Paling Banyak Dibutuhkan

Pekerjaan Freelance Online

Banyak cara mudah yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dengan sistem daring atau online. Jika kamu memiliki keterbatasan waktu maka pekerjaan freelance online sangat cocok untuk kamu coba.

Freelance bisa dilakukan dari rumah dan kamu bisa mengatur waktu dengan bebas. Maka dari itu freelance online ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Ibu rumah tangga bisa sambil mengasuh anak, mahasiswa bisa sambil kuliah, pegawai kantoran bisa sambil mencari uang tambahan.

Namun pekerjaan ini menuntut kedisiplinan dan kemandirian yang tinggi. Maka dari itu kamu harus merencanakan langkah yang tepat untuk memulai karir sebagai freelancer online.

Langkah Untuk Menjadi Freelancer

Poin yang kamu perhatikan untuk menjadi freelancer profesional adalah sebagai berikut:

Menentukan Tujuan Bekerja

Apa yang ingin kamu dapatkan dengan bekerja sebagai freelancer? Penghasilan utama atau tambahan?

Apakah pekerjaan freelance ingin kamu jadikan sebagai batu loncatan sebelum mencapai tujuan utamamu dalam hidup?

Apapun itu, kamu harus mengetahui tujuan utamamu bekerja sebagai freelancer. Dengan tujuan itu diharapkan mampu mencapai tujuan hidupmu secara sukses.

Mencari Tahu Kemampuan Diri Sendiri

Kemampuan apa yang kamu miliki? Banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan seperti menulis artikel, membuat web, mendesain web, pakar seo, fotografer dan lain-lain.

Membangun Brand

Branding ini bisa dimulai dengan membuat logo yang mudah diingat. Kamu bisa menggunakan nama panggilanmu sebagai nama bisnis dan tambahi dengan profesi yang mewakilinya.

Contoh nama brand yang bisa kamu gunakan adalah “Juno The Writer”, “The Amazing Designer”. Misalkan nama bisnis kamu adalah “Juno The Writer” maka kamu bisa membeli domain “junothewriter.com atau gunakan username media social @junothewriter.

Membuat Portofolio

Apapun pekerjaan freelance yang kamu geluti, membuat portofolio sangat dianjurkan. Portofolio sangat berguna bagi calon klien untuk mempertimbangkan bahwa kamu layak atau tidak untuk mengerjakan proyek yang ditawarkan.

Jangan masukkan semua hasil pekerjaanmu, cukup masukkan hasil yang terbaik saja. Nah untuk menyimpan portofolio kamu bisa menggunakan beberapa layanan online seperti Dropbox, Google Drive, One Drive yang memuat hasil pekerjaanmu. Kamu pun bisa menampilkan beberapa hasil pekerjaanmu pada websitemu.

Mengetahui Cara Kerja Freelancer

Kamu harus berpikiran bahwa freelance ini merupakan sebuah bisnis. Kamu harus bisa memasarkan dirimu kepada klien, mengerjakan pekerjaan yang didapat, mengatur keuangan sampai dengan memberikan layanan customer service.

Mengatur Tempat Kerja

Freelancer online bisa mengerjakan pekerjaan dimana saja. Walaupun demikian kamu tetap butuh lokasi kerja yang nyaman.

Dengan membuat ruang kerja di rumah akan membuat suasana kerja lebih kondusif. Karena kamu bisa menghindar dari aktivitas keluarga yang lain.

Tempat favorit freelancer profesional adalah tempat-tempat sepi yang alami. Seperti berkemah di tengah hutan. Itu untuk mencari inspirasi.

Menetapkan Harga

Awal meniti karir sebagai freelancer kamu harus mau mengikuti harga yang ditawarkan klien. Setelah itu kamu bisa menetapkan tarif jika kamu sudah menjadi freelancer profesional.

Jagalah kualitasmu pada setiap pekerjaan sehingga klien tetap percaya padamu.

Jenis-Jenis Pekerjaan Freelance Online

Kamu sudah tau bagaimana untuk memulai pekerjaan freelance. Lalu pekerjaan freelance online apa saja yang bisa kamu lakukan? Hampir semua pekerjaan bisa dilakukan secara online dengan media internet.

1. Web Designer

Setiap perusahaan atau instansi membutuhkan sarana promosi. Pada era digital ini peran website sangat penting.

Kebutuhan website yang tinggi membuat web designer menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Jika kamu menguasai minimal JavaScript, HTML, CSS, Corel Draw atau Photoshop, segera coba menjadi web designer.

Platform di bawah ini bisa kamu coba untuk memulai karir sebagai freelancer Web designer:

  • Envato Studio
  • projects.co.id
  • freelancer.com
  • sirbulancer.com

2. Photo Editor

Dunia design memang lebih memberikan banyak pekerjaan untuk freelance. Untuk bisa bekerja sebagai freelance photo editor, kamu harus bisa menggunakan editing tools seperti Photoshop, Visco dan lain-lain.

Platform untuk freelance photo editor seperti berikut ini:

  • Upwork
  • glassdoo.com

3. Design Grafis

Bagi kamu yang hobi menggambar dan ingin menyalurkan bakat, coba saja menjadi design grafis. Freelance desain grafis menghasilkan banyak uang karena pekerjaan ini membutuhkan keterampilan serta kreativitas yang tinggi.

Banyak penyedia kursus singkat untuk menjadi design grafis. Namun jika kamu ingin belajar secara otodidak, maka kamu bisa melihat berbagai video tutorial dan membaca buku panduan.

Coba saja buka situs freelance design grafis seperti untuk mendapatkan job:

  • Fiverr
  • Sribu
  • 99designs

4. Penulis

Website digunakan sebagai media dalam menyampaikan informasi oleh siapa saja pada era digital ini. Ketika dunia web dan blog meledak, maka penulis lepas pun bisa menghasilkan uang.

Kamu bisa bekerja sebagai freelance penulis di rumah. Kemampuan menulis yang baik, sistematis dan juga rapi sangat dibutuhkan oleh penulis freelance.

Portal pekerjaan penulis freelance bisa kamu temukan di bawah ini:

  • Sribulancer
  • TextBoxer
  • UpWork
  • Saungwriter

5. Tutor Online

Apakah kamu suka mengajar namun tidak punya tempat untuk mengajar? Nah, kamu bisa menjadi tutor atau guru online yang hanya bermodalkan internet saja.

Untuk menyampaikan materi, kamu bisa merekamnya dan kemudian bisa diakses melalui internet. Maka kamu dituntut untuk memahami materi dan memiliki public speaking yang bagus.

Platform kursus online yang sudah banyak digunakan adalah:

  • Teachable
  • Guides.co
  • Udemy
  • Ruangguru

6. Youtuber

Salah satu pekerjaan kaum milenial adalah Youtuber. Modal yang kamu butuhkan adalah smartphone saja. Kami pun bisa mengambil konten dimana kamu mau.

Buatlah konten yang unik dan menarik agar menarik banyak penonton. Contohnya saja ibu rumah tangga yang membuat video tutorial atau review masakan.

7. Blogger

Setiap orang yang memiliki smartphone pasti sering online dan mencari apa saja dari internet. Maka dari itu bagi kamu yang memiliki bakat menulis silahkan menjadi blogger.

Kamu bisa membuat konten yang kamu sukai ataupun konten yang sedang banyak dicari. Jika pembaca dari blogmu meningkat otomatis pendapatanmu juga meningkat.

Kamu bisa membangun blog dengan platform blog seperti berikut ini:

  • WordPress
  • Blogspot

8. Ahli SEO

Dunia penulisan tidak terbatas pada penulis ataupun blogger. Sekarang ini ahli SEO sedang banyak dicari oleh perusahaan.

Agar situs mereka mudah ditemukan oleh pengguna internet maka optimasi melalu SEO harus dilakukan. Gaji freelancer SEO pun tidak main-main bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk menjadi freelancer SEO kamu bisa melihat situs berikut ini:

  • Sribulancer
  • Freelancer

9. Social Media Officer

Konsumsi orang terhadap sosial media kini kian meningkat. Berbagai platform sosmed bisa digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa.

Jika kamu pandai dalam bidang marketing dan suka bermain medsos, maka pekerjaan ini cocok buat kamu.

Beriku adalah platform sosial media yang bisa kamu gunakan untuk media promosi:

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
  • Twitter

10. Data Entry

Pilihan freelance mudah yang bisa dikerjakan siapa saja adalah data entry. Pekerjaan inj adalah memasukkan data perusahaan ke dalam database yang telah mereka siapkan.

Freelance data entry bisa kamu temukan pada website berikut ini.

  • Sribulancer
  • Freelancer

Nah banyak sekali kan pekerjaan freelance online yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan bekerja secara online kamu bebas untuk mengatur waktu plus dapat uang banyak.

Ingat bekerja freelance memang fleksibel namun tidak boleh disepelekan ya. Kamu harus memiliki perencanaan yang matang untuk menjadikanmu freelancer yang sukses.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “10+ Pekerjaan Freelance Online yang Paling Banyak Dibutuhkan”

Tinggalkan komentar